Koneksi Star Grounding Power Amplifier

Postingan akhir tahun he..he.. Next posting kali ini adalah koneksi star grounding power amplifier. Mungkin sudah ditunggu-tunggu penggemar audio, bagaimana menghasilkan sebuah power amplifier dengan benar dan suara yang maksimal. Yang jelas suara yang bening bebas dengung. Bagaimana sudah siap untuk UPGRADE power amplifier kamu? Simak lebih lanjut ya.

Di kalangan dunia audio profesional, pengkabelan dan penyambungan power amplifier sangat diperhatikan, bahkan pemilihan komponen pun juga dipilih yang baik untuk menghasilkan suara yang benar-benar maksimal. Kali ini saya tidak membahas pemilihan komponen power amplifier, tapi lebih fokus kepada pengkabelan dan penyambungan di dalam power amplifier itu sendiri. Banyak diantara kita kadang menyepelekan hal yang satu ini, karena memang dilihat juga kadang gak masuk akal juga, pemasangan kabel asal sambung pun power amplifier bisa bunyi. Tapi pernahkah anda mendengar audio sound system orang yang berbunyi sangat lantang dan ketika music berhenti atau diam, suara langsung senyap, tidak terdengar dengung sedikit pun dari power amplifiernya. Fenomena ini menggelitik saya untuk mencari informasi, bagaimana itu bisa terjadi? Padahal selama ini saya merakit power, begitu-begitu saja. Kadang hasil bagus, kadang dengung. Dimana letak kesalahannya?

Ternyata dari semua cara yang saya lakukan untuk memaksimalkan power amplifier, ada satu yang luput dari perhatian saya, yaitu pengkabelan dan penyambungan yang benar didalam power amplifier itu sendiri. Nah konsep sederhananya adalah bagaimana kita bisa mengatur pengkabelan sebaik dan serapi mungkin dengan memperhatikan groundingnya. Yang dimaksud grounding disini adalah pengambilan koneksi grounding yang tepat, jadi gak asal ambil ground. Berangkat dari itu semua, akhirnya ketemu yang namanya Star Grounding power amplifier.

Apa itu star grounding power amplifier, adalah menempatkan koneksi semua ground pada satu titik. Dengan cara ini grounding akan maksimal, tidak akan muncul dengung. Dengung yang biasa muncul adalah karena pemasangan grounding yang salah disebabkan perbedaan ground pcb, body dan supply. Akhirnya radiasi elektromagnet trafo tertangkap oleh kabel ground yang salah ini. Jika kabel ground disambung di satu titik, maka radiasi elektromagnet minimal bisa ditekan dan hilang, sehingga suara dihasilkan bebas dengung. Prinsip ini sebenarnya juga diterapkan  pada pembuatan desain pcb dengan star grounding, akan menghasilkan suara yang benar-benar bersih dan maksimal. Untuk yang satu itu dibutuhkan ketelitian pengalaman dalam membuat layout gambar pcb. Tapi kita gak perlu sampai berpikir kesana, yang penting pengakabelan dan penyambungan di dalam power ampifier kita sudah menerapkan system star grounding ini, sudah cukup.

Berikut gambar koneksi star grounding power amplifier stereo 2 potensio.

Gambar koneksi star grounding power amplifier stereo 1 potensio.

Gambar koneksi star grounding power amplifier mono.

Nah untuk rangkaian power supplynya bisa anda lihat dibawah ini.

Koneksi power supply wiring trafo kotak.

Koneksi power supply wiring trafo donat.

UPDATE!!!
Ada yang bertanya lewat komentar. Bagaimana jika penyambungan power amplifier di gabung dengan Parametrik, Pre amp, Tone control atau yang lainnya dalam satu box? Apakah star grounding tetap diperlukan? Bagaimana pemasangannya? Nah berangkat dari pertanyaan ini, saya tambahkan satu gambar, bagaimana penyambungan kabel PA dan parametrik dalam satu box ampli, tapi tetap menggunakan star grounding. Berikut gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa koneksi kable tetap menggunakan star grounding. Dimana letak perbedaannya? Ya betul, pada jalur output parametrik menuju ke input power. Kabel ground tidak perlu dikonek, karena ground parametrik sudah dikonek dengan ground star grounding, jadi tidak perlu lagi dikonek ground lagi. Tujuannya menghindari looping ground atau grounding berulang yang dapat menimbulkan dengung atau hum pada power amplifier kita. 

UPDATE!
Banyak komentar masuk menanyakan bagiamana koneksi star grounding, jika ada penambahan tone control dengan trafo terpisah. Berikut akan saya berikan beberapa gambar koneksi star grounding yang sudah saya update dengan lebih jelas. 


Gambar diatas adalah gambar koneksi star grounding pada power amplifier stereo. Lengkap dengan pengkabelan dari trafo dan saklar power on/off nya. Gambar diatas adalah pengembangan dari gambar awal di postingan ini, yang tidak dilengkapi dengan koneksi trafo. Lebih simple dan mudah, tanpa tambahan komponen macam-macam pada psu nya.


Gambar diatas adalah pengembangan dan perbaikan dari gambar terakhir di postingan ini. Ada yang banyak bertanya hasilnya kurang bagus dan masih dengung. Maka gambar diatas adalah versi upgrade dari gambar sebelumnya. Perhatikan pada jalur input dan outputnya, yang sudah menggunakan kabel jenis scerem, untuk mengurangi dengung. Dan perbaikan pada koneksi input dan outputnya. Koneksi star grounding amplifier dan tone control dengan satu supply. Tegangan supply tone control mengambil tegangan dari tegangan supply utama power amplifier. Yang telah di step down dengan rangkaian ic regulator 7815/7915. Untuk menurunkan tegangan supply utama menjadi ct 15v untuk tone control.


Gambar diatas adalah jawaban dari rekan yang bertanya di kolom komentar. Menanyakan koneksi star grounding 2 trafo, yaitu trafo power dan tone control terpisah menggunakan 2 trafo. Gambar diatas adalah koneksi star grounding amplifier dan tone control dengan trafo terpisah atau star grounding menggunakan 2 trafo. Jadi jalur ground masing-masing psu tidak boleh dikoneksikan bersama di titik trafo. Jadi rangkai secara terpisah psu nya, melalui jalur tegangan supply masing-masing rangkaian. Titik penggabungan ground akan terjadi di jalur input dan output rangkaian, melalui kabel scerem. Bukan di bagian psu nya.


Gambar diatas juga jawaban dari rekan yang bertanya di kolom komentar. Bagiamana koneksi star grounding, jika tone control menggunakan tegangan supply dari tegangan extra trafo yang di belakang tersebut? Sebenarnya jalur koneksinya sama saja dengan gambar sebelumnya, yang menggunakan 2 trafo secara terpisah. Yaitu tetap penggabungan grond tidak boleh dilakukan di jalur rangkaian psu. Jadi rakit secara terpisah masing-masing psu secara terpisah. Dengan grounding pau sendiri-sendiri tone control dan power amplifier. Titik penggabungan grounding akan terjadi di jalur input dan output rangkaian. Jadi silahkan diteliti lagi jalur pengkabelan star grounding power amplifier diatas. Baik koneksi star grounding yang menggunakan 1 trafo atau 2 trafo. Jika pakai 2 trafo, maka jalur grounding masing-masing psu tidak boleh digabung di power  supplynya. Harus dirangkai sendiri masing-masing psunya.

Sudah jelas bukan, bagaimana penyambungan dan pengkabelan yang benar didalam power amplifier yang menerapkan system star grounding ini. Diatas pada bagian elco supply ada Resistor 0,5ohm/5w berfungsi untuk pengaman saja. Anda bisa memasangnya, atau tidak memasang R 0,5ohm/5w juga tidak masalah. Juga ada R 10K yang berfungsi untuk menghilangkan tegangan sisa, pada saat power amplifier tidak dipakai. Semoga dengan menerapkan star grounding pada power amplifier kita, suara yang dihasilkan bisa bersih dan bebas dengung, tentu saja tambah maksimal dan mantap. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Yg kuning di atas elco itu pcb atau plat almini mas bahar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang bagus pakai plat tembaga, supaya bisa disolder, kalau pakai almuniun tidak bisa disolder. Bisa pakai plat almuniun, tapi koneksi kabel dengan cara dibaut tidak disolder. Kalau tidak ada plat tembaga atau almunium, anda bisa pakai PCB polos yang dipotong, kemudian dilubangi untuk koneksi elco, untuk koneksi kabel bisa disolder langsung diatas lapisan tembaga PCB.

      Delete
  2. mas klau r nya 10 k dganti dgn yg lainnya bleh mas?

    itu kan star ground brpusat pda titik gabungan elco, klau brpusat pda pcb power mas bleh? trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa mas, tapi jika diganti lebih kecil, R lebih panas. Oya R10K pakai yang 2 watt ya. R10K ini yang rekomended.

      2. Ground paling baik berpusat disitu mas, bisa imbang. Kalau di pcb, juga gak masalah sebenarnya, tapi yang bagus ground di titik gabungn elco.

      Delete
  3. klau dganti dgn 20 k atau yg lbih tinggi dengan 1/2 watt apa aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diganti dengan nilai yang lebih besar, gak masalah, memang akan lebih dingin, tapi pengosongan tegangan pada elco akan lama. Usahakan pakai R yang 1-2watt.

      Delete
  4. Kalau pakai parametric dan aksesoris lain bagaimana mas Bahar,, parametric atau PA nya yg di star gound..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pertanyaan bagus he..he.. Makin menghangat topik ini. Dilihat dulu mas, pemasangan parametrik itu dijadikan satu dalam satu box dengan power atau terpisah? Kalau terpisah, pemasangan star grounding PA seperti diatas. Kalau parametrik dijadikan satu dengan PA, maka pemasangan grounding tetap seperti diatas, tapi untuk jalur output parametrik ke input power, groundnya jangan dikonek, jadi konek plusnya saja. Ground parametrik tetap ikut star grounding. Nanti saya update gambarnya mas, supaya lebih jelas.

      Delete
  5. Siap mas bahar,, di tunggu update dari pertamyaan saya diatas. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya update gambarnya, silahkan di cek ke tkp.

      Delete
  6. Sekarang saya sdh mengerti,, jadi kalau dalam satu box terdapat bbrapa aksesoris, misal ada parametrik, filter subwoofer, grounding di pusatkan hanya pada satu titik. Begitu ya mas..?

    ReplyDelete
  7. Setelah saya praktek merakit PA, yg mana dalam satu box ada 1 buah pwr stereo,1 buah pwr Mono, parametrik,pre amp mic,filter subwoofer, dengan menerapkan sistem star grounding,, Hasil rakitan sangat joss... Minim Noise, dan tidak ada hum... Thank you mas Bahar,, semoga ilmu yg sampean sampaikan d blog ini dpt bermanfaat bagi org banyak. Salam dari kalimantan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jempol 2 untuk anda he..he.. Terima kasih, sudah berbagi pengalaman juga disini mas, semoga pengalaman yang sudah anda coba dan praktekkan bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang lain.

      Delete
  8. mas mau tnya kluar dari topik saya pnya ampli 3 tingkat tr thosiba sc5200 dan istrinya dengan tc 3 pot mnggunakan transistor msalahnya kok gak ada bass yg kluar
    yg kluar malah mid sma high saja
    monggo solusinya

    ReplyDelete
  9. Mas cr pasang mixer 9pot ke power urutannya gman mas? M'af pemula mas.oh y slm jg mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mixernya rencana pakai box sendiri atau dijadikan satu dengan power. Kalau dijadikan satu dengan power, maka buatkan supply sendiri untuk mixer, karena mixer menggunakan tegangan 15v-ct-15v. Untuk cara merakitnya anda bisa baca disini, cuma bedanya nanti, output langsung konek ke power.
      http://bahar-electronic.blogspot.com/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
  10. mas tegangan mixer ada 2 gmna? satunya buat suplay apa?

    ReplyDelete
  11. Rncana d jadikan 1 sm power mas,kalo pake mixer tone control x ap gk ush d pake mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Digabung juga gak masalah mas. Tambah enak suaranya. Tapi kalau suaranya jadi over, ya dilepas saja tone controlnya.

      Delete
  12. Kalo liat sekemanya tmbh bingung sy mas,krn amplifer sy cm power sm tone control doang gk ad tmbhn kit lain mas, mohon bimbinganya lgsg y mas,(MIXER)out.R dan out.L itu k input ton control y mas? Trus mon.R sm mon.L itu kmn mas? Ada lg efec(send) mas.ma'f msh awam, mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Susah ya mas. Langkah pertama sudah betul mas. Mon R L gak usah dipasang. Untuk effect gunakan jika ingin menambah echo, kalau tidak, gak usah dipasang. Send masuk input echo, kemudian out echo gabung dengan out mixer menggunakan Resistor pembagi, kemudian masuk input master, kemudian masuk power. Jika pakai echo, maka wajib pakai master, jika tidak pakai echo, maka bisa baypass langsung dari out tone control langsung ke power.

      Delete
  13. Mas klo out mixer masuk k input tone control trus input untuk dvd/mp3 ambil dari mn mas? M'af bnyk tanya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena sudah menggunakan mixer, maka input dvd/mp3 masuk ke input mixer. Jika ingin menambah mic, maka tambahkan 1 chanel mixer lagi untuk jalur mic. Atau jika tetap menggunakan 1 mixer, maka input mixer tersebut bisa untuk input dvd/mp3 dan mic, tapi harus bergantian, tidak bisa dikonek bersama.

      Delete
  14. Ikut nanya mas,saya baru mmbuat ampli ocl 300 w,stelah sy coba ,ada suara kresek* yg kadang hilang muncul gt,stelah sy cek power bagus,ternyata mslh di tonecontrol(tp kayaknya bukan kresek Krn potensio)kresek* muncul saat volume master dibuka,kl vol 0 suara senyap,mohon pencerahannya mas Bahar,suwun sebelmnya

    ReplyDelete
  15. Melanjutkan pertanyaan sy mas,kalau potensio treble nol/maksimal itu justru kresek* nya ilang,tp kl potensio diputar setengah kresek*nya parah,pot sudah tk ganti tetep masih GT,mohon pencerahan mas Bahar,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada elco input atau output yang kering di master. Coba ganti beberapa elco yang ada di kit master.

      Delete
  16. brkat bimbingan mas bhar amplifer sy sdh jadi suara gleeer.maksih bxk y mas. Semoga mas bahar sukses selalu. Ngerayu rayu ujung2nya,mw nanya lg hee.hee
    ..gk ppa y mas,skrg q garap tv goldstar 20.klo prtm di on layar redup,selang bbrp mnit lyar mulai terang, tp gk senormal biasax.kurang kontras,gk fokus,kemerahan,mski screen fokus dh d atur, kira2 flaybeknya apa yg rusak y mas? Mhon pncerahnnya..

    ReplyDelete
  17. mas mau tnya saya rakit ocl 150 modif sub kok suaranya kecil dan saya pgang d438 nya panas lainnya normal trmasuk tr finalnya

    klau dgnti yg dganti cma d438 nya atau tr jejer 3 itu mas?
    klau d438 saya gnti d313 bsa gak mas?
    trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti tr d438 dan kedua tr drivernya, dan 3 diode jejer. D438 bisa diganti dengan D313, tapi posisi kaki berbeda.

      Delete
  18. Mas bahar, kalo pengen nmbah modul mp3 usb,ke amplifer sy gmn urutan output dan input x? amplifer sy kn ada tone control,mixer, dan kit mic reverb.maksih sblumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama saja mas kayak konek dvd player. Cuma modul mp3 player butuh supply tegangan 5V, anda harus membuatkan dulu tegangan ini, bisa menggunakan tegangan extra trafo yang diberi penstabil tegangan ic 7805. Untuk jalur out mp3 player langsung konek ke input mixer. Tapi ingat jika input sudah dikonek dengan mp3 player, maka tidak bisa digunakan untuk input lain. Kecuali anda menggunakan satu kit mixer lagi khusus jalur input mp3 player.

      Delete
  19. mas tanya ampli saya kalau tanpa input gak ada dengung pdahal vol pool dan input saya pegang ada suaranya , itu berarti normal
    klau dipasang inputnya dvd pada saat vol 0 gak dngung (masih normal) stelah ada lagu saya putar pot nya kok kluar dengung ya seiring dengan kerasnya lagu,
    trus saya pegang tr driver kok ada suaranya druuuuttt gtu? itu apanya mas trma ksih saya pakai travo 5 a palsu dan driver mono 400 watt model lama, tc 3 pot 2 tr dan pakai filter sub wofer 2 pot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kabel RCA nya mas. Atau coba pakai input lain selain dvd, apakah problem sama? Bagaimana dengan input mic, apakah problem sama?

      Delete
  20. sdah ktmu mas trima ksih ground input blm tak solder
    mas klau utk mngurangi dengung gmna box dari kayu sdah saya trapkan start ground tetap msih dngung walau sdikit tapi ya agak mngganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lapisi kayu dengan aluminium foil yang terhubung Dengan ground. Tapi hati-hati konslet.

      Delete
  21. Mas,kalo volume mic di naikkan timbul suara treeeeeet seiring besarnya volume,tu gmn cr ngusirnya mas,body pot udah tk ground semua, tp klo body pot d pegang bs senyap, mohon masukan nya mas bahar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel mic dan spul apakah sudah pakai yang bagus mas? Jika kabel mic jelek, bisa menyebabkan problem kayak gitu, begitu juga penggunaan spul mic yang kurang bagus juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

      Delete
  22. Udh tk cb gk pake microfone ttp ja,apa kit x yg sensitif y mas? Mgkin mas bhr px trik untuk redam nois,mngkin d bgian input atau output x..mksh sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada, paling untuk meredam nois dan dengung adalah dengan menggunakan box dari plat besi atau aluminium. Usahakan pemasangan pcb tidak Terlalu dekat dengan trafo dan kabel ac.

      Delete
  23. Replies
    1. Coba pemasangan kitnya tidak terlalu dekat dengan trafo.

      Delete
  24. Kayak nya itu ada ground yg saling beradu, punyaku rakit jg pakai pre am mic,, suara bersih,, cb pahami betul betul koneksi star grounding nya, sdh di ulas dengan jelas sama mas Bahar. Maaf kalau kurang berkenan...

    ReplyDelete
  25. mau nax dkt mas. aq pux ampli rakitan trs aq sambung ama tone kontrol yg jg rakitan hasilx msh ckp bgs tampa dengung atau noise tp pd wkt aq sambung dgn equaliser built up br muncul suara dengung, kira2 dmn masalahx ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan koneksi kabel input dan output pakai yang bagus mas. Jika masih problem. Coba test dengan memasang equalizer salah satu chanel saja, yang R atau L. Apakah masih dengung? Coba gantian konek yang R atau L, chanel mana yang dengung?

      Delete
  26. Ok mas. kit reverb sm repeat itu ap sm fungsinya? Kalo reverb kan efeknya kyk suara dlm ruangan.nh kalo repeat gmn mas? Yg repeate lom prnh coba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mas. Kalau reverb benar suara kayak dalam ruangan. Kalau repeat suaranya mantul kayak echo biasa pada umumnya.

      Delete
  27. Mas selain kit kedua tersebut masih ada gk efek lain yg lebih bagus mas? Klo ada ap nm kit x mas, sprt umumnya pd sound lpangan efek suaranya biasanya gk lgsng habis itu lo mas, tp bkn pantulan, jg bukan rverb kayaknya, efek ap tu mas bahar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, effect yang biasa dipakai rental sound system itu yang built up mas. Namanya sama juga Reverb, tapi setting varian effectnya banyak, dan juga sudah full digital. Diantara merek yang saya tahu adalah Reverb Boss, Alesis Microverb 4, Phoniex reverb, yamaha, dll. Standart rental sound system lapangan pakai Alesis Microverb 4 sudah sangat bagus mas. Yang jelas beda suara dengan reverb yang ada di pasaran. Yang penting lagi sesuaikan juga dengan kemampuan kantong kita he..he.. Reverb dipasaran seharga sekitar 150rb, sedangkan reverb Alesis Microverb 4 harga sekitar 2jt an.

      Delete
  28. mas bahar mawu tanya klo misal pakek 2 trafo ct, misalnya trafo PA sendiri trus trafo tune kontrol sendiri, sama2 tegangan simitris, apakah salah satu ct trafo gak usa dipakek trus gronding ctny digabung pada satu titik trafo yang satunya, mohon pencerahanya mas bahar saya masih pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Kalau pakai 2 trafo. CT tetap dipakai. Tinggal lihat gambar diatas mas, pada jalur tone control, maka tinggal kita lepas kabel tegangan supplynya, kemudian kita ganti dengan trafo sendiri, Ct tetap dipakai dan digabung dengan CT trafo besar.

      Delete
    2. Nyuwun sewu mas...nambahin pertanyaan. Kalau CT trafo 1 dan trafo 2 digabung dlm artian disambung dengan kabel kedua CTnya, emang gak masalah? Penyakit yg saya alami, speaker aktif PS 5A 22 v ct buat PAnya, Tone Control yg ada subwoofernya dan Preamp mic + echo. Waktu blm ditambahin apa2, noise dan hum ga ada sama sekali. Kemarin sy tambahin giga bass plus regulator dengan trafo sendiri 3A 12v ct. Urutannya Modul mp3 -> Gigabass -> tone control -> PA tapi timbul hum. Malah kalau dicolokin mic ( preamp mic kalau gak salah paralel sama modul m3 ) humnya malah tambah kenceng. Kalau dipegang bodi colokan micnya, humnya berkurang...kira2 apanya ya mas bahar? Matur suwun

      Delete
    3. Itu karena grounding kit giga bass kurang. Bisa juga supply tegangannya kurang bersih.

      Kenapa kok gak dijadikan satu saja supplynya dengan tone control bawaan power?

      Jika pakai trafo sendiri, usahakan tegangan simetrisnya bersih. Yaitu dengan elco supply yang cukup dan penambahan ic regulator 7815/7915 agar lebih halus dan stabil. Untuk penempatan kit giga bass, usahakan tidak di baut di box kayu, tapi kasih dulu sekat tebal atau dengan cara digantung. Penyebab dengung seperti itu karena kit giga bass ngeground. Tapi jika kit giga bass dilepas, pasti hilang dengungnya.

      Delete
    4. Alhamdulillah, sedikit ketemu masalahnya mas. Tinggal problem solveingnya saja. Giga Bass dah digantung dan sdh Hum less. Yang masih ada, kalau mau karaokean, pas dicolokin mic jd ngeground tp kalau micnya dilepas hum ilang. Apalagi kalau potensio digedein...ngegroundnya tambah kenceng.Skr masalahnya di Preamp mic tp gak tahu cara benerinnya. Kepripun niki kang masssss he he he eh

      Delete
    5. Gunakan kabel scerem pada input preamp mic. Pasang ground pada bodi potensio preamp mic dengan cara pasang kabel dan solder atau konek ke potensio preamp mic dan konek ke ground atau ground pcb preamp mic.

      Delete
    6. Semua body potensio dah dikonekkan sama ground pcb baik tone control dan preamp mic.potensio nempel pada pcb semua dan gak pake kabel scerem mas. Kalau pake satu trafo, yg masih bingung cara dptin 12v ct dan 12 vdc dari trafo krn cuma ada keluaran 22 ct 22 dan 10vdc saja. Tolong koreksi jika salah, 78xx yg sy tahu bisa menghandle max. 15v....tolong koreksi mas. Terus dipcb PAnya ada power suply yg keluar dua kabel hitam dan merah. Sumber diambil dr 10vdc...kalau mau dijadiin 12vdc apa tinggal bikin ps sendiri plus outnya ditambahain 7812? matur nuwun

      Delete
    7. 1. Untuk ic regulator seri 78xx bisa menghandel berbagai tegangan, tergantung kodenya. Misal 7812 untuk out +12v.
      7805 untuk out +5v
      7806 untuk out +6v
      7808 untuk out +8v
      7809 untuk out +9v
      7815 untuk out +15v

      Nah tinggal pilih yang dibutuhkan. Fungsi ic regulator ini adalah untuk menurunkan tegangan, bukan menaikkan tegangan. Jadi tegangan supply harus diatas tegangan ic regulator. Misal ic 7812 maka dibutuhkan supply minimal 15v agar didapat tegangan 12v stabil.

      2. Dari pada bingung dan ruwet pakai 1 trafo. Mending pakai trafo sendiri mas.

      Delete
    8. Sekarang memang pakai dua trafo mas bahar. Trafo utama 5A dipakai PA, Preamp Mic dan Tone control. Preamp mic make keluaran trafo utama yg o-10v cuma dikasih resistror 1k2 buat konsumsi efek 1IC dan Preamp mic. Tone Control juga ambil dari trafo utama yg 0-10vdc dan sama pake R 1k2 utk konsumsi subwoofer bawaan TC dan tone control itu sendiri. Rencana mau dipasangin GIGA BASS, Equalizer dan Reverb 5 IC. Ya masalahnya itu, saat dirangkai semua pake 2 trafo dgn trafo tambahan 3A CT utk Giga Bass, Eq dan Reverb 5Ic dengung gede banget, malah kalau volume digedein ikut gede. Maaf ngrepotin yah mas....

      Delete
    9. Masalahnya supply tegangan campur aduk. Jadi ruwet dan membingungkan. Jika ada 2 trafo, mestinya anda pisah power sendiri dan bagian prosesing suara sendiri, jangan campur, ada yang ikut PA, ada yang trafo sendiri.

      Sekarang coba trafo yang 5A khusus hanya untuk PA, jangan untuk yang lain. Kemudian trafo yang 3A khusus untuk beban semua kit preamp, dll.

      Delete
  29. Misi mas,,mau nanyak nih,,q punya power rakitan box dari kayu,travo 5A 32v sanken 5DY driver standar 400w mono,dan masalahnya ketika power d on meskipun potensi posisi 0 speker bunyi ngerrr pelan bgt tp ketika pot d besarkan suara ngernya ikut sdikit besar,trs ketika input d isi suara lagu trs nada bass d besarkan spk tweeternya ikut krek2,ketika volum saya naikan lgi smakin besar pula krek2 pd tweeternya,sampai speker bassnya ikut ngluarin suara grek2 kyak speker jebol gitu mas,padal itu speker+tweeternya baru,,kira2 apa masalahnya ya mas,,mohon bantuanya mas,,mksih sblumya mas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Coba nyalakan power tanpa tone control, apakah problem masih sama?

      Delete
  30. salam kenal mas bahar , mas saya mau tanya apakah bisa transistor driver di ganti mosfet , kalau bisa seri mosfet nya apa mas ???maaf mas agak nyelentang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Gak bisa mas, karena beda fungsi dan karakteristiknya.

      Delete
  31. jadi kdua ct travo sama2 dipake ya mas, trus yng digabung ct dari travo apa dari ct elco? oh iya mas itu gambar yng diatas yang paling bawah jalur grond otput tune kontrol yang ada tanda silangnya gak terkonik ke input PA? mohon pencerahanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari ct elco. Tidak dikonek untuk menghindari looping ground, kan sudah dikonek pada ground supply, jadi gak perlu dikonek ground lagi.

      Delete
  32. Mas tanya kenapa ya mas power saya klau aku gabung parametik kok ngeground tpi klo cma power aja gak ngegrond mas apa yg salah mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda grounding semua bodi potensio parametriknya. Konek semua bodi potensio parametrik dengan kabel, kemudian konek ke ground/ct elco.

      Delete
    2. Kalu bok trbuat dri plat / bok toko kan otomatis body potensio dah konek ke grondkan mas. Apa harus tmbah kbel lgi d'body potensio

      Delete
    3. Ya masih perlu, karena boc plat toko biasanya dicat, kadang ground kurang konek. Jadi lebih baik diground lagi pakai kabel. Kadang juga platnya sendiri juga belum dikonek ke ground, karena lapisan cat tadi.

      Delete
    4. Oh ok mas aku coba..tpi psu.a bawaan pabrik nempel d'pcm parametrik.e mas konek grondnya ambil di ct trafo.apa dtngah" elco psu..psu mengunakan ic 7812 sma7912

      Delete
    5. Mas bahar cara ngilagin dengung di power gimana mas..klau colokany yg dri pln d'bolakbalik dengung ilang. bisa d'ilangin gak apa emg gitu mas..trimakasih

      Delete
    6. Itu menurut saya karena trafonya, saya juga pernah ngalami kayak gitu. Pernah saya coba ganti trafo dengan yang bagus, dengung hilang, walaupun colokan dibolak-balik. Tapi jangan dulu diganti trafonya. Coba Ground diperbaiki menggunakan star grounding diatas. Nah satu lagi kemungkinan yang membuat saya juga kadang tidak percaya, yaitu karena beda tegangan PLNnya. Saya juga pernah buat power, saya coba dirumah bagus, colokan dibolak-balik gak masalah. Tapi setelah saya coba ke rumah orang yang punya, jadi dengung, aneh kan he..he..

      Delete
    7. Ground sudah aku prbaiki mas meniru skema star ground yg mas bahar buat tpi masih dengung gak bisa bersih

      Delete
    8. Ya berarti trafonya mas. Coba kalau ada ganti dengan trafo lain.

      Delete
    9. Oh ya itu box amplinya pakai apa? Kayu apa box besi? Kalau pakai kayu biasanya suka dengung, karena ground kurang.

      Delete
    10. Satu lagi, ganti semua kabel input dan output pakai kabel scerem.

      Delete
    11. Harusnya sudah bagus pakai box besi. Koneksi trafonya pakai berapa volt sekarang mas? Terus koneksi primer trafonya pakai berapa volt, 0-220v atau 0-240v?

      Delete
    12. Kabel input pakai kbel isi 3 yg merah putih ground.
      Untul untuk kabel rca beli jadi d'toko

      Delete
    13. Ground sudah, kabel scerem sudah, apalagi ya he..he.. Bingung juga saya mas. Oh ya satu lagi, test power sendirian, tanpa control, dengung gak?

      Delete
    14. Gak dengung mas klau. Power aja tanpa control cma dengung dikit klau volume putar setengah tpi klau mentok dengung ilang..mas klau pasang kipas biar suara kipas gak masuk ke spiker enakya ambil. Tegangan extra apa yg 12ct12 aku ambil. Yg 12ct12. Suara kipas masuk ke speaker apa tambah trafo 1 lgi buat kipas..oh iya mas tdi trafo power saya aku taspen nyala lampu taspenya tpi klau d'sentuh tangan gak nyetrum..itu apanya ya mas..apa trafonya mintaganti

      Delete
    15. 1. Minta ganti semuanya ha..ha.. Bercanda mas. Sip, sudah ada titik terang itu. Coba bodi potensio di groundkan, kemudian test lagi.

      2. Untuk kipas pakai tegangan extra trafo, biar gak ngimbas ke power.

      3. Trafo ditespen nyala, itu normal mas, jika dipegang gak nyetrum.

      Delete
    16. Bodi potensio dah aku groundkan mas tpi nyabungya cma pkai timah kan potensio ada 3kaki aku ambil yg kakiground trus ku solder ke bodi mas cma gtu. Apa ground kurang..

      Ok mas nati aku ganti ke teggangan extra

      Klau d'bidi di'pgang nyetrum dikit normal gak mas..

      Delete
    17. 1. Sudah betul mas.
      2. Nah ini, bodi agak nyetrum dikit. Harusnya gak nyetrum mas. Coba cek lagi, mungkin ada kabel jalur ac yang agak nempel ke body, jalur saklar power, mungkin ada kabel nempel ke body. Jika semuanya ok, berarti trafo patut dicurigai. Coba angkat trafo, kemudian pasang diluar box, tidak nempel ke bodi. Sentuh lagi bodi trafo, nyetrum dikit gak? Kemudian sentuh bodi box ampli, nyetrum dikit gak? Jika bodi trafo setelah diangkat di luar box, tetap nyetrum dikit, bearti trafo bermasalah, lilitan primer bocor ke bodi.

      Delete
    18. Kbel ac smua aman mas dah aku cek tpi skarang gak nyetrum dikit kok mas dah smbuh sndiri..yg saya bingung kok d'tespen nyala ya mas tpi klau tangan saya yg satunya nyentuh bok lampu taspen mati tpi klau tangan aku lepas nyala itu gimana aman gak mas

      Delete
    19. Aman mas, asalkan tidak nyetrum. Normalnya memang seperti itu mas. Tapi gak nyetrum loh ya, kalau nyetrum, itu yang masalah.

      Delete
    20. Oh ok mas..
      Tpi klau jek yg dri pln aku balik aku taspen gak nyala.e mas

      Delete
    21. Ok mas trimaksih. Bimbingan nya smoga rejekinya lancar ...amiin
      Besok klau ada apa" boleh tanya' lgi to mas..hehe

      Delete
    22. Boleh mas he..he.. Amiinn. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
    23. Mas tanya r kapur standar 5w/0,47rj. Klau d'ganti 5w/0,33ohm pengaruhnya apa..
      Trus Rj sama ohm itu apa sih mas. Apa artiya sama Rj itu =ohm

      Delete
    24. Sama saja mas. Betul Rj=ohm.

      Delete
    25. Klau r kapur nilainya d'turunin pengaruhnya apa mas

      Delete
    26. Mungkin suara lebih plong, karena resistansi lebih kecil, tapi tr final lebih panas.

      Delete
    27. Cara menghilangkan bunyi desis d'power gimana mas..

      Delete
    28. Itu normal mas, karena mungkin gain powernya besar, jadi sedikit keluar desis.

      Delete
    29. Oh itu normal to mas tapi kalu volume d'naikan bunyi desisnya tambah keras

      Delete
    30. Bisa juga dari tone controlnya. Yah kalau gak ada music, pasti terdengar desis, tapi kalau sudah ada musicnya kan sudah tidak terdengar lagi desisnya.

      Delete
  33. Mas Bahar, mau sharing nih saya baca, baca star ground itu, ground input (rca) harus diisolasi dari main ground (casis) jadi kalau casis pake logam, jek input harus diisolasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sih, gak apa-apa terkonek dengan box logamnya, asalkan Ground sudah benar, maka konek ke box logam gak masalah.

      Delete
  34. Salam kenal mas,

    Saya mau bertanya mas mengenai cara merakit Power Ampli. Driver apa yg bagus mas untuk rental soundsystem/dandutan?
    Kalau kit bell dan blazer itu untuk apa mas, apakh untuk low atau midlow?
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung selera mas. Selama ini saya hanya pakai satu jenis driver saja. Belum coba untuk kit driver lainnya, jadi belum tahu karakternya. Saya pakai driver 2 tingkat. Tapi kembali lagi, tergantung selera.

      Delete
    2. Mas numpang nanya sy bikin ampli baru beberapa detik tr pinal panas banget kira kira apanya ya mas di kit power ada trimpotnya

      Delete
    3. Mungkin tegangan supply terlalu besar, coba diturunkan.

      Delete
  35. Mas Bahar, lagi nyari referensi ni ada yg pake tambahan dioda sma kapasitor mkp buat groundnya gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada yang menggunakan kapasitor mkp, memang bagus untuk grounding. Tapi untuk aplikasinya saya belum tahu. Karena tanpa menggunakan kapasitor tersebut, hasilnya sudah bagus. Jika anda ingin memasangnya, juga gak masalah. Ada banyak referensi yang menjelaskan hal tersebut, tapi blog bahasa inggris he..he..

      Delete
  36. Ikut nanya nih mas. Saya punya board equalizer dan tone control copotan sansui au555. Apakah bisa dikombinasikan dngn power ocl? Kalau bisa,bagaimana pemasangannya. Ditunggu jawabannya mas. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Koneksinya adalah input-tone control-equalizer-power. Pemasangan Sebenanya mudah, asalkan anda tahu posisi input dan outputnya pada pcb. Jika tidak ada tanda input dan output pada pcb, ini yang susah. Kalau yang sudah paham, mungkin tahu letaknya. Nah itu tone control dan eqalizernya sudah ada tanda input dan outputnya belum? Ditambah supply tegangannya? Jika semuanya ada, maka akan mudah untuk mengkoneksinya.

      Delete
  37. Nyimak soalx br mau blajar perbaiki spiker...

    ReplyDelete
  38. Mas bahar. Mau tanya dong. Klw spekir mati seblah apax yg rusak yah...?? Soalx pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek speakernya pakai avometer. Pakai skala x10, jika jarum bergerak dan ada suara kresek-kresek, berarti speaker ok. Biasanya juga bisa dari kabel putus

      Delete
  39. Ijin save gambar skemanya gan trimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo silahkan mas. Jika ingin di share ulang, saya mohon untuk mencantumkan link sumbernya ya mas. Terima kasih.

      Delete
    2. Mas punten numpang nanya sy punya power ampli yg ada trimpotnya gmana cara setingnya msalahya tr pinalnya panas banget trims mas sebelumnya.

      Delete
    3. Coba setting trimpot itu pada posisi minimum, yaitu dengan cara diputar ke kiri pakai obeng, sampai mentok. Tegangan supply trafo gunakan maks 32vct.

      Delete
    4. Trimpotnya ada 2 mas yg d putar yg mana,maklum mas msih belajar kesuwun mas bantuanya semoga d tambah rezeki nya aminnn.

      Delete
    5. Amiinn. Itu power apa sih mas? Coba di set vr yang di depan.

      Delete
  40. Salam Mas Bahar ...
    Saya Butuh Bimbingan ni Mas .
    Begini, saya pny PA 450watt mono x 2, Dengan Catu Daya Trafo 10A/47V, Dioda 35A/400 , Kondensator 10000uf/80Vx6, TR sanken SC2922-SA1216 2Set/chanel .
    4 speaker 12 Inch 300watt dan 2 speaker 15 Inch 400watt .
    Pertanyaan Saya,.. Apakah Suplay daya Powernya untuk semua speaker itu sudah benar alias Cocok, atau ada yg perlu di ubah lg gak Mas ??
    Tolong pencerhannya y Mas,.. Please...

    ReplyDelete
  41. Oke dech' klo bgitu, thanks yg bnyk y Mas, utk jwbnnya :)

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum, Mas Bahar maaf tanya kabel grounding sebaiknya kecil atau besar ya mas? apa ini berlaku untuk tone control juga? sokalnya power amplifierku dirumah tidak ada kabel grounding ke chasing tapi tidak ada dengung. apa itu salah ya mas trimakasih. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Besar pak
      2. Berlaku.
      3. Kalau rangkaiannya sudah bersih tidak dengung, tanpa ground ke chasing, ya gak perlu dipasang pak he..he.. Takutnya nanti setelah dipasang tambah dengung he..he.. Perlu dipasang, jika kondisi awal sudah dengung, maka perlu dicoba grounding tersebut.

      Delete
  43. nggih Mas Bahar Matur suwun share ilmunya, sukses selalau mas Bahar. Aamin.

    ReplyDelete
  44. Assalamualaikum, Mas Bahar ngapunten tanya lagi, bagaimana cara menambah potensio nada middle pada TC, matursuwun Mas ngapunten. Wassallamuallaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Bisa mas, untuk koneksi bisa meniru tc yang ada pot midlenya. Cara ini pernah saya coba dan berhasil.

      Delete
  45. Om mf numpang info klo rakit 5 ampere vol 45 ct tr final pakek berpa set terus elco pakek berpa biji drivernya pakek apa supaya bass nendang, apakah mampu menyuplay speker 12"x2 15"x2 mohon pencerhannya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal 2 set, elco 2x 10000uf/80v, driver terserah, safari, apex, dll, masih mampu mas.

      Delete
  46. Mas bahar, kalau power blazer tidak ada dengungungnya, walaupun pengkabelannya semerawut/asal asalan, yg pokok soldernya mantap. Mengapa ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti solderan anda mantap joooss, he..he.. Memang gak harus kok mas. Pengkabelan semrawut, tapi kalau masangnya benar, juga bisa bagus dan gak dengung he..he..

      Delete
  47. Mas tolong pencerahannya...
    Kmrin rakit poweer 400 mono,saya udah nerapin skema diats tp knp msh ada dengung mas, jika master volume ikt digedein dengungnya jg ikt keraas mas, tlong dibantu ya mas bahar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pakai kabel scerem belum mas? Box powernya pakai apa, kayu atau plat besi? Usahakan rangkaian tidak terlalu dekat dengan trafo.

      Delete
  48. Sudah pakai scerem mas,hny PSUny pkai kbl besar,box power jg pakai plat besi,mungkin ada solusi laen mas untuk komponen yg prlu dganti pd rangkaian power oto tc nya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ganti komponen sih gak mas. Coba grounding semua potensionya.

      Delete
    2. mas star-grounding 2 trafo gimana mass??? misal trafo tune contol dan power dipisah.

      Delete
  49. Om.. speker aktif saya berdengung dan bunyi kresek", padahal volume bass trebel dlm posisi off dan blm ada input suara. tp wktu spekernya di tekan keras k'dlm baru hilang dengungnya, suara kresek" ttp ada. Volum bass trebel di puter" tdk ada bunyi kresek". masalahnya apa ya om.. mohon bantuannya.. terimakasih.

    ReplyDelete
  50. Kang mau tanya ,q ngkutin cara tbh daya datas kok elco tetep pns pdahl paki elko 10rbu/100v travo 5a murni,32 v
    Apa dioda kurang bsr amperny 10-35a mhon pncrahanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tegangan di kedua elco itu berapa volt?

      Delete
  51. mat malem p bahar, mau nanyak sy ngrakit power mixer 2chenel + TC + mp3 plyer dlm 1 box.carax nambahi volume mic, volume musik sendiri2 tdk benturan pakai rangkaian apa? krn sy pakek 2 master mixer stereo input ke power benturan. mohon solusix pak makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal tambah 1 channel mixer lagi mas, untuk mic. Jalur out mixer bisa digabung langsung dengan mixer musik.

      Kalau pakai preamp mic bisa, tapi agak ribet ngaturnya.

      Delete
  52. maaf pk, sy kan liat power mixer jadi/pabrikan. line mixer 2ch, line echo, line tone control stereo. Kotrol vol mic sendiri kontrol vol musik sendiri sendiri ini pk sy pingn nambahi d rangkaian mixer sy yg dpt ilmu dr bpk, carax bgmn? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya adalah membagi input mixer menjadi 2, yaitu input mic dan music, dengan pengaturan sendiri-sendiri. Agak susah kalau dijelaskan disini. Akan saya jelaskan secara gambaran saja. Untuk membagi input mixer, maka dibutuhkan 2 potensio pengaturan yaitu vol mic dan vol music.

      Kedua input ini harus ditambahkan preamp atau penguat sebelum digabung jadi satu masuk input mixer.

      Anda bisa gunakan penguat master mixer pakai ic 4558 sebanyak 2 buah. Rangkaian ini sudah ada potensionya. Kemudian out dari kedua master penguat ini dikasih R 100K, kemudian digabung jadi satu, baru masuk input mixer. Semoga tidak bingung dengan penjelasan saya diatas.

      Delete
  53. Trimakasih pak perhatian dan ilmunya,akan sy coba dulu.

    ReplyDelete
  54. Maaf pak nanyak lagi,bnar sy bingung maklum masih pemula, berarti in mic & in musik masuk master miixer trus outx musuk in mixer gitu ya pk. Untuk tone controlx bgmn? Trimakasih ilmunya smoga kang Bahar sehat & bertambah ilmunya...amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Jadi pakai 2 master mixer, satu untuk mic dan satu untuk music. Kemudian kedua output master tadi kasih R 100K, kemudian digabung lalu masuk in mixer.

      Amiinn.

      Delete
  55. Replies
    1. Sama-sama mas. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  56. Mas mau tanya, saya ada driver mono 700w pake sanken 2set travonya pake berapa amp dan berapa volt? Trimakasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal pakai trafo 10A dengan tegangan 32vct.

      Delete
  57. driver 700w mono max nya pake berapa set, kemaren 2set mau tak tambahin lagi..

    ReplyDelete
  58. Mz mau nanya kenapa ya jika posisi tombol level aku besarkan/tinggikan kog suaranya berdengung?...(tn control parametric).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supply parametrik kurang bersih. Gunakan elco supply 4700uf/35v dan sudah menggunakan ic regulator 7815/7915.

      Delete
  59. numpang tanya,,,,aku punya mixer apollo blackwidow 16chanel rusak di power supply nya kebakar,seandainya power supply nya kita merakit sendiri itu bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa mas. Asalkan anda tahu jalur supplynya. Dan tegangan pakai berapa volt? Pengalaman saya dulu pernah modif power supply untuk mixer Behringer UB1222fx pro, pakai smps. Saya ganti pakai power supply biasa, bisa mas dan normal. Intinya anda harus tahu dulu jalur supplynya.

      Delete
    2. Itu tegangan simetris atau tunggal? Yang 15v? Yang 12v? Yang 48v?

      Delete
  60. Nanya mas, rakitan punya sya ada kit PA dan TC nya, jd ground yg mnuju star groundingnya itu adlah ground dr tgangan AC nya, untuk ground in/out dr msing2 kit gk usah di hubungkan gitu ? Atau gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sekarang anda pakai 1 trafo atau 2 trafo mas? Jika pakai 1 trafo, anda cukup rangkai seperti diatas. Jika anda pakai 2 trafo. Maka koneksi ground cukup dari ground output TC ke input power. Ground dari power supply TC gak usah digabung dg ground power. Cukup ground output TC ke input power.

      Delete
  61. mantap terimakasih atas infonya,sangat membantu

    ReplyDelete
  62. nanya mas, klo dalam 1 box ada 2 tafo dan 2 power supply untuk 2 kit PA apakah ct dari masing masing power supply juga harus di sambung mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya disambung mas. Sambungnya di CT elco supply ya, jangan di CT trafo.

      Delete
    2. lalu semisal saya nambah power supply 1 lagi untuk tone control apakah nanti ct dari power supply tone control juga di sambung?

      Delete
  63. Bagaimana kalau semua ground badan pot disambung ke ground input GLR hasilnya dengung hilang mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betup mas rian. Grounding bodi pot ke ground input GLR memang benar bisa menghilangkan dengung yang kadang muncul karena potensio ngeground. Siip mas.

      Delete
  64. Mas saya punya mixer kecil built-up behringer xenyx 302usb kenapa ketika socket input rcanya pada bagian ground bunyi dengung kecil dan ada lagi mas ketika saya putar knob gain dan volume sampai max ada bunyi noise/desis keras sekali, gimana atasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua mixer, baik lokal atau built up, jika posisi gain dan vol penuh juga akan noise mas, itu normal.

      Anda kan gak mungkin menggunakan gain dan vol sampai penuh. Itu bukan cara untuk cek mixer yang baik.

      Delete
  65. Maksudnya socketnya saya sentuh pakai tangan dan gain dan volume itu untuk channel mic in?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti saja bunyi mas, lah posisi gain dan vol buka penuh.

      Delete
    2. Baik mas, maaf saya pemula menggunakan mixer. Ingin nanya lagi mas. Saya punya radio kecil masalahnya tidak ada colokan line out jadi saya buat line outnya yang buat disambung ke amp yaitu dari kabel untuk speaker kecil saya potong terus disambung ke colokannya, itu gimana mas?

      Delete
    3. Gak apa-apa mas, memang begitulah caranya he..he..

      Delete
    4. Untuk jenis arus yg keluar dari speaker radio tsb arus ac/dc dan kalau dihubungkan ke input line in mixer/PA apa tidak masalah kan itu dari output ke speaker bukan dari line out/aux out khusus?

      Delete
    5. Silahkan anda tambahkan Resistor 10K dan milar 104 sebelum masuk line in mixer/pa. Jika ada arus masuk ke line in mixer/pa sudah di blok dan difilter oleh milar 104 mas. Dan out dari speaker radio sudah aman untuk dikonek ke line in.

      Delete
    6. Cara rangkai koneksi gimana mas. Maaf tanya terus ya mas?

      Delete
    7. Out dari speaker radio kan ada negatif dan positif. Untuk jalur negatif langsung konek ke gnd line in mixer. Untuk jalur positif sebelum masuk line in kasih R 10K dulu, kemudian pasang juga milar 104 setelah R, baru masuk positif line in mixer.

      Delete
  66. Assalamu'alaikum ma Bahar. Kalau DvD player diinputkan ke mixer kenapa ada bunyi dengung ya dari DVDnya tapi suara musiknya normal. Kalau input lain tidak dengung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bunyi dengung keluar dari dvd playernya ya mas? Kalau selama hasil suara bagus dan tidak ada dengung, gak masalah mas.

      Mungkin bunyi dengung dari dvd player berasal dari putaran kepingan dvdnya. Itu normal.

      Delete
  67. Dengungnya itu pas awal di ON sudah dengung kalau malem dengung kentara keras sekali kalau dihidupkan. Mau tanya lagi mas kenapa ya badan jack yg dicolok ke master out mix kalau dipegang degungnya hilang tapi kalau dilepas muncul lagi degungan kecil tapi agak kurang jernih kalau didengar apa harus ada yg digroundkan di dalam mixernya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu groundingnya kurang bagus mas. Bisa disebabkan pengkabelan input dan outputnya kurang ground, pakai kabel scerem mas. Jika sudah, lanjut semua bodi potensio digroundkan ke pcb power atau tone control. Ya sudah coba itu dulu mas.

      Delete
  68. Yang jadi dengung ini perangkatnya dari dvd ke mikser dan dari mixer ke speaker aktif. Kabel udah skerem/balance jacknya rca badan besi. Apa mungkin dari mixernya kan gak mungkin dibongkar mixernya untuk cek groundnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda pakai mixer jadi ya? Bukan rakitan? Kalau menurut saya curiga dengung dari powernya mas.

      Delete
  69. Iya saya pakai mixer asli behringer xenyx 302usb yg bisa digunakan home recording. Bisa jadi mungkin speker aktif ya mas krna cuma sp murah he..he speknya 35watt 10K imp. Kalau dvdnya itu berdengung merk polytron sudah ganti kabel in/outputnya sama tetep dengung apa memang dari produksinya begitu dari semua produknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya saya lebih mengarah ke speaker aktifnya kurang bagus. Kalau dari mixer behringer kemungkinan kecil sekali mas. Karena built up jarang dengung.

      Delete
  70. 1. Mas Bahar utk koneksi line out speaker radio sudah saya sambung pakai r 10k dan milar 104 suara normal tapi potensio harus diputar max utk hasil gain max. Lalu saya coba sambung lagi pakai speaker radio tsb suara jadi kecil walau pot putaran max gimana jika speaker saya paralel dgn line out tsb disambung sebelum resistor dan milar bisakah mas agar suara jadi keras? Dan kalau line out signalnya kan mono tapi saya mau jadikan stereo gimana merangkainya?
    2. Yg kedua mas, radio tsb merk Asatron radio portable kecil yg di dalamnya ada baterai dicharge ulang, masalahnya kenapa baterai tdk dapat di cas ulang apa mungkin akibat saya sering cas baterai tapi radio juga ikut dihidupkan, katanya kalau baterai di cas radio harus dimatikan dulu. Itu gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Coba kecilkan nilai R 10K jadi 1K. Speaker koneksi sebelum R mas. Bisa digabung.
      2. Mungkin baterainya sudah rusak mas. Tidak bisa dicharge lagi. Tapi selama masih bisa dipakai, ya gak masalah dipakai saja, walaupun dalam kondisi ngecharge terus.

      Delete
  71. Saya sudah coba ganti r 10k jadi 1k. Tapi saya rasa kok suara bass line out lebih mantap pakai r 10k yaa? Dan kalau di sambungan in dan output suatu peralatan audio itu arusnya ac/ dc to mas? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang kalau pakai R 10K nada midle akan turun dan suara terdengar lebih halus. Kalau pakai R 1K, maka suara akan terangkat lebih keras, otomatis midle akan naik. Jadi silahkan pilih sendiri ya sesuai selera he..he..

      Arusnya itu AC mas. Karena berupa sinyal suara.

      Delete
  72. Sip mas Bahar. Oiya nanya lagi dan lagi..saya punya mic wireless hand mic merk abal" rusak terus saya betulin masalahnya sinyal kadang nyambung kalau didekatkan dgn receiver tapi kalau dijauhkan jadi mati. Bahkan saya nemuin cara lain agar nyambung signalnya walau jauh yaitu dgn saya pegang bagian lilitan tembaga di transmitternya jadi hidup terus tapi harus saya pegang terus kira" yg butuh dibetulin apanya ya mas? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabnya yg lengkap,detil,dan mudah dipahami. Semoga ilmunya bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu namanya harga membawa kualitas he..he.. Berarti itu sinyal transmiternya lemah. Itu pakai baterai berapa volt mas?

      Untuk Receivernya apakah sudah dilengkapi antena? Anda Bisa mencoba menambah antena pada receivernya. Dengan cara menambah kabel ditempatkan ke posisi yang lebih tinggi. Ya itu hanya akal-akalan saya saja mas he..he.. Siapa tahu berhasil.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led