Sunday, December 25, 2016

KONEKSI STAR GROUNDING POWER AMPLIFIER

Postingan akhir tahun he..he.. Next posting kali ini adalah koneksi star grounding power amplifier. Mungkin sudah ditunggu-tunggu penggemar audio, bagaimana menghasilkan sebuah power amplifier dengan benar dan suara yang maksimal. Yang jelas suara yang bening bebas dengung. Bagaimana sudah siap untuk UPGRADE power amplifier kamu? Simak lebih lanjut ya.

Di kalangan dunia audio profesional, pengkabelan dan penyambungan power amplifier sangat diperhatikan, bahkan pemilihan komponen pun juga dipilih yang baik untuk menghasilkan suara yang benar-benar maksimal. Kali ini saya tidak membahas pemilihan komponen power amplifier, tapi lebih fokus kepada pengkabelan dan penyambungan di dalam power amplifier itu sendiri. Banyak diantara kita kadang menyepelekan hal yang satu ini, karena memang dilihat juga kadang gak masuk akal juga, pemasangan kabel asal sambung pun power amplifier bisa bunyi. Tapi pernahkah anda mendengar audio sound system orang yang berbunyi sangat lantang dan ketika music berhenti atau diam, suara langsung senyap, tidak terdengar dengung sedikit pun dari power amplifiernya. Fenomena ini menggelitik saya untuk mencari informasi, bagaimana itu bisa terjadi? Padahal selama ini saya merakit power, begitu-begitu saja. Kadang hasil bagus, kadang dengung. Dimana letak kesalahannya?

Ternyata dari semua cara yang saya lakukan untuk memaksimalkan power amplifier, ada satu yang luput dari perhatian saya, yaitu pengkabelan dan penyambungan yang benar didalam power amplifier itu sendiri. Nah konsep sederhananya adalah bagaimana kita bisa mengatur pengkabelan sebaik dan serapi mungkin dengan memperhatikan groundingnya. Yang dimaksud grounding disini adalah pengambilan koneksi grounding yang tepat, jadi gak asal ambil ground. Berangkat dari itu semua, akhirnya ketemu yang namanya Star Grounding power amplifier.

Apa itu star grounding power amplifier, adalah menempatkan koneksi semua ground pada satu titik. Dengan cara ini grounding akan maksimal, tidak akan muncul dengung. Dengung yang biasa muncul adalah karena pemasangan grounding yang salah disebabkan perbedaan ground pcb, body dan supply. Akhirnya radiasi elektromagnet trafo tertangkap oleh kabel ground yang salah ini. Jika kabel ground disambung di satu titik, maka radiasi elektromagnet minimal bisa ditekan dan hilang, sehingga suara dihasilkan bebas dengung. Prinsip ini sebenarnya juga diterapkan  pada pembuatan desain pcb dengan star grounding, akan menghasilkan suara yang benar-benar bersih dan maksimal. Untuk yang satu itu dibutuhkan ketelitian pengalaman dalam membuat layout gambar pcb. Tapi kita gak perlu sampai berpikir kesana, yang penting pengakabelan dan penyambungan di dalam power ampifier kita sudah menerapkan system star grounding ini, sudah cukup.

Berikut gambar koneksi star grounding power amplifier stereo 2 potensio.

Gambar koneksi star grounding power amplifier stereo 1 potensio.

Gambar koneksi star grounding power amplifier mono.

Nah untuk rangkaian power supplynya bisa anda lihat dibawah ini.

Koneksi power supply wiring trafo kotak.

Koneksi power supply wiring trafo donat.

UPDATE!!!
Ada yang bertanya lewat komentar. Bagaimana jika penyambungan power amplifier di gabung dengan Parametrik, Pre amp, Tone control atau yang lainnya dalam satu box? Apakah star grounding tetap diperlukan? Bagaimana pemasangannya? Nah berangkat dari pertanyaan ini, saya tambahkan satu gambar, bagaimana penyambungan kabel PA dan parametrik dalam satu box ampli, tapi tetap menggunakan star grounding. Berikut gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa koneksi kable tetap menggunakan star grounding. Dimana letak perbedaannya? Ya betul, pada jalur output parametrik menuju ke input power. Kabel ground tidak perlu dikonek, karena ground parametrik sudah dikonek dengan ground star grounding, jadi tidak perlu lagi dikonek ground lagi. Tujuannya menghindari looping ground atau grounding berulang yang dapat menimbulkan dengung atau hum pada power amplifier kita. 

Sudah jelas bukan, bagaimana penyambungan dan pengkabelan yang benar didalam power amplifier yang menerapkan system star grounding ini. Diatas pada bagian elco supply ada Resistor 0,5ohm/5w berfungsi untuk pengaman saja. Anda bisa memasangnya, atau tidak memasang R 0,5ohm/5w juga tidak masalah. Juga ada R 10K yang berfungsi untuk menghilangkan tegangan sisa, pada saat power amplifier tidak dipakai. Semoga dengan menerapkan star grounding pada power amplifier kita, suara yang dihasilkan bisa bersih dan bebas dengung, tentu saja tambah maksimal dan mantap. Semoga bermanfaat.

63 comments:

  1. Yg kuning di atas elco itu pcb atau plat almini mas bahar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang bagus pakai plat tembaga, supaya bisa disolder, kalau pakai almuniun tidak bisa disolder. Bisa pakai plat almuniun, tapi koneksi kabel dengan cara dibaut tidak disolder. Kalau tidak ada plat tembaga atau almunium, anda bisa pakai PCB polos yang dipotong, kemudian dilubangi untuk koneksi elco, untuk koneksi kabel bisa disolder langsung diatas lapisan tembaga PCB.

      Delete
  2. mas klau r nya 10 k dganti dgn yg lainnya bleh mas?

    itu kan star ground brpusat pda titik gabungan elco, klau brpusat pda pcb power mas bleh? trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa mas, tapi jika diganti lebih kecil, R lebih panas. Oya R10K pakai yang 2 watt ya. R10K ini yang rekomended.

      2. Ground paling baik berpusat disitu mas, bisa imbang. Kalau di pcb, juga gak masalah sebenarnya, tapi yang bagus ground di titik gabungn elco.

      Delete
  3. klau dganti dgn 20 k atau yg lbih tinggi dengan 1/2 watt apa aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diganti dengan nilai yang lebih besar, gak masalah, memang akan lebih dingin, tapi pengosongan tegangan pada elco akan lama. Usahakan pakai R yang 1-2watt.

      Delete
  4. Kalau pakai parametric dan aksesoris lain bagaimana mas Bahar,, parametric atau PA nya yg di star gound..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pertanyaan bagus he..he.. Makin menghangat topik ini. Dilihat dulu mas, pemasangan parametrik itu dijadikan satu dalam satu box dengan power atau terpisah? Kalau terpisah, pemasangan star grounding PA seperti diatas. Kalau parametrik dijadikan satu dengan PA, maka pemasangan grounding tetap seperti diatas, tapi untuk jalur output parametrik ke input power, groundnya jangan dikonek, jadi konek plusnya saja. Ground parametrik tetap ikut star grounding. Nanti saya update gambarnya mas, supaya lebih jelas.

      Delete
  5. Siap mas bahar,, di tunggu update dari pertamyaan saya diatas. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya update gambarnya, silahkan di cek ke tkp.

      Delete
  6. Sekarang saya sdh mengerti,, jadi kalau dalam satu box terdapat bbrapa aksesoris, misal ada parametrik, filter subwoofer, grounding di pusatkan hanya pada satu titik. Begitu ya mas..?

    ReplyDelete
  7. Setelah saya praktek merakit PA, yg mana dalam satu box ada 1 buah pwr stereo,1 buah pwr Mono, parametrik,pre amp mic,filter subwoofer, dengan menerapkan sistem star grounding,, Hasil rakitan sangat joss... Minim Noise, dan tidak ada hum... Thank you mas Bahar,, semoga ilmu yg sampean sampaikan d blog ini dpt bermanfaat bagi org banyak. Salam dari kalimantan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jempol 2 untuk anda he..he.. Terima kasih, sudah berbagi pengalaman juga disini mas, semoga pengalaman yang sudah anda coba dan praktekkan bisa bermanfaat untuk rekan-rekan yang lain.

      Delete
  8. mas mau tnya kluar dari topik saya pnya ampli 3 tingkat tr thosiba sc5200 dan istrinya dengan tc 3 pot mnggunakan transistor msalahnya kok gak ada bass yg kluar
    yg kluar malah mid sma high saja
    monggo solusinya

    ReplyDelete
  9. Mas cr pasang mixer 9pot ke power urutannya gman mas? M'af pemula mas.oh y slm jg mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mixernya rencana pakai box sendiri atau dijadikan satu dengan power. Kalau dijadikan satu dengan power, maka buatkan supply sendiri untuk mixer, karena mixer menggunakan tegangan 15v-ct-15v. Untuk cara merakitnya anda bisa baca disini, cuma bedanya nanti, output langsung konek ke power.
      http://bahar-electronic.blogspot.com/2016/10/cara-merakit-mixer-audio-sound-system.html?m=1

      Delete
  10. mas tegangan mixer ada 2 gmna? satunya buat suplay apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tegangan yang mana mas? Cuma satu kok mas.

      Delete
  11. Rncana d jadikan 1 sm power mas,kalo pake mixer tone control x ap gk ush d pake mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Digabung juga gak masalah mas. Tambah enak suaranya. Tapi kalau suaranya jadi over, ya dilepas saja tone controlnya.

      Delete
  12. Kalo liat sekemanya tmbh bingung sy mas,krn amplifer sy cm power sm tone control doang gk ad tmbhn kit lain mas, mohon bimbinganya lgsg y mas,(MIXER)out.R dan out.L itu k input ton control y mas? Trus mon.R sm mon.L itu kmn mas? Ada lg efec(send) mas.ma'f msh awam, mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Susah ya mas. Langkah pertama sudah betul mas. Mon R L gak usah dipasang. Untuk effect gunakan jika ingin menambah echo, kalau tidak, gak usah dipasang. Send masuk input echo, kemudian out echo gabung dengan out mixer menggunakan Resistor pembagi, kemudian masuk input master, kemudian masuk power. Jika pakai echo, maka wajib pakai master, jika tidak pakai echo, maka bisa baypass langsung dari out tone control langsung ke power.

      Delete
  13. Mas klo out mixer masuk k input tone control trus input untuk dvd/mp3 ambil dari mn mas? M'af bnyk tanya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena sudah menggunakan mixer, maka input dvd/mp3 masuk ke input mixer. Jika ingin menambah mic, maka tambahkan 1 chanel mixer lagi untuk jalur mic. Atau jika tetap menggunakan 1 mixer, maka input mixer tersebut bisa untuk input dvd/mp3 dan mic, tapi harus bergantian, tidak bisa dikonek bersama.

      Delete
  14. Ikut nanya mas,saya baru mmbuat ampli ocl 300 w,stelah sy coba ,ada suara kresek* yg kadang hilang muncul gt,stelah sy cek power bagus,ternyata mslh di tonecontrol(tp kayaknya bukan kresek Krn potensio)kresek* muncul saat volume master dibuka,kl vol 0 suara senyap,mohon pencerahannya mas Bahar,suwun sebelmnya

    ReplyDelete
  15. Melanjutkan pertanyaan sy mas,kalau potensio treble nol/maksimal itu justru kresek* nya ilang,tp kl potensio diputar setengah kresek*nya parah,pot sudah tk ganti tetep masih GT,mohon pencerahan mas Bahar,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada elco input atau output yang kering di master. Coba ganti beberapa elco yang ada di kit master.

      Delete
  16. brkat bimbingan mas bhar amplifer sy sdh jadi suara gleeer.maksih bxk y mas. Semoga mas bahar sukses selalu. Ngerayu rayu ujung2nya,mw nanya lg hee.hee
    ..gk ppa y mas,skrg q garap tv goldstar 20.klo prtm di on layar redup,selang bbrp mnit lyar mulai terang, tp gk senormal biasax.kurang kontras,gk fokus,kemerahan,mski screen fokus dh d atur, kira2 flaybeknya apa yg rusak y mas? Mhon pncerahnnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Coba ganti socket crt nya mas.

      Delete
  17. mas mau tnya saya rakit ocl 150 modif sub kok suaranya kecil dan saya pgang d438 nya panas lainnya normal trmasuk tr finalnya

    klau dgnti yg dganti cma d438 nya atau tr jejer 3 itu mas?
    klau d438 saya gnti d313 bsa gak mas?
    trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti tr d438 dan kedua tr drivernya, dan 3 diode jejer. D438 bisa diganti dengan D313, tapi posisi kaki berbeda.

      Delete
  18. Mas bahar, kalo pengen nmbah modul mp3 usb,ke amplifer sy gmn urutan output dan input x? amplifer sy kn ada tone control,mixer, dan kit mic reverb.maksih sblumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama saja mas kayak konek dvd player. Cuma modul mp3 player butuh supply tegangan 5V, anda harus membuatkan dulu tegangan ini, bisa menggunakan tegangan extra trafo yang diberi penstabil tegangan ic 7805. Untuk jalur out mp3 player langsung konek ke input mixer. Tapi ingat jika input sudah dikonek dengan mp3 player, maka tidak bisa digunakan untuk input lain. Kecuali anda menggunakan satu kit mixer lagi khusus jalur input mp3 player.

      Delete
  19. mas tanya ampli saya kalau tanpa input gak ada dengung pdahal vol pool dan input saya pegang ada suaranya , itu berarti normal
    klau dipasang inputnya dvd pada saat vol 0 gak dngung (masih normal) stelah ada lagu saya putar pot nya kok kluar dengung ya seiring dengan kerasnya lagu,
    trus saya pegang tr driver kok ada suaranya druuuuttt gtu? itu apanya mas trma ksih saya pakai travo 5 a palsu dan driver mono 400 watt model lama, tc 3 pot 2 tr dan pakai filter sub wofer 2 pot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti kabel RCA nya mas. Atau coba pakai input lain selain dvd, apakah problem sama? Bagaimana dengan input mic, apakah problem sama?

      Delete
  20. sdah ktmu mas trima ksih ground input blm tak solder
    mas klau utk mngurangi dengung gmna box dari kayu sdah saya trapkan start ground tetap msih dngung walau sdikit tapi ya agak mngganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lapisi kayu dengan aluminium foil yang terhubung Dengan ground. Tapi hati-hati konslet.

      Delete
  21. Mas,kalo volume mic di naikkan timbul suara treeeeeet seiring besarnya volume,tu gmn cr ngusirnya mas,body pot udah tk ground semua, tp klo body pot d pegang bs senyap, mohon masukan nya mas bahar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel mic dan spul apakah sudah pakai yang bagus mas? Jika kabel mic jelek, bisa menyebabkan problem kayak gitu, begitu juga penggunaan spul mic yang kurang bagus juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

      Delete
  22. Udh tk cb gk pake microfone ttp ja,apa kit x yg sensitif y mas? Mgkin mas bhr px trik untuk redam nois,mngkin d bgian input atau output x..mksh sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada, paling untuk meredam nois dan dengung adalah dengan menggunakan box dari plat besi atau aluminium. Usahakan pemasangan pcb tidak Terlalu dekat dengan trafo dan kabel ac.

      Delete
  23. Replies
    1. Coba pemasangan kitnya tidak terlalu dekat dengan trafo.

      Delete
  24. Kayak nya itu ada ground yg saling beradu, punyaku rakit jg pakai pre am mic,, suara bersih,, cb pahami betul betul koneksi star grounding nya, sdh di ulas dengan jelas sama mas Bahar. Maaf kalau kurang berkenan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas. Trims atas masukannya.

      Delete
  25. mau nax dkt mas. aq pux ampli rakitan trs aq sambung ama tone kontrol yg jg rakitan hasilx msh ckp bgs tampa dengung atau noise tp pd wkt aq sambung dgn equaliser built up br muncul suara dengung, kira2 dmn masalahx ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan koneksi kabel input dan output pakai yang bagus mas. Jika masih problem. Coba test dengan memasang equalizer salah satu chanel saja, yang R atau L. Apakah masih dengung? Coba gantian konek yang R atau L, chanel mana yang dengung?

      Delete
  26. Ok mas. kit reverb sm repeat itu ap sm fungsinya? Kalo reverb kan efeknya kyk suara dlm ruangan.nh kalo repeat gmn mas? Yg repeate lom prnh coba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mas. Kalau reverb benar suara kayak dalam ruangan. Kalau repeat suaranya mantul kayak echo biasa pada umumnya.

      Delete
  27. Mas selain kit kedua tersebut masih ada gk efek lain yg lebih bagus mas? Klo ada ap nm kit x mas, sprt umumnya pd sound lpangan efek suaranya biasanya gk lgsng habis itu lo mas, tp bkn pantulan, jg bukan rverb kayaknya, efek ap tu mas bahar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, effect yang biasa dipakai rental sound system itu yang built up mas. Namanya sama juga Reverb, tapi setting varian effectnya banyak, dan juga sudah full digital. Diantara merek yang saya tahu adalah Reverb Boss, Alesis Microverb 4, Phoniex reverb, yamaha, dll. Standart rental sound system lapangan pakai Alesis Microverb 4 sudah sangat bagus mas. Yang jelas beda suara dengan reverb yang ada di pasaran. Yang penting lagi sesuaikan juga dengan kemampuan kantong kita he..he.. Reverb dipasaran seharga sekitar 150rb, sedangkan reverb Alesis Microverb 4 harga sekitar 2jt an.

      Delete
  28. mas bahar mawu tanya klo misal pakek 2 trafo ct, misalnya trafo PA sendiri trus trafo tune kontrol sendiri, sama2 tegangan simitris, apakah salah satu ct trafo gak usa dipakek trus gronding ctny digabung pada satu titik trafo yang satunya, mohon pencerahanya mas bahar saya masih pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Kalau pakai 2 trafo. CT tetap dipakai. Tinggal lihat gambar diatas mas, pada jalur tone control, maka tinggal kita lepas kabel tegangan supplynya, kemudian kita ganti dengan trafo sendiri, Ct tetap dipakai dan digabung dengan CT trafo besar.

      Delete
  29. Misi mas,,mau nanyak nih,,q punya power rakitan box dari kayu,travo 5A 32v sanken 5DY driver standar 400w mono,dan masalahnya ketika power d on meskipun potensi posisi 0 speker bunyi ngerrr pelan bgt tp ketika pot d besarkan suara ngernya ikut sdikit besar,trs ketika input d isi suara lagu trs nada bass d besarkan spk tweeternya ikut krek2,ketika volum saya naikan lgi smakin besar pula krek2 pd tweeternya,sampai speker bassnya ikut ngluarin suara grek2 kyak speker jebol gitu mas,padal itu speker+tweeternya baru,,kira2 apa masalahnya ya mas,,mohon bantuanya mas,,mksih sblumya mas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Coba nyalakan power tanpa tone control, apakah problem masih sama?

      Delete
  30. salam kenal mas bahar , mas saya mau tanya apakah bisa transistor driver di ganti mosfet , kalau bisa seri mosfet nya apa mas ???maaf mas agak nyelentang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Gak bisa mas, karena beda fungsi dan karakteristiknya.

      Delete
  31. jadi kdua ct travo sama2 dipake ya mas, trus yng digabung ct dari travo apa dari ct elco? oh iya mas itu gambar yng diatas yang paling bawah jalur grond otput tune kontrol yang ada tanda silangnya gak terkonik ke input PA? mohon pencerahanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari ct elco. Tidak dikonek untuk menghindari looping ground, kan sudah dikonek pada ground supply, jadi gak perlu dikonek ground lagi.

      Delete