Sunday, December 4, 2016

CARA PENYAMBUNGAN PCB POWER OCL 150W

Posting kali ini adalah cara penyambungan pcb power ocl 150watt. Sebenarnya ini jawaban dari komentar rekan yang sudah lama bertanya penyambungan untuk power ocl itu bagaimana? Baru ada kesempatan kali ini untuk membuatkan posting tentang diagram penyambungannya baik menggunakan tr TIP atau pun tr jengkol.

Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana merakit dan menyambung kabel sendiri pada rangkaian power ocl 150w, tapi tidak ada salahnya saya posting kembali dengan lebih sederhana dan mudah dipahami. Karena beberapa rekan yang lain mungkin juga belum mengetahui cara penyambungannya bagaimana, maka saya buatkan posting ini untuk membantu agar perakitan dan penyambungan kabel pada power ocl ini dapat berhasil dan tidak salah pasang.

Pcb yang saya gunakan pada gambar adalah pcb power ocl 150w mono. Ini sebagai dasar saja, agar lebih mudah dalam penjelasannya. Untuk pcb stereo anda bisa mengembangkan sendiri dengan gambar diatas, karena rangkaian stereo sendiri juga terdiri dari dua rangkaian mono yang dijadikan satu dalam satu pcb. Untuk tr final dalam gambar, hanya menggunakan satu set saja. Untuk paralel tr final anda bisa baca disini.

Ada dua gambar koneksi dibawah ini, yaitu menggunakan tr final TIP dan jengkol.

Koneksi menggunakan tr final jengkol.

Koneksi menggunakan tr final TIP.

UPDATE!!!
Berikut gambar PCB Power ocl 150w.

Berikut gambar skema Power ocl 150w.

Berhubung kemarin ada yang komentar, gambar pcb dan skemanya mana kok gak ada? Akhirnya ada kesempatan saya update gambarnya, biar lebih jelas he..he..

Nah mudah bukan. Mudah-mudahan dengan gambar diatas rekan kita yang masih bingung dengan diagram koneksinya, bisa membantu penyambungannya dengan benar. Dan tidak lagi salah pasang he..he.. Untuk koneksi penyambungan pcb power safari 400w ada disini. Untuk tr final bisa diganti menggunakan sanken, jika ingin lebih kuat dan daya watt bertambah. Tapi jika anda hanya menggunakan trafo kecil 5A, lebih baik gunakan saja tr TIP atau jengkol. Untuk tr sanken gunakan minimal trafo 10A. Semoga bermanfaat.

13 comments:

  1. mas jengkolnya susah di solder kakinya walaupun sdah dikerik dan diamplas 7 hari 7 malam hehe
    solusi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngamplasnya harus pakai perasaan mas he..he.. Setelah dikerik, pakai lotfet solder biar nempel. Tapi selama ini dikerik sudah nempel mas. Atau mungkin timah soldernya yg jelek.

      Delete
  2. hehe timahnya merk paragon 0.8 mm ya gak jelek amat mnurut ku hihi

    lotfet apa mas baru tahu namanya
    dan harga skitar brp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lotfet sejenis pasta solder, kalau dulu namanya arpus. Sekarang sudah gak banyak yg gunakan, karena timah jaman sekarang sudah ada lotfetnya. Jadi intinya jika anda pakai timah paragon, sudah bisa nempel tanpa pemakaian lotfet.

      Delete
  3. lam kenal mas bahar..
    saya mau nanya nih..
    dioda 4148 yang di power safari bisa di ganti nggak dengan dioda in 4007..terima kasih

    ReplyDelete
  4. kalau mau menambah transistor final..resitor driver ada nggak yang perlu di ganti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transistor driver pakai TIP31/32. Kalau sudah pakai itu, gak perlu diganti lagi.

      Delete
    2. ok..terima kasih mas bahar atas bantuan'y..

      Delete
  5. Gan, Ane baru ngrakit Ocl 150w. Baru ane coba tpi trafo panas sampe kbakar. Trus suarany kresek2 itu masalahny apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas trafonya jelek mas.

      Delete
    2. Yg bgus kira2 brpa mas, ini saya beli cma 80rbuan. .heheh

      Delete
    3. Mungkin memang cacat produksi mas trafonya. Atau mungkin ada konsleting di power supply atau powerya. Jika ingin dicoba lagi, test power jangan terlalu lama dulu, test +-1menit kemudian sentuh body trafonya, amati jika sudah panas, jangan diteruskan, berarti ada yg konslet. Tapi jika trafonya hangat normal, setelah di setel beberapa menit, berarti trafo normal.

      Delete