Saturday, October 8, 2016

SAMBUNGAN SERI DAN PARALEL 2 SPEAKER SUBWOOFER DOUBLE COIL

Setelah anda mengetahui sambungan seri dan paralel speaker subwoofer double coil. Kali ini akan saya tambahkan bagaimana sambungan seri dan paralel pada dua speaker dobel coil. Posting ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya, yang mana pada posting pertama menjelaskan sambungan seri dan paralel pada satu speaker dobel coil, nah pada posting kedua ini menjelaskan sambungan seri dan paralel pada dua speaker double coil. Jika anda ingin menggunakan dua speaker subwoofer, maka konfigurasi koneksi di bawah ini perlu anda perhatikan.

Sebenarnya sama saja penyambungan speaker satu coil dan dobel coil. Yang membedakan pada speaker dobel coil, kita akan mendapatkan beberapa impedansi ohm yang berbeda di dalam penyambungannya nanti. Berbeda dengan speaker satu coil yang hanya mendapat dua macam koneksi yaitu sambungan 4 ohm dan 16 ohm. Pada sambungan koneksi dua speaker dobel coil akan didapat tiga macam impedansi. Yaitu impedansi 2 ohm, 4 ohm, 8 ohm. Sebenarnya dapat juga bermain di impedansi 16 ohm, tapi tidak saya sertakan gambarnya, karena impedansi 16 ohm jarang dipakai. Berikut cara penyambungan dua speaker dobel coil dibawah ini yang dapat anda coba.

Sambungan dua speaker 2 ohm jadi 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm pada dua speaker 2 ohm, maka sambung dulu secara paralel kedua spul coil masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut disambung seri untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Sambungan dua speaker 8 ohm jadi 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm pada dua speaker 8 ohm, maka sambung dulu secara seri kedua spul coil masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut disambung paralel untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Ini sama mendapatkan impedansi 4 ohm, perbedaan pada kedua gambar adalah dari sambungan masing-masing speaker, yang mana pada gambar pertama disambung paralel dulu kemudian diseri dan pada gambar kedua disambung seri dulu kemudian diparalel, untuk mendapatkan impedansi 4 ohm. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan dua speaker 4 ohm jadi 2 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 2 ohm pada dua speaker 4 ohm, gunakan salah satu spul pada masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut dihubung paralel untuk mendapatkan impedansi 2 ohm. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan dua speaker 4 ohm jadi 8 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 8 ohm pada dua speaker 4 ohm, maka gunakan salah satu spul saja pada masing-masing speaker, kemudian kedua speaker tersebut dihubung seri untuk mendapatkan impedansi 8 ohm. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.
Jika anda ingin menggunakan dua speaker subwoofer dobel coil, maka anda sudah mengetahui cara penyambungan yang benar. Sehingga anda bisa mendapatkan impedansi speaker yang anda inginkan dari kedua speaker subwoofer tersebut. Untuk koneksi sambungan seri dan paralel pada satu speaker dobel coil anda bisa lihat disini. Semoga bermanfaat.

11 comments:

  1. ilmu yg bermanfaat buat ane...
    mau tanya gan.. kalo empat subwoofer double coil mau jadi 4 ohm, bagaimana gambaran untuk sambungannya.
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari 4 speaker semua gunakan salah satu spul saja, agar bisa bermain di 4 ohm semuanya. Jadi 4ohm 4ohm 4ohm 4ohm. 4ohm dan 4ohm diparalel. Kemudian 4ohm diparalel 4ohm. Jadi 2ohm dan 2ohm. Kemudian 2ohm diseri 2ohm jadi 4ohm. Anda bagi jadi 2 dulu,(4+4) (4+4). (2)+(2)=4ohm

      Delete
  2. waaah makasih banyak gan atas responnya cepat.
    ane udah faham sekarang..
    izin bookmark blog nya gan.

    ReplyDelete
  3. Mas saya punya subwofer,2 speaker 6',dan 2 speaker cs4 10'
    Instalasi yg bagus gimana ya jika di hubungkan ke PA yg memiliki output 4chanel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau bermain di 2 channel, maka speaker bisa diparalel, channel 1 pakai 6"x2 dan channel 2 pakai 10"x2. Kalau mau bermain di 4 channel, ya langsung konek saja speaker ke masing-masing channel.

      Delete
    2. Jika main di 4chanel subwofer lebih bagus dpasang nya gimana mas?

      Delete
    3. Lah itu PA 4 channel keluarannya apa saja loh mas? Apakah hanya out biasa atau sudah dipisah? Kalau PA stereo kan L R, nah itu 4 channel maksudnya gimana? 4 keluaran speaker ya maksudnya? Kalau semua channel sama, ya dipasang di sembarang channel gak masalah, kecuali kalau 4 channel tersebut suaranya beda.

      Delete
  4. Om kalo 2 sub dvc 2ohm biar ttep di 2ohm gmna om...
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas. Bisanya jadi 4 ohm dengan dihubung seri.

      Delete
  5. Mazt, mau nanya, master mixer yg 3 potensio itu msang'y gmna,..??
    Return dan red nya utuk apa...

    ReplyDelete