Wednesday, October 12, 2016

CARA MERAKIT MIXER AUDIO SOUND SYSTEM

Ada yang bertanya lewat komentar blog, bagaimana cara penyambungan mixer sound system? Dalam hal ini cara merakit atau merangkai dan penyambungan koneksi kabel di dalam mixer audio, sehingga dapat dipakai sebagai pencampur dan pengatur sinyal audio untuk keperluan sound system. Sebagai jawaban rekan kita yang ingin membuat atau merangkai mixer sendiri, saya buatkan posting cara merakit mixer audio sound system yang paling mudah dan sederhana. Mari kita simak lebih lanjut.

Sebenarnya sudah banyak yang membahas masalah ini, tapi tidak fokus pada bagaimana cara merakitnya atau cara penyambungan koneksi kabel didalam mixer itu sendiri. Sehingga banyak rekan kita yang ingin membuat mixer sendiri sedikit kesulitan. Sudah membeli kit mixer, tapi belum tahu cara penyambungannya bagaimana? Nah di posting kali ini akan saya jelaskan lebih ke arah merakitnya atau diagram koneksinya, bukan cara membuat rangkaian mixernya. Karena sudah banyak dijual kit mixer sudah jadi dan siap pakai, tinggal cara penyambungannya bagaimana? Ini yang penting. 

Di dalam sebuah mixer, ada beberapa rangkaian komponen yang harus kita ketahui. Berikut beberapa komponen rangkaian di dalam mixer yang perlu kita ketahui dan fungsinya paling sederhana.

  1. Trafo. Berfungsi sebagai pensupply tegangan semua rangkaian di dalam mixer.
  2. Penstabil tegangan simetris. Berfungsi sebagai pengatur dan penstabil besarnya tegangan yang akan di supply ke dalam mixer.
  3. Penguat mic/mixer. Berfungsi sebagai pengatur sinyal input audio.
  4. Echo/effect. Berfungsi sebagai penambah effect gema atau reverb pada sinyal input audio.
  5. Master audio. Berfungsi sebagai portal terakhir pengatur semua sinyal input audio sebelum di umpan ke power amplifier.
Nah beberapa komponen di atas adalah rangkaian sederhana dalam membuat mixer. Tentunya masih banyak lagi tambahan rangkaian yang lain di dalam mixer audio yang tidak saya sertakan, misalnya LED VU sebagai indikator besarnya level sinyal audio. Jadi supaya lebih sederhana dan mudah dalam merakitnya, hanya komponen dasarnya saja yang saya sertakan. 

Berikut diagram koneksi penyambungan mixer audio. 


UPDATE !!!
Ada yang kasih masukan lewat komentar. Jalur inputnya mana untuk mic dan DVD Playernya? Kemudian caranya bagaimana jika ingin membuat mixer lebih dari dua chanel. Sebagai koreksi akan saya sertakan satu gambar lagi diagram koneksi mixer audio 4 chanel, beserta koneksi jalur inputnya. Terima kasih atas masukannya. Berikut gambar yang sudah saya koreksi. Silahkan dilihat kembali gambar dibawah ini.


UPDATE!!!
Ada masukan dari komentar di Google plus. Bagaimana cara koneksi mixer yang dilengkapi dengan out Monitor. Awalnya bertanya, kenapa pada Monitor out tidak keluar effect reverbnya? Sebagai jawaban sekaligus gambar diagram koneksinya di bawah ini. Mixer 4 channel dengan Monitor out.


UPDATE!!!
Untuk nilai resistor 47K tidak harus pakai 47K, anda bisa menyesuaikan sendiri menurut selera. Jika dirasa suara kurang keras atau plong, bisa dikecilkan nilai Resistor tersebut. Ada yang mencoba pakai Resistor 2K2 hasil suara lumayan keras dan plong. Tapi setiap mixer punya penguatan sinyal berbeda-beda, jadi belum tentu nilai R 2K2 cocok di mixer anda.

UPDATE!!!
Ada komentar masuk di g+ menanyakan, bagaimana koneksi menggunakan master 3 pot? Karena bikin gambarnya agak ribet, maka agak lama prosesnya he..he.. Perlu diketahui bahwa master 3 pot ada dua macam, yaitu pertama master 3 pot dengan setelan bass, treble, vol. Yang kedua adalah master 3 pot dengan setelan PHONES, RETURN, SEND. Nah yang ditanyakan adalah koneksi master 3 pot yang kedua yaitu master 3 pot dengan setelan Phones, Return, Send. Karena terlalu lama proses gambarnya, akhirnya sampai ditagih sama yang bertanya he..he.. Baiklah, berikut adalah diagram koneksi mixer 4 channel with master 3 pot. Monggo disimak nggeh.


Sedikit penjelasan tentang skema diatas. Untuk koneksi tegangan master out L R dan master 3 pot tidak saya koneksi ke power supply, karena keterbatasan waktu dan gambar yang agak rumit. Jadi silahkan dikonek sendiri seperti biasa jalur tegangan simetrisnya jadi satu semua untuk mixer, master out L R, master 3 pot, saya harap anda sudah paham untuk koneksi tegangannya. Gambar diagram diatas saya fokuskan kepada koneksi input dan outputnya. Mungkin ada yang bertanya, kok gak ada kit Echonya? Ya, memang pada koneksi menggunakan master 3 pot ini, koneksi echo memang sebaiknya diluar mixer. Sama halnya dengan menggunakan Effect diluar misal Reverb. Jadi rangkaian diatas ini, lebih baik pakai echo diluar. Atau kalau memang rencana dipasang didalam mixer, juga gak masalah. Yang penting koneksinya benar. Tapi  cocoknya rangkaian diatas pakai Effect diluar. Sehingga anda dapat dengan mudah mengganti effect echo ataupun menggunakan reverb.

UPDATE !!!
Ada pertanyaan dari rekan g+ yang masuk, menanyakan bagaimana cara memasang effect di luar? Maksudnya adalah menambah jalur untuk output effect di luar yaitu jalur SEND dan RETURN. Apakah effect yang didalam mixer dilepas? Terus bagaimana cara agar kedua effect ini berjalan bersama? Katanya meniru effect mixer built up, yang ada efek bawaan mixer dan jalur SEND dan RETURN nya untuk pemasangan effect di luar. Begitulah beberapa pertanyaan yang masuk di g+ dan coba saya angkat untuk solusinya bagaimana mengenai hal ini. 

Sebenarnya untuk menambah jalur SEND dan RETURN, maka kita tinggal memparalelkan saja jalur input dan output effect didalam mixer. Karena masih banyak yang bingung, bagaimana gambar koneksinya, maka akan saya update dan tambahkan gambar koneksi mixer dengan effect out dibawah ini. Monggo disimak.


Sedikit penjelasan tentang gambar diatas. Anda bisa lihat jalur input dan output pada effect diparalel, ada tambahan resistor 2K2 berfungsi agar kedua effect ini suaranya tidak tabrakan dan bisa berfungsi secara bersama-sama. Anda bisa menggunakan kedua effect ini bunyi secara bersama atau menggunakan salah satu saja, yaitu effect dalam atau effect luar, dengan cara menutup salah satu potensio volume effect. Untuk nilai Resistor anda bisa setting sendiri sesuai selera, jika dirasa nilai Resistor diatas kurang pas. Karena tidak menutup kemungkinan rangkaian dan mixer yang anda gunakan karakternya berbeda, maka diperlukan penyesuaian untuk nilai Resistornya. Tapi jika anda menggunakan nilai Resistor diatas, dan didapat hasil yang sudah pas dan bagus, maka tidak perlu dirubah lagi nilai Resistornya.

Beberapa komponen di dalam mixer yang perlu anda ketahui.

Trafo.

Power supply simetris 7815 dan 7915.

Mxer 6 potensio.

Mixer 7 potensio.

Mixer 8 potensio.

Echo DTK 1 mic.

Master mixer 1 potensio.

Nah itulah diagram koneksi dan beberapa komponen mixer audio sederhana. Semoga anda dapat merakit sendiri mixer dengan baik dan benar. Sehingga menghasilkan suara yang bagus dan memuaskan. Jadi lebih bisa menghemat biaya, daripada membeli mixer jadi yang jauh lebih mahal. Kalau anda bisa merakitnya sendiri, kenapa tidak? Untuk mengetahui bagaimana urutan instalasi audio sound system yang benar bisa dibaca disini. Semoga bermanfaat. 

406 comments:

  1. trima kasih banyak mau tnya lgi blm ngrti itu

    inputnya dari dvd cd atau mic mana?

    kalau ada 2 kit mixer berarti inputnya apa ada 2 juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas. Maaf gambarnya kurang lengkap. Jadi jelasnya adalah satu kit mixer ada satu input, jika ada 8 kit mixer, berarti ada 8 input. Input disini bisa berfungsi sebagai penguat mic atau input dvd. Gambar diatas hanya ada dua chanel mixer, berarti ada dua input. Jika ingin menambah chanel mixer lagi, tinggal kita koneksikan secara paralel dengan chanel mixer lainnya.

      Delete
    2. Sudah saya tambahi dan koreksi gambarnya mas. Silahkan dilihat kembali.

      Delete
  2. terima ksih aku ada prtanyaan lg

    master mixer ada yang 3 potensio bagus mana sama 1 potensio?

    klau 3 potensio apa aja fungsi dari potensio trsebut?

    maaf bnyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan mas dan sesuai selera. Kalau saya pribadi lebih suka master mixer satu potensio. Karena saya lebih suka suara natural, tidak banyak pengaturan. Master mixer 3 potensio ada dua jenis. Pertama dengan pengaturan pot VOLUME, BASS, TREBLE. Kedua dengan pengaturan pot BASS, MIDLE, TREBLE tanpa volume.

      Delete
  3. gan.....aku dah merakit power 400w mono travo 20A tr finalnya 2 pasang. rencana mau kasih mixer...yng aku tanyakan speaker yang cocok yang berapa inc dan berapa watt...suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk spek diatas. Pakai speaker 2x15" dan 4x12". Kalau bisa tr final di tambah lagi 2 set lagi, karena trafo 20A masih mampu. Mubadzir daya trafo 20A masih mampu untuk 4 set sanken.

      Delete
    2. Mas...dlm merakit mixer audio yg di gunakan berapa potensio per chanel

      Delete
    3. Tergantung kebutuhan mas. Ada yang 6 pot, 7 pot, 8 pot. Kalau ingin mudah pakai mixer yg 6 potensio saja.

      Delete
  4. Iw iya mkih banyak mas atas info yg mas berikan...klo mau nambah chanel brati tinggal nambah mixer yg 6 potensio ya mas

    ReplyDelete
  5. Oke trimaksih banyak ya mas...sudah berbagi ilmu..klo punya pin bbm sya minta mas...biar bisa sieringan

    ReplyDelete
  6. Fungsi resistor 47k buat apa mas..

    ReplyDelete
  7. Sebagai pembagi sinyal audio mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bkan nya resistor 2k2 mas,,mohon di koreksi jika salah

      Delete
    2. Untuk nilai R tidak harus 47K. Silahkan di mix sendiri sesuai selera. Jika pakai R 2K2 juga gak masalah.

      Delete
  8. Mas sya coba buat mixer audio kok gk bisa bunyi ya...kit mixernya sya pakek horisson mixer mas

    ReplyDelete
  9. Mas...tolong jwbnya jgn lma" sya nunggu jwban dri jenengan..soale klo rakitan mixer sya blm jadi blm puas rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda rakit dulu sesuai dengan skema. Urutan input output apa sudah benar?

      Delete
  10. Udah bunyi mas..tp klo mik sma musik di buat bersama'an gk bisa mas..jadi harus salah satu di matikan..itu apanya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda rakit berapa chanel mixernya? Dalam satu chanel memang tidak bisa digabung input mic dan music, jadi harus salah satu mas. Kecuali satu chanel mixer untuk mic dan satu chanel untuk music, baru bisa bunyi bareng.

      Delete
  11. Bangaimana input mic mixer nya satu di jadi kan input nya 2 tanpa tambahan kit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Input satu dipecah menjadi dua menggunakan dua Resistor 2K2.

      Delete
    2. Om bahar ulum ..mau tanya saya beli kit mixer yamaha 8 potensio koug gk bisa enak ya suarae terus klow gaintnya di putar dikit suaranya serak knp ya omm ...085785520221 ..mohon bales sms om..

      Delete
    3. Mungkin input perlu diberi resistor, supaya tidak over.

      Delete
  12. Sya udh buat 2chanel mas bahar tp blm juga bisa bunyi barengan

    ReplyDelete
  13. Udah bisa bunyi semua mas...tp sya mau nanya lgi mas bahar..klo potensi volume di ganti dgn potensi geser bisa gk ya atau berpengaruh terhadap suara pa nggak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sip!!! Rangkaian anda sudah benar. Potensi volume diganti potensio geser, tidak masalah mas, sama saja, tidak ada pengaruh terhadap suara.

      Delete
  14. Oke trimaksih mas bahar...suarane wisss mantab banget mas..sekali lagi terimaksih mas bahar

    ReplyDelete
  15. apa bedanya ampli menggunakan mixer dengan tanpa mixer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mixer kan sama saja dengan tone control. Sama-sama mengolah suara. Cuma hanya istilah saja penyebutan mixer untuk pengaturan dengan chanel banyak. Jadi kalau dibedakan dengan menggunakan tone control, untuk pengaturan bass, midle, treble sama, perbedaan ada pada penguatan sinyal dan outputnya. Kalau tone control hanya out saja. Kalau mixer ada out, effect, monitor.

      Delete
  16. kalau tmpat mixernya skitar brp an mas?

    kalau ada saran tmpat mixer silahkan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pernah beli box mixer 4 chanel sekitar 75rb. Sekarang agak susah mas nyarinya. Mungkin kalau masih ada di Pasar Genteng Surabaya. Coba di online mas, mungkin ada yang jual.

      Delete
  17. wah klau rakitan susah ya kayaknya cari boxnya?

    apa ini kelemahan mixer rakitan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya enggak lah mas. Tadi saya sempat browsing, ternyata ada juga yang jual box mixer 4 dan 8 chanel. Kebanyakan orang membuat box mixer rakitan dari plat alumunium lembaran. Kemudian di sablon sendiri. Jadi sebenarnya ini sebuah tantangan mas bukan kelemahan, buat mixer sekalian desain box mixer sendiri he..he..

      Delete
  18. Om2 mau tanya ya lek mixer 8 potensio kalow buat muter dvd koug pas gaint nya d putar koug suaranya serak knp ya mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gain itu untuk menguatkan sinyal masukan mas, bukan untuk volume. Jadi jika potensio gain terlalu terbuka, maka sinyal input akan over dan terdengar serak. Gunakan gain jika input terlalu lemah, jika input sudah kuat misal DVD, maka gain gak udah dibuka.

      Delete
  19. mas LED VU ktanya penting apa benar?

    kalau penting minta rangkaiannya?

    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting kalau memang perlu untuk memonitor kuat sinyal output mixer. Gak penting kalau untuk rumahan. Kalau ada waktu akan saya posting.

      Delete
  20. terima kasih

    mau tanya lagi

    travo 5. ampere kalau diberi 4 set sanken kuat gak?

    klau dipaksakan hasil suaranya gimana mas?

    trima kasih bnyak maaf bnyak tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekedar bunyi, kuat mas. Hasil suara gk kelihatan bedanya pada volume rendah. Posisi volume tinggi baru kelihatan. Suara terdengar pecah.

      Delete
  21. berarti 5 ampere muat 1 set sanken aja mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kurang lebih seperti itu mas. Lagian juga mubazdir pakai sanken banyak-banyak, tapi trafonya kecil.

      Delete
  22. Mas bahar mohon penjelasnnya. Kenapa saya rakit mixer 2 chnnel kok suara input dari dvd player terdengar suara putaran vcd di speaker.. Suaranya gak jernih.. Bagaimana mengatasinya? Tapi kalo input dri hp tetep jernih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara putaran dvd yg keluar itu normal. Tapi masih tahap wajar. Kalau terdengar terlalu keras, berarti dvdnya yg gak beres. Coba pakai dvd lain, apakah problem sama? Cara mengatasinya adalah dengan menjauhkan perangkat dvd player dari mixer atau power amplifier. Selalu gunakan kabel RCA yang bagus.

      Delete
  23. Salam Kenal Mas.. Kalau 2 output dari 2 kit Mixer 6 potensio dihubungkan ke input tone control stereo bisa ga mas? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Langsung gabung saja kedua output mixer, kemudian Konek ke input tone control.

      Delete
  24. mas tanya maaf keluar dari tema
    saya ngrakit ampli ocl 150 w mono xgn tc mono 3 pot suaranya kok kecil ya?
    input saya dari modul mp3 fm

    yg kedua modul mp3 fm stasiun chanelnya kok cuma 1 di scan gak mau pindah itu penyebabnya apa mas?

    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai input selain mp3, misal dari hp atau dvd, suaranya normal gak? Jika normal berarti mp3 nya problem. Scan fm problem, mp3 nya yg rusak mas.

      Delete
  25. kalau pakai input lainnya blm nyoba klau mp3 fm ke ampli langsung suaranya normal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supply tegangan tone control apakah sudah masuk? Makanya coba dengan input lain mas.

      Delete
  26. Mas bahar...rakitan mixer sya klo eveknya di pakek kok suaranya gk bisa plong ya...kmresek dan kecil suranya itu kira" apanya ya...sya koreksi sambungane gk ada yg gatuk padahak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang seperti itu, kalau pakai echo biasa. Coba ganti r effect lebih besar. Bisa jadi echonya yang bermasalah.

      Delete
  27. Yg di ganti r yg mana mas bahar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah r di input echo. Nilai sesuaikan saja. Antara 10k-47k.

      Delete
  28. trnyata tc nya gak mau disambubg ct mas trima kasih pnduannya

    nau tnya masang saklar 3 kaki gimna mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saklar 3 kaki yg mana mas? Banyak. Saklar 3 kaki yang ada lampunya apa gak? Biasa di pakai saklar power itu ta?

      Delete
  29. ada masalah lgi mas modul mp3 dicolokan usb card reader gak ada 5 detik mati saya cek soket gak ada yang konslet
    solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih elco 2200uf/16v pada socket tegangan plus dan minus mp3. Itu problem kurang daya mas.

      Delete
  30. Replies
    1. Sama-sama mas zainul. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  31. saklar 3 kaki yg ada lampunya mas?

    modul mp3 trma ksih saya coba dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pakai avometer, untuk mencari kaki switch saklarnya. Jadi saklar 3 kaki yg ada lampunya, kaki yang tengah itu output, nah tinggal 2 kaki samping, ada kaki switch dan ada kaki lampu. Nah cara ceknya, posisikan saklar dalam kondisi ON, kemudian tancapkan probe avometer di kaki tengah, kemudian probe satunya di salah satu kaki samping saklar. Jika avometer bergerak ke kekanan atau konek, berarti itu kaki saklar juga sebagai input, kaki satunya yang tidak konek itu kaki lampu silahkan konek di tegangan 0 pln. Jika belum paham nanti saya buatkan postingnya.

      Delete
  32. itu elconya di seri ya mas?
    kan saya beri ic reg. 7805 apa itu penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Lepas saja ic 7805. Atau ganti dengan ic 7809. Elco diparalel di socket plus dan minus mp3. Tegangan habis di ic 7805 sebelum masuk mp3.

      Delete
  33. yang saya tahu kaki lampu warnabya emas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Tapi ada juga yang ketiga kakinya warnanya sama silver.

      Delete
  34. makasih mas trnyata kalau dipasang mylar 105j400v gak bisa. tetap nyala amplinya
    klau gtu gmna cara ngilangin jedugnya?
    modulnya sdah berfungsi normal terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan milar 105j/400v, tapi milar 104j/400v mas.

      Delete
  35. waduh salah beli ya?

    tapi sebelum e speaker aktif pakai mylar 105 mau mati

    apa beda ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mas. Apalagi milarnya sudah short, jelas gak fungsi, ampli nyala terus.

      Delete
  36. terima kasih mas atas penjelasannya saya orang awam jadi agak ngrti elektro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pa2 mas. Namanya sama-sama belajar. Saya juga berusaha semampu saya untuk membantu memecahkan masalah anda, walaupun hanya lewat tulisan dan kadang sulit dimengerti.

      Delete
  37. Power 450w×2,travo10 amper bisa mak simal pake sepeker berapa biji kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya. Pakai speaker 12" 8 biji. Dengan komposisi 4 speaker 12" untuk chanel R dan 4 speaker 12" untuk chanel L. Atau menggunakan speaker 12" 4 biji dan 15" 2 biji. Dengan konfigurasi 2 speaker 12" dan 1 speaker 15" untuk chanel R, dan 2 speaker 12" dan 1 speaker 15" untuk chanel L.

      Delete
  38. mas beli box subwofer 12 inc merk apa?

    speaker subwofer dipasang di sembarang box gak enak suaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang desain untuk box speaker subwoofer beda dengan speaker biasa, masalahnya box subwoofer jarang yg jual. Biasanya ngrakit sendiri mas. Atau beli di toko yg khusus jual box speaker. Kalau di surabaya ada mas, toko khusus jualan box speaker. Gak ada mereknya mas. Kalaupun ada mereknya itu hanya tiruan mas. Buat persis dengan desain box aslinya.

      Delete
  39. Replies
    1. Dulu sekitar 2jtan lengkap dengan speakernya. Belum tahu kalau sekarang mas

      Delete
  40. nama tokonya apa mas dan alanat lengkapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lupa mas. Lama sudah gak kesana. Waktu itu gak ngingetin nama tokonya, pokoknya dia jualan box speaker dan speakernya.

      Delete
    2. Pasar genteng kali surabaya lantai 2.

      Delete
  41. mas cara menambah subwofer ke ocl 800 watt gimna?

    klau digabung langsung dengan speaker lain kurang enak didenger?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya gak masalah digabung dg speaker lain. Tapi biasanya subwoofer PA dipisah tersendiri dengan rangkaian filter low/subwoofer aktif. Jadi gak dijadikan satu dg PA yg lain.

      Delete
  42. harga subwofer aktif brp? ampli untuk mendrive 12 in subwofer harus brp watt? trus travonya apa harus murni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit subwoofer aktif gak sampai 50rb mas. Tergantung watt speakernya, jika watt speakernya 500w, ya amplinya pakai 400w. Kalau bisa trafo murni, kalau gak ada, ya trafo biasa minimal 10A.

      Delete
  43. Replies
    1. Pakai PA 400watt gak masalah mas, masih mampu. Atau pakai PA 600w, tinggal pakai tr sanken 3 set.

      Delete
  44. berarti main 2 power?

    pnya saya 800 watt mono tr nya cuma 2 set sanken klau dtambah lgi 400 watt mono ya? travo nya sendiri" atau digabung mas?

    klau urutan pemasangan gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Lebih baik trafo sendiri. Tapi untuk menghemat biaya, trafo bisa digabung dulu, untuk uji coba, kalau hasilnya bagus, baru trafo disendirikan. Tapi kalau suara sudah enak dalam satu trafo, ya gak usah dipisah mas.

      Delete
  45. menambah 1 power pemasangannya sama seperti power 800 watt atau diberikan elco sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan sama mas. Elco sementara gabung saja dulu dengan power satunya. Untuk uji coba hasilnya. Kalau bagus, baru dibenahi.

      Delete
  46. travo 10 ampere palsu apa kuat ngangkat sanken 2 set?

    berarti 10 ampere palsu sama dengan 5 ampere murni? btul gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kuat mas. Kurang lebih seperti itu.

      Delete
  47. Mohon bantuannya lagi Mas...Saya sudah merakit mixer 7 potensio sesuai skema diatas, nah saya ingin tambahin channel buat headset dan juga channel buat Rec Out gimana ya skemanya? dan Kit apa yang perlu saya siapkan lagi?. Trims atas ilmu dan bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu sudah saya tambahkan untuk monitor mas. Out monitor bisa untuk rec out. Untuk headset perlu tambahan power ampli kecil untuk menguatkan suara dari monitor out. Jadi monitor out bisa difungsikan sebagai rec out dan juga bisa difungsikan untuk headset dengan tambahan amplifier kecil.

      Delete
  48. Nanya lagi Mas.. untuk penguat mix roland 7 potensio produk CKJ, pada input mic terdapat 3 koneksi kabel yang harus di solder "0-In-Mic". Gimana tuh cara nyambungnya? Trims ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti input bisa dua fungsi. 0-in untuk input DVD, dll. 0-mic khusus untuk input mic. Jadi nantinya ada 2 input, input in dan input mic. Tapi kedua input tersebut tidak bisa dipakai secara bersama, harus satu-satu. Kalau pakai in ya in, kalau pakai mic ya mic, tidak bisa dipakai bersama dalam 1 satu mixer.

      Delete
  49. Output r/l dari mixer biar bisa masuk ke amplifier mono semua gimana cara sambungnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Out L R mixer digabung saja pakai resistor 10K. Jadi out L kasih R 10K, out R kasih R 10K, kemudian out dari kedua resistor tadi digabung, kemudian konek ke input ampli mono

      Delete
  50. tanya mas travo 5 ampere pkai bngkus kertas ďengan bngkus plastik bgus mna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tahu mas, kalau ada trafo 5A bungkus plastik, karena kebanyakan pakai kertas. Saya sih belum pernah coba mas. Tapi menurut saya mungkin sama saja mas.

      Delete
  51. saya jg bru tahu mas sperti pabrikan tman saya beli harganya 2 kali lipat mas

    kata si perakitnya muat untuk 6 set sanken?

    hehe jadi pngen ngetest tu travo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kualitas tembaganya yg bagus mas. Tapi menurut saya mending trafo besar daripada harga dua kali lipat.

      Delete
  52. mas tanya saya pnya travo tapi gak ada tulisannya cara menentukan k.primer dan sekunder gimna mas?
    badan travo 1 ada 4 terminal
    badan travo 2 (baliknya) ada 8 terminal yaitu 5 terminal terletak di atas dan 3 terminal terletak di bawah(mklum travo lama) trus ukuran voltnya brp saja?
    saya gak pnya avodigital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek pakai avometer biasa mas, mestinya bisa mas. Caranya posisikan avometer pada setingan X10. Kemudian ukur tahanan resistansi pada badan trafo 4 terminal, catat hasilnya. Cek juga pada badan 8 terminal, catat hasilnya. Terminal yg nilai tahanannya besar, itu adalah kumparan primer, nilai tahanan yg kecil, itu adalah kumparan sekunder. Setelah ditemukan k.primer, coba test dg tegangan. Ukur tegangan output sekunder dengan avometer, set di VAC 50V. Catat tegangan outnya.

      Delete
  53. nanya mas bro... kit echo agar tidak kasar dirubah apanya ya...apakah perlu rangakaiann tambahan.terus ada skema anti fedback gk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kit echo yg mana mas? Pakai transistor apa ic? 1 mic atau 2 mic? Kasar effect echonya atau suara micnya? Skema rangkaian anti fedback saya belum ketemu mas.

      Delete
  54. Mau tanya bos,, klau nyari kerusakan ampli, kalau di colokin langsung ke luar swara kaya ngegron, kaya setrum balik, itu panyakit mya di mna mas,, mkasih, yatno.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Groundnya kurang bagus mas. Coba Pakai kabel scerem untuk input dan outputnya. Kualitas trafo juga pengaruh, pakai box dari besi atau almunium agar ground bisa merata. Titik penyakitnya ya itu mas kalau ngeground.

      Delete
  55. kit echo mic pke ic pt2399 dan jrc4558...dngan input 2 mic.suara hum atau dengung terlalu tinggi solusi gmn y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kit echo 2 mic dengan ic 4558. Itu kan ada 2 mic dan 2 potensio volume mic. Jadi jika salah satu mic tidak digunakan, maka lebih baik potensio volume mic yang tidak digunakan ditutup saja. Suara hum atau dengung bisa jadi dari input mic yang terbuka, maksudnya input mic yang tidak dipakai dengan posisi volume terbuka, akan terjadi kebocoran sinyal input yang bisa menyebabkan dengung. Coba lakukan yang ini dulu mas.

      Delete
  56. mas cara membuat lingkaran pada box speàker tnpa alat mahal pakai apa mas?
    bahan multiplek 18 mm rencna pakai sub 12 inc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dulu pakai paku atau betel. Tandai dulu lingkaran speaker dengan bolpoint atau spidol. Kemudian ukur lingkaran masuk speakernya, biasanya sekitar 1 cm masuk dari lingkaran awal. Nah tanda lingkaran tadi kita paku dengan palu secara melingkar, tapi tidak nancap, setelah tanda lingkaran berlubang-lubang, baru kita gesek-gesek dengan paku sampai tembus kedalam dan lepas. Lebih enak pakai betel, tanda lingkaran tadi kita betel melingkar sampai tembus kedalam dan lepas. Pengerjaan ini membutuhkan kesabaran extra, karena prosesnya lama dan capek.

      Delete
  57. mas cara langkah membuat box speaker buat pemula gimana?

    sesuai pngalaman mas yg dlu aja klau msalah skema bsa cari di google

    ReplyDelete
  58. Replies
    1. 1. Kalau biasanya saya buat face depannya dulu, ukur dan mal speaker, mau di buat 1 atau 2 speaker. Beri spasi antar sisi speaker kurang lebih 10cm, untuk sisi kanan kiri, atas bawah 10cm. Setelah didapat ukuran panjang dan lebar face depan, buatlah dua, dengan ukuran yg sama, untuk tutup belakang box.

      2. Untuk sisi samping kanan kiri, bisa diukur tinggi face depan, untuk panjang kebelakang kurang lebih 80cm. Buatlah dua untuk sisi samping kanan kiri. Untuk penyambungan face depan dan sisi kanan kiri, Face depan dipaku samping kanan kiri, kemudian triplek samping kanan kiri di paku dibelakang triplek face depan. Untuk triplek belakang sama pemasangannya dg depan.

      3. Setelah sudah terpaku semua. Tinggal buat tutup atas dan bawah. Anda bisa ukur dulu panjang dan lebar atas box sudah jadi tadi. Setelah diukur panjang dan lebarnya tutup atas, tinggal graji, triplek tutup atas dipaku diatas, kemudian dipakukan ke semua sisi atas box yg sudah jadi. Untuk langkah tutup bawah, sama dengan diatas.

      Tips: usahakan buat lubang lingkaran dulu untuk face depan. Untuk tutup belakang buat lubang untuk konektor speaker. Usahakan penyambungan triplek menggunakan lem kayu putih sebelum dipaku, agar lebih kuat. Setelah jadi, oleskan lem kayu pada setiap sudut box bagian dalam dengan rata, agar lebih kuat dan tidak bocor anginnya, supaya lebih kedap. Untuk finishing bisa di cat atau dilapisi karpet atau lapisan yg lain. Semua itu menurut pengalaman saya mas he..he..jadi mungkin beda dengan yg lain.

      Delete
  59. mksih mas mksd box model planar gmna mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya rumit mas. Ada kok mas cari saja di internet. Box speaker dalamnya ada banyak kisi-kisi dan biasanya speaker posisinya di dalam box. Kalau saya sih gak di bidangnya mas buat box itu he..he..

      Delete
  60. hehe klau mas buat box tebalnya brp mm tripleknya? dan harganya brp?

    buat referensi saya mas

    ReplyDelete
  61. Sip mas saya memang bingung caranya ngerangkai kit mixer...dimana mana gk ada caranya cuman disini aja...terimakasih mas...proyek berhasil berkat kepandaian mas bahar ulum...sekali lagi terima kasih ilmunya..moga ALLAH membalas kebaikan mas bahar

    ReplyDelete
  62. klau harganya sekitar brp? jenis triplek atau multiplek mas?

    maaf bnyak tnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bagus pakai triplek, tapi harganya agak mahal sekitar 200rb-an. Usahakan pakai minimal ketebalan 20mm.

      Delete
  63. Mas Bahar..mixer 7 potensio ouputnya kan L/R bin Stereo, Mon outnya sudah terpakai untuk mini ampli Headset atau Rec Out. Nah saya kan merakit 2 power ampli, 1 Ampli Stereo 4000W dan 1 lagi Ampli Mono 1000W. Output mixernya kan sudah terpakai untuk ampli yang stereo, ampli yang mono saya sambung kemana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disambung ke out mixer L atau R salah satu. Jadi out L atau R diparalel salah satu, kemudian konek ke input power mono. Bisa di paralel langsung dari power satunya, tanpa ambil out dari mixer, jika power satu dan dua berdekatan.

      Delete
  64. kit mixer yg bagus kualitasnya merk apa mas?
    mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak merek mas. Saya sendiri kadang bingung milihnya. Saya sih tidak terpaku merek, asalkan sesuai kebutuhan, mau pakai berapa potensio? Cuma beberapa waktu lalu pernah ada garapan mixer, pakai mixer 6 potensio kayak gambar diatas, anda bisa lihat, sama persis kayak itu. Suaranya lumayan lantang dan mantab, baik untuk mic dan input DVD,dll. Saya gak mengharuskan pakai itu mas, cuma sekedar pengamatan saya pribadi, hasil bisa berbeda mas satu dengan yg lainnya.

      Delete
  65. mas pakai merk apa pda waktu merakit mixer? mklum hp jadul gbr gak jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tulisan di kardus mixernya. Profesional pre amp mic+tone control merek PRIMER LF231. Itu tulisan lengkapnya mas.

      Delete
  66. Mas.. saya mau tanya..kan di gambar skema yg di blog mas itu trafox 18v out x bru pakai power suplay simetri dngan out 15 v... dan saya mau pasang chenel mic tapi di papanx tertulis AC IN 12 volt bagaimana tuh mas bisa ji kah di pakai...? Makasih mas sebelumx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dulu ada ic 7815 nya gak? Jika tidak ada, maka harus dibuatkan suplay sendiri mas

      Delete
  67. Replies
    1. Bisa mas. Konek supply simetris langsung dari elconya mas, jangan lewat diode. Jika lewat diode, maka harus out dari trafo.

      Delete
    2. Waduh saya kurang mengerti mas.. maaf sebelumx

      Delete
    3. Untuk lebih mudahnya pakai trafo sendiri saja. Pakai trafo 1A dengan tegangan 12v-ct-12v. Lebih aman.

      Delete
    4. Iyya mas saya pakai trafo 1 A.. tapi di skema di atas dari trafo trus masuk ke power suplay simetris kan dari trafo 1A ada out put 12volt,15volt dan 18volt. Nah saya berpedoman dengan skema dari mas... yaitu output dari travo 18 volt masuk ke input power suplay simetrsis yang mempunyai out put 15 volt.

      Delete
    5. Atau dngan cara out put dari trafo 1A kita langsung pakai 12 volt trus masuk ke input power suplay simetris... atau bagaimana mas.. maaf mas banyak tanya

      Delete
    6. Yup pilihan kedua itu benar. Pakai tegangan 12v dari trafo, terus masuk input power supply simetris.

      Delete
    7. Trimakasih banyak mas.. blog anda sangat membantu. Dan jawaban mas sngat mudah di pahami.. smoga jadi berkah bagi orang lain mas...

      Delete
  68. Mas.. saya mau tanya..kan di gambar skema yg di blog mas itu trafox 18v out x bru pakai power suplay simetri dngan out 15 v... dan saya mau pasang chenel mic tapi di papanx tertulis AC IN 12 volt bagaimana tuh mas bisa ji kah di pakai...? Makasih mas sebelumx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi konek langsung dari elco. Tidak lewat diode.

      Delete
    2. Konek langsung ke trafo gitu mas. Nda usah pakai power suplay simetris. Karna tulisanx AC IN

      Delete
    3. Betul mas. Tapi pakai tegangan trafo 12v-ct-12v, jangan lebih, nanti elconya meletus. Jika ingin disupply dg tegangan 24v-ct-24v dari trafo, ganti dulu elco supplynya jadi 2200uf/50v x2 agar tidak meletus.

      Delete
    4. Nah terus mas.. kit yg lain contoh kit echo dtk 1 mic kan di situ INnya tertulis 12 volt. Itu kan tegangan IN DC bukan kayak tadi IN AC..cara nyambungx bagaimana mas kan dari power suplay simteris out putnya 15 volt sedangkan input dari kit echo dtk 1 mic yaitu 12 volt.... makasih sebelumnya mas bahar

      Delete
    5. Sudah saya jawab diatas mas. Pakai tegangan 12v dari trafo, terus masuk input power supply simetris.

      Delete
  69. soket(lubang) mixer nmanya dsebut apa ya mas kok beda sma di ampli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg dimaksud socket mic ya? Socket mic ada dua, ada yg bisa langsung bisa dipasang di pcb dan ada yang gak bisa.

      Delete
  70. outputnya cd kan jack nya beda gak sama jack mic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai converter jack mas. Yaitu jack converter dari RCA ke Jack Mic. Jadi gak perlu merubah jack RCAnya. Jadi nanti bentuk jack konverternya berupa jack dengan lubang RCA tapi kepalanya jack mic.

      Delete
  71. berarti output cd dsmbungkan ke soket mic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Soket mic pada mixer tersebut bisa buat Mic dan bisa bisa buat line in CD atau lainnya.

      Delete
  72. mkasih mas ada mixer dengan 2 input mic itu apa bisa buat stereo? kan gbr diatas 2 mixer buat stereonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kit mixernya hanya satu dengan 2 input mic, outputnya tetap mono. Untuk jadi stereo minimal pakai 2 kit mixer.

      Delete
  73. mas echo sperti gbr dengan echo reverb sma tdak?
    bntuknya bda jauh pas aku ke toko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda. Kalau echo hanya menggunakan 1 ic prosessor. Kalau reverb menggunakan 4 sampai 7 ic prosessor. Suara yg dihasilkannya pun beda. Kalau echo suaranya mantul. Kalau reverb suaranya gema seesss.

      Delete
  74. mas travo sma smps bagus mna buat ampli lapangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus trafo, suara lebih natural, tapi berat. Smps ringan, tegangan lebih stabil. Harga kurang lebih sama mahalnya.

      Delete
  75. Tanya mas,,, kira kira untuk mixer 2 chanel butuh dana berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga 1 kit mixer bervariasi mas. Antara 30-80rb. Kalau untuk 2 chanel kurang lebih habis 300rb-an.

      Delete
    2. Apakah dri mixer ini bsa langsung tncap ke pc? Apakah ini sdh ada phantm powernya? Katnya biar bsa mask pc harus pake phantom power biar peka... soalnya saran temen suruh pke behringer yenix usb 302 th harganya lumayan mahal..
      Soalnya sya sndiri mash blm paham soal elektro

      Delete
    3. Gak perlu pakai phantom mas. Phantom adalah injeksi tegangan +48v untuk mic Condensor, jenis mic super peka yg harus pakai tegangan phantom agar bisa berfungsi. Beda dg mic dinamic yg tegangan phantom bisa berfungsi. Jadi out dari mixer bisa langsung masuk PC lewat LINE IN. Tanpa phantom.

      Delete
    4. Nah,,, kebetulan yang ingin saya pake adalah MIc condensor samson c01,,, ada akun facebook mas?

      Delete
    5. Silahkan komentar di blog di blog atau di google plus, untuk bisa upload gambar silahkan koment di google plus, insyaalloh kalau ada waktu akan saja jawab.

      Delete
    6. maf banyak tanya. sebenarnya pahntm power itu sendiri alatnya seperti apa ya mas? apa pre amp mic yang harga 5000n di toko elektronik itu di sebut phantom power

      Delete
    7. Phantom itu bukan alat mas. Tapi Injeksi tegangan +48v ke mic condensor, biasa ditemukan di mixer built up. Pre amp mic 5rb-an itu bukan phantom, tapi preamp mic biasa yg bisa dipakai mic dinamic maupun mic condensor. Kenapa pre amp mic 5rb-an ini bisa untuk mic condensor? Karena pada input pre amp mic ini diinjeksikan tegangan supply dari tegangan pre amp mic itu sendiri, tapi tidak +48v. Jadi hasil suara juga biasa, pokoknya asal bunyi. Jadi kesimpulannya adalah, untuk membuat phantom hanya membutuhkan supply tegangan +48v agar mic condensor dapat berfungsi.

      Delete
    8. Nah, kalau gitu untuk membuat mixer 3 chanel dan yang 1 chanel di kasih suply 48 vol pake trafo apa ya? soalnya lihat di google phantom power 48 vol itu adaptornya cuma pake 18 vol,,, apa itu tidak maksimal? ataukah harus pake adaptor 10 amper?

      Delete
    9. Untuk tegangan supply phantom idealnya pakai +48v, tapi karena untuk mendapatkan tegangan sebesar itu sulit. Agar lebih mudah, maka biasanya tegangan phantom diambilkan dari supply simetris mixer, tapi yg diambil tegangan +15v nya. Gak perlu trafo besar untuk supply phantom, cukup 1A. Bisa diambilkan dari tegangan +15v mixer, atau pakai trafo sendiri. Gak harus pakai +48v untuk phantom, asalkan ada injeksi tegangan untuk mic condensor sudah cukup dan berfungsi dg baik.

      Delete
  76. berarti klau pakai smps suaranya gak natural ya?
    msih bngung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu menurut saya mas. Pengertian narural disini adalah hasil tegangan outputnya. Yang mana tegangan output dari trafo tidak mengalami perubahan frekuensi hertz, walaupun tegangan diturunkan dari 220vac ke 32vac, frekuensi tetap 50hz. Beda dengan SMPS yg mana tegangan outputnya telah mengalami perubahan frekuensi terlebih dahulu untuk mendapatkan tegangan yg diinginkan, bahkan sampai berkali lipat frekuensinya hanya untuk mendapatkan tegangan 220vac menjadi 32vac. Setelah mendapatkan tegangan 32vac, SMPS akan mengembalikan lagi ke ftekuensi standart yaitu 50hz untuk bisa dipakai perangkat elektronik. Kesimpulan, penggunaan trafo atau SMPS sebenarnya sama-sama bisa digunakan, karena tegangan dan frekuensi sudah standart dg frekuensi 50hz. Cuma yg membedakan hanya pada proses step down tegangan dari 220vac ke 32vac, yang mana trafo tidak ada proses perubahan frekuensi untuk mendapatkan tegangan 32vac, beda dengan SMPS yg harus menaikkan dulu frekuensi 50hz ke ratusan hz, untuk mendapatkan tegangan 32vac, meskipun pada out akhir smps, frekuensi dikembalikan ke 50hz. Jadi natural dan tidaknya menurut saya adalah proses ini. Jelas akan memberikan dampak pada hasil suara yang dihasilkan power amplifier, meskipun perbedaannya kecil sekali, dan hampir sama. Jadi jika dibandingkan power menggunakan supply trafo dan power dengan supply SMPS, anda tidak akan dapat membedakannya. Nahh natural tidaknya adalah karena proses perubahan frekuensi tadi.

      Delete
  77. baru ngrti mas trma ksih
    berarti terhadap output suara speaker gak ada bedanya?

    msalahnya dsini SMPS lbih murah dari travo murni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu yang menjadi pertimbangan, silahkan beli SMPS. Tapi perlu jadi pertimbangan juga bahwa SMPS menggunakan rangkaian elektronik, yang mana ada kemungkinan rusak. Trafo harga mahal, tapi awet selamanya, tahan terhadap jam kerja nonstop. SMPS buat nonstop he..he.. Siap-siap saja mas komponen rusak. Kalau SMPS sudah rusak sulit untuk diperbaiki.

      Delete
  78. ow bner mksih dah ngingetin hehe gak smpai kestu mikirnya

    ReplyDelete
  79. pemasangan led vu di out master mixer ya mas?(hehe biar bagus dilihat?
    klau harga kit led vu brp mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Paling sekitar 20rb yang 10 led dengan ic LM3915 mono. Kalau ingin stereo L R, maka butuh 2 led VU.

      Delete
  80. echo delay repeater klau gak salah nmanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas kayak echo DTK pada umumnya. Hasil effectnya mantul. Kecuali kalau reverb, itu baru beda.

      Delete
  81. kalau echo reverb di buat mantul bisa gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau reverb DTK yang pakai 7 ic masih bisa dibuat mantul, dengan cara setting VR delay per ic. Jadi ada 7 ic prosessor dengan VR delay masing-masing, nah jika ingin dibuat mantul, maka semua VR delay diputar kearah kiri, ok sudah. Kemudian buka salah satu VR delay ke kanan, ingat satu saja VR delay yg diputar, yang lain biarkan tertutup.

      Delete
  82. Mas saya kan rakit mixer sesuai skema di atas.. tapi untuk channel micx saya pakai bsx A3.. nah di situ nda ada lubang untuk efekx kayak channel2 lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibuatkan sendiri mas jalur effectnya. Silahkan tiru saja mixer yg ada effectnya.

      Delete
  83. mas klau setting mixer lewat monitor
    out ke speaker utama apa harus di putus?

    saya masih bngung dgn mixer outdoor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk setting monitor out sebenarnya cukup dengan menutup potensio master Main out. Jadi out utama akan mati dan monitor out tetap bunyi. Karena monitor out dan Main output sudah berdiri sendiri, jadi gak akan pengaruh satu dengan yg lainnya. Jika potentio main out ditutup, maka out monitor tetap menyala.

      Delete
  84. ow trma ksih

    prnah coba kit socl mas? gmna tndangan bass nya?

    ReplyDelete
  85. audio prosesor apa mas dan fungsinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya yg audio prosesor ini. Sama halnya dengan tone control, cuma ada penambahan phase controlnya, yang berfungsi untuk membalik phase input dari positif menjadi negatif.

      Delete
  86. Replies
    1. Input pada preamp ada dua yaitu inverting dan non inverting. Nah pada tone control pada umumnya hanya menggunakan salah satu sistem diatas. Input inverting atau non inverting saja. Pada audio prosesor anda bisa mengontrol input ini, mau dijadikan inverting atau non inverting. Pengaturan perpindahannya pun bisa sangat halus karena menggunakan potensio. Jadi gampangnya gini, mungkin anda pernah mendengar suara mp3 yang mendem, nah suara yang mendem ini bisa disebabkan perbedaan input ini. Dengan menggunakan audio prosesor anda bisa mengubahnya, sehingga suara bisa keluar normal. Untuk input yang normal, audio prosesor bisa berfungsi mengubah karakter suara midle lewat potensio phase ini.

      Delete
  87. input inverting atau non inverting itu gmna mas? yang saya bngung i ini hehe lainnya sdah jelas trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Input inverting adalah input pada preamp yang mengubah input aslinya, dari positif menjadi negatif(inverting), atau dari negatif menjadi positif. Jadi jenis preamp inverting akan membalik phase input aslinya menjadi kebalikannya.

      Input non inverting adalah input pada preamp yang tidak mengubah input aslinya, jadi input positif akan tetap menjadi positif, atau negatif akan tetap menjadi negatif. Jadi jenis preamp non inverting tidak mengubah phase input aslinya. Dan hanya menguatkan input asli tanpa mengubahnya.

      Delete
  88. mas biasanya di atas mic ada soket dgn 3 lubang kecil itu utk apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya socket canon atau XLR. Fungsinya sama dengan socket mic. Bedanya kalau di mixer built up, socket canon untuk mic yang bisa balance dan unbalance. Di mixer lokal sepertinya fungsinya sama seperti socket mic.

      Delete