Saturday, May 14, 2016

CARA MENYAMBUNG SERI DAN PARALEL SPEAKER

Banyak yang bertanya sambungan atau hubungan speaker yang benar itu di seri atau di paralel? Kemudian cara menghitungnya bagaimana? Nah disini kadang banyak yang belum memahami, kapan speaker itu perlu di seri dan kapan speaker itu perlu di paralel? Kemudian bagaimana menyesuaikan dengan daya dan impedansi antara speaker dan power amplifier? Berikut ini adalah cara menyambung seri dan paralel speaker.

Dalam sebuah perangkat atau instalasi sound system, pasti menggunakan speaker. Dan speaker mempunyai daya dan impedansi. Selain daya total speaker (P) yang harus diperhatikan, impedansi total speaker (Z) juga harus diperhatikan. Khususnya untuk low impedansi (speaker tanpa matching trafo). Untuk speaker high impedansi (speaker pakai matching trafo), impedansi tidak diperlukan, cukup daya total (P) saja yang diperhatikan.

Untuk memperoleh impedansi total yang sesuai dengan impedansi  amplifier, maka sambungan atau hubungan speaker dapat dilakukan dengan 3 cara :
1. Sambungan seri
2. Sambungan parelel
3. Sambungan seri-paralel

Sambungan Seri
Sambungan seri. Cara menghitungnya adalah impedansinya dijumlahkan saja dan daya juga dijumlah. Atau dengan rumus dan penghitungan dibawah ini agar lebih jelas.

Impedansi total :
Z = 8 ohm + 8 ohm = 16 ohm

Daya total :
P = 10W + 10W = 20W

Sambungan Paralel
Sambungan paralel. Jika impedansi total speaker yang diparalel sama, maka cukup impedansi salah satu speaker dibagi jumlah speakernya. Pada contoh hanya ada 2 speaker 8 ohm yang diparalel, jadi impedansi totalnya adalah 8 ohm / 2 = 4 ohm. Contoh lain, jika speaker ada 4 buah. Masing-masing impedansinya 8 ohm, maka impedansi totalnya menjadi 8 ohm / 4 = 2 ohm. Untuk daya total hanya dijumlahkan saja. Atau dengan rumus penghitungan dibawah ini.

Impedansi total :
Z = 8 ohm x 8 ohm / 8 ohm + 8 ohm = 64 ohm / 16 ohm = 4 ohm 
atau
Z = 8 ohm / 2 = 4 ohm

Daya total :
P = 10W + 10W = 20W

Sambungan Seri-Paralel
Sambungan seri-paralel adalah gabungan dari sambungan seri dan paralel dijadikan satu. Maka untuk menghitungnya, sambungan seri dicari impedansi totalnya dulu. Kemudian di paralel. Untuk daya dijumlahkan saja. Atau dengan rumus penghitungan dibawah ini.

Impedansi total :
Z seri 1 = 8 ohm + 8 ohm = 16 ohm
Z seri 2 = 8 ohm + 8 ohm = 16 ohm

Z paralel = Z seri 1 x Z seri 2 / Z seri 1 + Z seri 2 = 16 ohm x 16 ohm / 16 ohm + 16 ohm = 256 ohm / 32 ohm = 8 ohm
atau 
Z = 16 ohm / 2 = 8 ohm
Jadi impedansi total Z = 8 ohm

Total daya :
P = 10W + 10W + 10W + 10W = 40W

Diharapkan dengan mengetahui total impedansi speaker, maka tidak terjadi salah pasang sambungan speaker baik di seri atau di paralel yang dapat merusak amplifier.

Prinsip dasarnya adalah impedansi output amplifier < = impedansi speaker. Maksudnya adalah impedansi output amplifier lebih kecil atau sama dengan impedansi speaker. Artinya impedansi speaker tidak boleh lebih kecil dari impedansi amplifier. Minimal sama atau lebih besar. Semoga bermanfaat.

143 comments:

  1. kalo saya punya 2 speaker mending di seri atau di pararel ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk majid. Dilihat impedansi ohm nya dulu mas. Jika hanya punya dua speaker, dan tujuannya ingin digabung, dan impedansi ohm kedua speaker tersebut sama 8 ohm, maka lebih baik disambung seri. Dengan disambung seri, maka impedansi speaker menjadi 16 ohm, dan aman jika dipasang dengan power amplifier impedansi 8 ohm. Kecuali jika impedansi PA 4 ohm, maka kedua speaker bisa diparalel, dengan diparalel, maka impedansi speaker menjadi 4 ohm. Sehingga aman dipasang di PA 4ohm.

      Delete
    2. Mas boleh minta no hp nggak, may Tanya2.

      Delete
    3. Silahkan koment di google plus dan blog saja mas. Insyaalloh akan saya jawab.

      Delete
  2. Wadduh,bgaimana dgn PA sy,,tulisan di KITny cm 5000watt sj,sy g tw brp impedansi PA tsb,pasti klabakan tuh PA sy,cz sy pke speaker legacy 4biji tiap speaker kn DVC sy seri truz sy paralel 4speaker tsb,jdi berapa ohm tuh Mas,,2,1,/0,5ohm???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trieyanto. Saya mau jawab, tapi ada yang kurang nih mas. Untuk Impedansi power amplifier biasanya 8 ohm. Untuk impedansi speaker saya belum bisa jawab, karena belum anda sebutkan berapa impedansi setiap speaker? Berapa wattnya setiap speaker? Apakah single coil atau double coil? 4 buah speaker tersebut apakah sama tipenya? Nah itu sampeyan lengkapi dulu, baru bisa saya jawab.

      Delete
  3. Ok Mas,nih spec speakernya,LEGACY 8" 4biji sama tipenya,max power masing² 200watt di body mgnet terlulis impedansi 2/4/8ohm,truz tu masing² speaker kn DVC (double voice coil), tiap speaker sy seri truz sy paralel tuh speaker 4biji cz PA sy BTL 5000watt (tulisane di KITnya),untuk PS trafo era 15A..

    ReplyDelete
  4. Untuk trieyanto. Jika speaker double coil biasanya hanya bisa bermain di impedansi 4 ohm dan 8 ohm. 4 ohm jika spul dihubung paralel. 8 ohm jika spul dihubung seri. Kita pakai acuan ini saja biar gampang. Jika setiap speaker spulnya dihubung seri, maka impedansi setiap speaker menjadi 8 ohm. Jika 4 speaker dihubung paralel maka impedansi speaker menjadi 8/4=2ohm. Jadi impedansi speaker jika diparalel semua menjadi 2 ohm. Jika anda mau aman, maka usahakan impedansi speaker menjadi 8 ohm. Caranya adalah 2 speaker dihubung seri dan 2 speaker lagi dihubung seri. Kemudian kedua speaker yang dihubung seri tersebut dihubung paralel. Jadi ketemunya adalah (8ohm+8ohm=16ohm)(8ohm+8ohm=16ohm)
    Jadi dua impedansi speaker masing-masing menjadi 16ohm. Kemudian diparalel menjadi 16/2=8ohm. Jadi impedansi total speaker sekarang menjadi 8 ohm.

    ReplyDelete
  5. Mksh ms Mas atas pncerahne,,pnh maen di 8ohm Mas,tp bass g bisa GLERRRR,mungkin speaker hruz di balik bru bisa glerrr posisi magnt di luar box,conus mnghdp kdlm box salon,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trieyanto. Sory mas saya koreksi lagi jawaban saya mengenai impedansi ohm diatas. Benar apa yang sudah sampeyan lihat di body magnet speaker legacy impedansi 2/4/8 ohm. Jadi speaker dobel coil bisa bermain di 2 ohm, 4 ohm dan 8 ohm. Impedansi 2 ohm jika spul dihubung seri, 4 ohm jika spul dipakai salah satu, 8 ohm jika spul dihubung seri. Nah ini yang benar mas. Maaf salah tulis. Soalnya lagi gak fokus he..he...

      Delete
  6. Hehe santai wae Mass,,blogger kn jg Manusia,,,berti sy maen di 2ohm ya mas,kn masing" speaker tak seri = 8:4=2,,tp sy nyetelnya gk sk kenceng kok mas,cz selera kuping sy tuh musik yg soft,tp bass nendang,,klo sandenya PA sy jbol apanya ya Mass,TR Final ya,,ni rencana mw pasang sanken 8biji lg,mkny kmren di postingan "paralel TR" sy tny pke R berapa,n dh Mas Jwb smuanya,,trim,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan saya salah tulis lagi hadeeehhh... jadi 2 ohm jika spul coil di hubung paralel. Seandainya PA nya jebol?? Ya enggak lah mas. Ya gak harus tr final yang jebol, dilihat dulu penyebabnya. Tapi kalau tr final sanken menurut saya sangat kuat dan awet jarang rusak, kecuali dipaksa untuk tegangan tinggi.

      Delete
  7. Ok Mass,trim,tr klo ad prtyaan tk mmpir lg di Blog Mas Bahar,,cz bru gila audio nih,tp trhlng budget..

    ReplyDelete
  8. Mas mau nanya ni.. aku kan punya power stereo 300 wat.. trus rencana yang L aku kasih speker 12 in 8 ohm.. trus yang R aku kasih 6 in sebanyak 2 buah semua 8 ohm.. sebaiknya nyambungnya gimana,,?? .biar suaranya seimbang.. kalo aku punya rencana yang 6 in dua buah aku seri.. kasih solusi mas.. soale rencana di buat speker aktip untuk yasinan dilingkunganku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Ya sudah benar mas penyambungannya. Untuk speaker yang 6" disambung seri menjadi impedansi 16 ohm, tapi suara lebih pelan. Jika disambung paralel impedansi menjadi 4 ohm, suara lebih keras, sehingga memungkinkan untuk mengimbangi speaker yang 12".

      Delete
  9. mas, bisa digambarkan impedansi 8 ohm untuk dobel coil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk alessa. Maaf baru balas. Untuk speaker dobel coil, setiap satu spul coil mempunyai impedansi masing-masing 4 ohm. Jika ingin kita dijadikan impedansi 8 ohm, maka tinggal kita hubung seri saja kedua spul coilnya. Penyambungannya adalah kutub positif spul(1) konek ke kutub negatif spul(2). Jadi sekarang kutup negatif ada di spul(1) dan kutup positif ada di spul(2).

      Delete
  10. cara mengetahui ampli nya 8 ohm gmna mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah mencari sumber referensi tentang hal ini, tapi tidak ada yang membahas secara detail dan mudah. Memang untuk mengetahui impedansi sebuah amplifier, dibutuhkan alat impedansi meter dan L,C meter, karena berhubungan dengan induktansi dan rumus formulanya. Nah yang satu itu yang bikin males mikir. Menurut saya secara sederhana, Sebuah PA OCL bukan OTL itu bermain di impedansi 8 ohm, jangan tanya darimana hasilnya? Karena PA tidak menggunakan trafo impedansi. Untuk power jenis OTL yang menggunakan trafo impedansi, bisa bermain di berbagai impedansi, tergantung jumlah lilitan trafo impedansinya, ini membutuhkan rumus untuk menghitungnya. Jadi secara garis besar, power yang beredar di pasaran umumnya bekerja di impedansi 8 ohm. Itu menurut saya mas. Mungkin ada pendapat lain silahkan di share disini.

      Delete
  11. Pak Bahar mohon petunjuknya, untuk pemasangan tweeter di mobil, bolehkah langsung dikonek ke speaker depan? (Tweeter kiri konek speaker kiri dst) terima kasih


    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yerri. Jika yang dipakai tweater untuk mobil, maka boleh dikonek langsung. Tapi jika jenis tweaternya biasa, bukan untuk mobil, maka perlu ditambahkan kapasitor filter dulu. Tapi jenis tweater sekarang kebanyakan sudah ditambahkan kapasitor filter, jadi gak perlu ditambahkan kapasitor lagi.

      Delete
  12. Mas mau tnya nih.. gmn taunya PA yg pke matching trafo ato yg tidak? Saya baru bli power mixer merk bowel output 2x200 watt.saya punya speaker cannon 12 inch 4 buah. Bgus L dan R bagus dipasang seri ato paralel mas? Kalo seri jdi 16 ohm tpi suaranya pelan.. Klo dipasang paralel jdi 4 ohm suaranya kuat tpi kurang aman ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fadhli. Untuk mengetahui PA yang menggunakan trafo matching atau tidak? Cara mudah dan gampang adalah dengan melihat impedansi output PA tersebut. Jika PA menggunakan trafo matching, biasanya ada pilihan impedansi dg ukuran besar, contoh impedansi 500ohm, 1Kohm. Pada PA tanpa trafo matching, biasanya ada satu atau dua impedansi, yaitu impedansi 4 dan 8 ohm. Untuk koneksi speaker di paralel saja, biar kuat suaranya, meskipun bermain di impedansi 4 ohm, menurut saya PA masih mampu. Tapi jika anda ragu, di hubung seri saja biar aman.

      Delete
  13. Tks mas jwbanny.. Klo boleh tanya lagi klo misal 2 speaker 12 inch dipasang paralel nah ditambah satu tweter model BMB tertulis 5 ohm klo dpasang paralel lgi berarti mkin kecil tahanannya.. Tpi byak juga speaker rakitan susunsan speaker sperti itu Dngan 3 speaker 2 speaker woofer dtmbah 1 tweeter, kira2 gmn tu susunan rangkaianny mas bahar..? Atau mereka tidak mempertimbangkan tahanan speaker.. Maaf Mas klo terlalu panjang he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spaaker rakitan memang koneksi speakernya di paralel semua. Dengan di paralel, maka impedansi ohm speaker akan jadi kecil. Jadi tidak butuh PA besar untuk mendrive speaker tersebut. Dengan watt PA kecil, sudah bisa menghasilkan suara lantang dan ringan. Jika anda rencana menambah tweater, di sambung paralel saja. Untuk impedansi ohm yang dijadikan patokan speaker yang besar. Untuk impedansi tweater gak usah di pakai.

      Delete
  14. Jdi untuk tweter ga dperhitungkan thanannya ya mas... Ok sip tks infonya mas sangat brmanfaat

    ReplyDelete
  15. mas saya mau nanya saya mempunyai speaker subwofer mobil 12" (4ohm ) 4 pcs dan tweeter 8 ohm 2pcs dalam satu box isinyaa 2 subwofer dan 1 tweeter dengan PA 300 watt bagaimana seharusnya rangkaian speakernya di seri, pararel atau seri pararel thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya posting disini mas http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/sambungan-seri-dan-paralel-2-speaker.html?m=1 . Usahakan total impedansi 2 speaker tersebut jadi 4 ohm. Kalau speakernya dobel coil, maka harus di seri dulu setiap speaker, kemudian kedua speaker tersebut di paralel. Untuk lebih jelas, silahkan di lihat lagi di link diatas.

      Delete
  16. Saya punya 1 speaker 8inch, ada terminal di 2 sisinya.. Mungkin itu speaker dobel coil ya? Sampai sekarang g pernah bisa bunyi.. Soalnya g tau cara pasangnya... Apakah speaker tersebut rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya posting di sini cara pasangnya http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/10/sambungan-seri-dan-paralel-speaker.html?m=1

      Delete
  17. salam...bg bahar senior ku.bg aku punya
    speker 18 inc 4bh
    15inc 8bh.smuanya merk JBL original USA.
    2bh power behringer EP4000
    2bh equalizer behringer
    mixer yamaha MG16XU.
    dan 2bh power peavey CS1000 utk cadangan.
    mohon bang senior cara penginstalan dan pemasangan cable seri paralel speker yg benar dan pastinya mantap.maklum bg adek abg formula.tq ya abg ku.by Meteor di batam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komposisi box speakernya bagaimana mas? Satu box isi satu speaker atau satu box isi 2.

      Delete
    2. 4box 18 inc masing2 isi 1 speker dalam 1box.(JBL MRX500)
      2box 15inc isi 2speker dalam 1 box. (JBL TRX 125)
      4box 15inc isi 1speker dalam 1box (JBL EON)
      ini bg komposisi spekernya tq.

      Delete
    3. Wooww speakernya mantap sekali mas. Ok. Ada beberapa kombinasi, menurut saya penataannya sebagai berikut:

      1. MAIN OUTPUT
      Pakai 1 power behringer EP4000 untuk beban sbb:

      Untuk chanel L. 1 box JBL MRX500 disusun dengan 1 box JRX125, jadi ada 2 tumpuk box untuk chanel L, semua speaker dihubung paralel.

      Untuk chanel R. Komposisi sama dengan diatas. Penataan bisa digabung atau dipisah.

      2. MONITOR OUTPUT
      Pakai 1 power behringer EP4000 untuk bebab sbb:

      Untuk chanel L. 1 box JBL MRX500 dtambah dengan 2 JBL EON. Semua speaker dihubung paralel. Penataan JBL eon bisa pakai tiang dan jbl mrx500 dibawahnya.

      Untuk chanel R. Komposisi sama dengan ch R.

      Untuk kombinasi lainnya, bisa anda kreasikan sendiri mas. Yang penting pembagian beban output untuk chanel L dan R seimbang. Untuk equalizer silahkan dibagi saja. Satu equalizer untuk satu Power ampli.

      Delete
  18. bang mw tanya,ni saya pake ampli 200watt mono,rencana dpasang 2speaker ohm. salah 1 speaker tulisanx 200watt dan satux 120 watt. cara pasangx pake paralel ap seri? dan mohon masukannya bila ada tips2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya 2 speaker saja, maka disambung paralel saja speakernya. Karena wattnya kan beda, jika diseri salah satu speaker akan pelan.

      Delete
  19. wah,, makasih kang bahar,siap dcoba. smoga lancar jaya buat kang bahar. amin

    ReplyDelete
  20. Apa kerugian dan keuntungan pasang speaker dg rangkaian seri??
    Saya sempat googling,,katanya dengan rangkaian seri,akan ada distorsi. Apa itu distorsi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerugian suara lebih pelan karena penambahan impedansi dari 8 ohm jadi 16ohm. Keuntungan speaker tidak mudah jebol karena impedansinya besar 16ohm. Tidak ada pengaruh sama sekali terhadap hasil suara, apalagi keluar distorsi, gak ada hubungannya sama sekali. Mungkin yang dimaksud distorsi disini suaranya jadi serak. Jika itu masalahnya, bukan karena hubung serinya, tapi mungkin spul speaker geser.

      Delete
  21. Mas, saya mau tanya.saya punya 2 buah box speaker. masing2 box terpasang 1 speaker 15" 8 ohm, 1 speaker 12" 6 ohm, dan 2 tweeter 4 ohm, gmana cara merangkainya mas biar aman, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, saya punya PA 2 x 500 outputnya 8 ohm

      Delete
    2. Karena semua speakernya beda ohm, maka lebih baik di paralel saja mas semua speakernya. Karena jika diseri, suaranya akan tidak imbang, yang impedansi kecil suara akan lebih keras, impedansi besar suara lebih pelan. Jika di paralel, suara speaker 15" akan terbantu lebih keluar dan imbang.

      Delete
  22. nanya lagi mas, kalau diparalel kira-kira impedansinya berapa mas?, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kita ukur hanya impedansi speaker 15" dan 12", untuk tweater gak usah dihitung, karena ada filter kapasitornya. Jadi yang dihitung adalah lilitan spul dan lilitan spul. Baik, berarti ada impedansi 8 dan 6 ohm, kemudian kita hubung paralel, maka hasilnya adalah 8x6/8+6=48/14=3,42 ohm. Jadi impedansi total adalah 3,42 ohm.

      Delete
  23. Mas, saya pake ampli Yamaha PA7000 dan 4 speaker Proel 300 watt 8 ohm.
    Saya pasang masing2 2 biji di tiap channel.
    Koneksi semua pake speakon, karena di setiap speaker ada koneksi speakon, baik untuk input ato output.
    Yang saya tanya, di terminal speakon tertulis LINKED. Saya tdk tau apa sambungan di linked output itu seri, paralel, ato seri paralel ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tahu mas. Mestinya ada gambar diagram penyambungannya di boxnya. Ada dua jenis penyambungan speakon.

      SPEAKER CABLE 2-WIRE:

      PIN 1+ PIN 1+: +LIFE
      PIN 1- PIN 1-: GROUND
      PIN 2+ N.C.
      PIN 2- N.C.

      SPEAKER CABLE 4-WIRE:

      PIN 1+ PIN 1+: +LIFE CHANNEL 1
      PIN 1- PIN 1-: GROUND CHANNEL 1
      PIN 2+ PIN 2+: +LIFE CHANNEL 2
      PIN 2- PIN 2-: +GROUND CHANNEL2

      Delete
  24. mas mau tanya cara istalasi speaker.
    saya punya box. 15,12,sama 8 inci ini mau di pararel atau di seri. atau di seri-pararel bagusan mna yach mass.
    mohon bantuan.x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau speaker cuma itu, diparalel saja semuanya mas.

      Delete
  25. Pagi gan mau tanya sy punya 2 power 1 PCA ref 660.4(4x100watt); 2 Power Mrz 8000watt...speaker 3 pasang,1 bawaan mobil; 2 speaker mrz 300watt, 3 speaker skeleton 200watt...3psg twetter...1psg midrange...& 2 subwoofer mohawk 12 inch...mohon pencerahan cara instalasinya supaya bisa terdengar kualitas suaranya baik trible/bassnya...mau pake monoblock budgetnya minim om,hehehehe...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow banyak banget komponennya. Mumet juga saya mas, pasangnya kayak apa? Gini saja untuk power 4x100w konek ke semua speaker kecuali subwoofer, cara pasang tinggal bagi saja speakernya. Power mrz 8000w konek khusus untuk 2 speaker subwoofer. Untuk input kedua power diparalel saja.

      Delete
    2. Wkwkwkwkwk...siap om,memanfaatkan speaker yg udah trlanjur kebeli om,,,hehehehe,,trima kasih pencerahannya...tambah pengetahuan sy om,mmg bener2 detail penjelasannya..jossss mantap

      Delete
    3. Mau tanya lagi om,gimana cara menyambungkan 2 power supaya bisa support ya?

      Delete
    4. Support maksudnya? Kalau input 2 power digabung bisa mas, tapi output tidak bisa digabung mas.

      Delete
  26. mau tanya om...impedansi untuk mobil bs tdk di pasang di PA rumahan...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, tapi vol power jangan terlalu keras, karena speaker mobil biasanya lebih ringan daripada speaker rumahan dari segi impedansi. Maksudnya jika volume power dibuka seperempat, pada speaker mobil akan terdengar lebih keras dibanding speaker biasa, karena impedansi speaker mobil lebih kecil. Impedansi speaker mobil biasanya 4ohm, sedangkan speaker biasa impedansinya 8ohm.

      Delete
  27. Salam kenal mas,mau nanya nih,kalau jalur R L di speaker aktiv digabung bisa gak?stereo jadi mono kira2 gitu. Mohon bantuannya mas. Mksh sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jalur output speaker gak bisa mas. Anda bisa pakai salah satu saja yang R atau L, jika ingin mono. Yang bisa digabung adalah jalur inputnya, jika ingin dibuat mono, tinggal gabung saja inputnya, sudah jadi mono.

      Delete
  28. Mas blh tnya tdk pa saya 8ohm..mw saya pakai speker 6 ohm pengaruh tdk...klw pengaruh bgaimna saya bs mendapt kan 8 ohm pa yg hrs saya tmbh kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pengaruh mas. Bedanya speaker 6 ohm suara akan terasa ringan jika pakai PA 8 ohm. Tapi usahakan jangan terlalu keras nyetelnya. Idealnya memang impedansi speaker harus lebih besar dari impedansi speaker, minimal sama. Tapi untuk keperluan dirumah dan pemakaian standart, menurut saya gak masalah. Atau jika anda ingin menambah impedansi speaker, maka harus ada 2 speaker dengan impedansi 6 ohm yang dihubung seri, sehingga mendapatkan impedansi speaker 12 ohm.

      Delete
  29. Pengaruh tdk mas saya pakai speaker 6 ohm sedangkan power ampli nya 8 ohm

    ReplyDelete
  30. Salam Audio mas, saya sedang memperbaiki speaker floorstanding dengan 4 woofer @4 inch/4 ohm, dan 1 tweeter,, rangkaian tipe apa yg cocok ya mas agar didapat suara yang maximal ? Apa tdk merusak amplifier jika di pararel 4 woofer ?Mengingat amplifier impedensinya 8 ohm ? Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena jumlah speaker ada 4 buah masing-masing impedansi sama 4ohm, maka koneksi yang aman menurut saya adalah 2 speaker diparalel dan 2 speaker diparalel, kemudian gabungan 2 speaker paralel tadi dihubung seri, sehingga didapat impedansi total 4 ohm. Untuk tweater langsung diparalel saja. Menurut saya masih mampu pakai PA 8 ohm. Daripada speaker diparalel semua, dapat impedansi total speaker 1 ohm, sangat rawan jika pakai PA 8ohm.

      Delete
    2. Terimakasih atas masukannya pak, nah bagaimana jika 4 speaker @4ohm tadi dihubungkan seri semua pak ? Apa benar jika ditambah spul diantara speaker tsb didapat impedensi di kisaran 8ohm ? Terimakasih

      Delete
    3. Nah betul sekali jika ingin diseri semua, maka impedansi speaker total adalah 16ohm, ini yang rekomended untuk PA 8ohm. Cuma kendalanya impedansi 16 ohm hasil suara lebih pelan dibanding hasil sambungan 4 ohm diatas. Wah kalau itu ngawur mas, gak ada gunanya jika ditambah spul doang, buat apa? Justru yang benar adalah diberi trafo impedansi. Tapi anda gak perlu sampai berpikir kesana. Yang disambung saja baik paralal atau seri untuk mendapatkan impedansi 8 ohm atau diatasnya. Masalahnya 4 speaker anda diatas tidak bisa dikoneksi untuk mendapatkan impedansi 8 ohm, hanya bisa dikoneksi total 4 ohm dan 16 ohm. Pilih salah satu. Kalau 4 ohm suara lebih keras, tapi hati-hati.

      Delete
  31. Ikut nimbrung mas
    Rencana mau beli speaker subwoofer 4ohm 12inc.
    yang sudh ada 2 buah acr curve 8ohm
    rangkaian seperti ap yg bagus agar suara pada subwoofer nya bisa berfungsi baik.
    atau saya harus beli 2 subwoofer 4ohm agar bisa diserikan?
    terima kasih bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speaker subwoofer biasanya sudah double coil, bisa bermain di 4 ohm dan 8 ohm, tergantung koneksi spulnya. Kalau mau 4 ohm, maka kedua spul pakai salah satu saja. Jika ingin impedansi 8 ohm, maka kedua spul dihubung seri. Rangkaian power biasa, tapi ada tambahan low pass filternya untuk subwoofer.

      Delete
  32. Mau tanya mas.. sma punya speaker 8inch 2 buah yg satu 40watt 8ohm dan yg satu 80watt 4ohm.. baiknya di pararel apa seri ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena beda watt, maka lebih baik di paralel saja. Kalau diseri, suara speaker tidak bisa imbang, salah satu speaker akan kalah, karena beda watt.

      Delete
    2. Jadi hitungan ohm yg di dapat brp ohm om klo di pararel ?? Apakah jdi 6ohm

      Delete
    3. Maaf baru balas. Hasilnya kalau diparalel adalah 8x4/8+4=32/12=2,6ohm. Jadi jika diparalel speaker tersebut impedansinya jadi 2,6 ohm.

      Delete
  33. Mas , ampli toa 120 watt mengerakkan 7 speaker wofer 17 " 350 watt cocok gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Ampli TOA kurang cocok untuk speaker biasa. Cocok untuk speaker corong atau Horn, karena impedansi tinggi. Tapi bisa juga kok power Toa dikonek menggunakan speaker biasa, gunakan konektor output speaker yang 8 ohm, bukan yang Volt. Karakter power Toa itu flat, kurang cocok untuk speaker woofer. Kalau hanya sekedar bunyi gak masalah mas.

      Delete
  34. Mas.. Power saya 2x500w RMS 8ohm, 2x700w RMS 4ohm, speaker audioseven 12" 350w 8ohm 4biji gimana pemasanganya untuk suara mid, apakah mampu power saya mas... Suwun..thanks..

    ReplyDelete
  35. Maaf sy mau nanya sy pasang sirine dimobil selama ini sy pakai 1 speaker 8 ohm sering jebol
    Trs sy mau coba jadikan 16 ohm masing2 25 watt kira kira bisa bertahan ngga tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari 8 ohm jadi 16 ohm, harusnya lebih kuat, karena impedansi lebih besar.

      Delete
  36. Mas saya mau nanya sya punya speaker 12"ads 300 watt 2buah dan 15"acr500 watt 2 buah apakah bisa dipasang smua di power 10@ dan rangkaian dibikin apa..? Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kedua speaker sama waat nya maka bisa diseri. Kalau PA stereo, maka bisa disusun 1 spk 12" paralel 1spk 15" untuk chanel L, untuk chanel R sama komposisinya. Atau 2x12" paralel untuk chanel L dan 2x15" untuk chanle R.

      Delete
  37. Cara mencari nilai impedansi power caranya gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahui impedansi power amplifier, memang saya belum tahu caranya bagaimana? Selama ini sebatas pengetahuan bahwa semua jenis power OCL berimpedansi 8 ohm. Dan jenis power OTL atau yang menggunakan trafo impedansi, contoh power TOA, mempunyai beragam impedansi output, mulai impedansi rendah 8 ohm dan impedansi tinggi 400 ohm sampai 1000 ohm. Jadi gampangnya jika power tidak ada trafo impedansi, maka power tersebut berimpedansi 8 ohm he..he.. Pada umumnya power yang dijual dipasaran berimpedansi 8 ohm. Jadi menurut saya gak perlu mencari berapa impedansi power tersebut? Tinggal lihat jenis powernya, pakai OCL atau OTL?

      Delete
  38. mas q mau nanya ne,,q punya mixer buatan malaysia yang ada smbung ke speakernya dan 1 parametrix, sdangkan speakernya ada 8,,4 yg 12", 4 yg 15 ", sambungnya yg bagus mas apa seri atau pararel,,dan q rencana smbungnya yg 12" smbung ke R dan 15" di L

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anda koneksi seperti itu speaker 12" ke R dan 15" ke L, sebenarnya gak masalah, tapi anda gak bisa bermain stereo, karena kedua channel L R speakernya tidak sama, maka anda harus menyalakan kedua channel tersebut, akibatnya suara jadi mono. Tapi ada nilai plusnya juga jika disambung seperti itu, anda bisa mengatur secara terpisah besaran volume speaker 12" dan 15", jadi jika ingin vokal lebih, maka anda tinggal angkat volume speaker 12" dan vol speaker 15" tetap, atau jika ingin bass lebih, maka anda tinggal angkat volume speaker 15" dan vol speaker 12" tetap. Jika anda ingin bermain stereo, maka syaratnya adalah kedua channel L R harus sama beban dan jenis speakernya, jadi jumlah speaker anda bagi dua. Untuk channel L pakai 12"x2 tambah 15"x2. Begitupun dengan channel R pakai 12"x2 tambah 15"x2. Semua speaker dihubung paralel saja mas. Nah silahkan anda pilih sambungan speakernya sesuai selera anda he..he.. Dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

      Delete
  39. agar lebih bagus bassnya dan bersi bunyinya mas smbungnya harus pake pararel atau seri,,makasih sblmbya mas

    ReplyDelete
  40. dimixernya saya mas ada tulis out put 1 4-16 ohm, output 2 8-16ohm,,yg bagusnya pake 1 atau 2 mas tuk sambung 8 speaker yg tdi mas, dan artinya apa tu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada dua output, output 1 dengan impedansi 4 sampai 16ohm, kemudian output 2 dengan impedansi 8 sampai 16ohm. Pilih yang mana? Sama saja. Pakai dua-duanya juga gak masalah.

      Delete
  41. bukan ohm tadi mas tapi ipedancenya,,jgn marah mas

    ReplyDelete
  42. mksd sya tdi mas,,apa pake output yg 4-16 atau yg 8-16 yg bagusx untuk 8 speaker,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena range impedansinya hampir sama 4-16ohm dan 8-16ohm, menurut saya Sama saja mas. Mana yang bagus? Kalau saya pilih yang output 2 dengan impedansi 8-16ohm.

      Delete
  43. -Saya punya 1 speker mobil rms 250 watt,max powernya 1000 watt
    -trafo yg mau saya gunakan 5A besar..kira kit power yg saya gunaka brp watt biar 1 speaker itu mantap?? 400 watt atau 600 watt atau 800 watt...transistor final nantinya saya belikan sanken brp biji ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya untuk 1 speaker, maka gunakan power 400 watt dengan tr final sanken satu set saja cukup. Untuk tegangan pakai 32v-ct-32v dari trafo.

      Delete
  44. Kang Bahar, ane punya speaker aktif 200 watt 1k ohm,ane mau tambahin speaker 5watt dua buah 16 ohm. Instalnya gmna ya, kok pas saya pasang di volume tinggi jadi distorsi gtu. Mohon ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan karena beda impedansi mas. Itu apa benar impedansi powernya 1K ohm?

      Delete
  45. Salah baca kang, ternyata input impedansinya 2k. Biar speaker yg 16 ohm itu jernih gmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena impedansi speakernya 16 ohm, coba dihubung paralel mas, kedua speaker tersebut. Agar jadi 8 ohm.

      Delete
  46. Mas Bahar, mau tanya nih, saya newbie di dunia sound system jd sebelumnya harap maklum kalau pertanyaan saya standar bgt. Jadi bagaimana kita menentukan berapa banyak kebutuhan speaker yang diperlukan untuk suatu area atau hall supaya suara bisa rata menyebar dan terdengar dengan jelas dan jernih?
    Terimakasih sebelumnya mas Bahar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga bukan ahlinya mas untuk menentukan itu. Tapi menurut yang pernah saya baca, untuk suatu ruangan yang besar, maka dibutuhkan lebih banyak speaker yang dipasang pada setiap beberapa meter, dengan tujuan untuk mengurangi effect gema dan memperjelas suara yang dihasilkan. Nah rumusnya ini yang saya belum tahu mas. Selama ini mengandalkan percobaan langsung dilapangan. Jika suara kurang jelas dititik tertentu, berarti perlu ditambahkan speaker diarea itu. Dan yang paling mendasar adalah jangan memasang speaker menghadap ke mic, usahakan semua speaker menghadap keluar atau membelakangi mic, dengan tujuan supaya tidak feedback.

      Delete
    2. Mohon pencerahannya mas Bahar, misalkan ada area P X L seluas -/+ 120 meter X 48 meter berbentuk kotak persegi apakah perangkat audio seperti berikut sudah mencukupi mas :
      4 unit speaker merk toa type ZS2000BM 60watt
      1 unit amplifier merk toa type ZA2240 240watt

      Atau mas Bahar ada rekomendasi perangkat yang lain untuk mengcover area seluas tersebut mohon infonya.

      Delete
    3. Menurut saya kurang mas speakernya. Untuk area depan kita bagi dua 48m/2=28m, 2titik pojok kanan-kiri pasang speaker, kemudian dari titik pojok ke tengah 10m pasang speaker lagi, jadi ada 4 speaker di area depan, silahkan anda bagi sendiri posisi speakernya. Untuk area panjang ke belakang 120m kita bagi 4, jadi 120/4=30, jadi setiap 30m kebelakang pasang speaker pada kanan kirinya. Jadi ada 3 speaker sisi kiri dan 3 speaker sisi kanan. Yah itu perkiraan saya mas, lebih pastinya bisa anda lihat di lapangan. Intinya jangan sampai jarak antar speaker terlalu jauh, dapat menyebabkan gema, sehingga suara tidak jelas terdengar. Mungkin untuk ampli bisa ditambah satu lagi mas. Area depan 1 ampli dan area samping kanan-kiri 1 ampli.

      Delete
    4. Terimakasih atas sarannya mas. Misalkan merk, type atau jenis speakernya diganti dengan yang power nya lebih besar adakah rekomendasi mas? Karena jika total speaker yang diperlukan sampai 10 unit terlalu banyak nanti over bugdet mas. Untuk amplifier nya mengikuti speaker yang powernya lebih besar 1 unit saja adakah juga mas?

      Terimakasih.

      Delete
    5. Jika budget minim, anda bisa pakai speaker biasa dan box biasa. Speaker pakai 8" semua dengan box biasa untuk speaker 8". Sekarang kan sudah punya 1 ampli toa dan 4 speaker toa. Nah 4 speaker toa tersebut busa dipasang di are depan, untuk speaker rakitan 8" nanti untuk area samping kanan 3 speaker 8" dan kiri 3 speaker 8". Untuk powernya anda bisa buat rakitan PA 400w dengan trafo 10A.

      Delete
    6. Mohon pencerahannya lagi mas Bahar, semoga tidak bosan dengan pertanyaan-pertanyaan saya yang banyak ini.

      Apakah perbedaan dari beberapa hal berikut yang saya temukan dalam spesifikasi beberapa speaker al :
      1. Max Input Power
      Continuous : 240W
      Program : 480W
      2. Daya Input Maks. (imp.rendah) 120W (continuous pink noise)
      Input Rata-rata (imp.tinggi) 60W
      3. Power Handling Capacity
      60W (continuous pink noise)
      180W (continuous program)
      4. Rated Impedance
      8Ω
      100V line : 170Ω (60w), 330Ω (30W), 670Ω (15W), 3.3kΩ (3W)
      70V line : 83Ω (60w), 170Ω (30w), 330Ω (15W), 670Ω (7.5W), 3.3kΩ (1.5W)

      Demikian yang saya tanyakan, semoga mas Bahar berkenan untuk menjelaskan sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

      Delete
    7. Saya bukan guru mas he..he.. untuk bisa menjawab semua pertanyaan diatas. Tapi akan saya coba jawab menurut kemampuan saya.

      1. Speaker tersebut mampu pada daya 240watt secara terus-menerus on time tanpa henti. Dan tahan dengan daya sampai 480watt secara berkala/sekali-sekali.

      2. Impedansi rendah 8ohm bisa mampu sampai 120w (continuous pink noise) kurang paham istilah itu mas. Daya rata-rata jika pakai high impedansi mampu sampai 60watt.

      3. Power yang mampu di tangani sampai 60watt secara on terus tanpa henti. 180watt secara berkala/sekali-sekali.

      4. Macam output impedansi 8ohm untuk impedansi rendah. 100V line dll dibawah itu adalah out impedansi tinggi. Kedua jenis output ini, impedansi rendah dan impedansi tinggi tidak bisa dipakai secara bersama, akan menyebabkan power rusak. Jadi kalau sudah dipakai untuk out impedansi tinggi, maka out impedansi rendah tidak boleh digunakan.

      Delete
  47. mas mau tanya satu amplifier 150 mono di kasih 3 speaker 12" 400w 8ohm (dua buah) 15" 500 8ohm (satu buah) kira2 cocok di seri atau parallel? dan itu power amplifier nya kuat ndak??
    mkasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr finalnya pakai apa? Jengkol atau sanken? Menurut saya masih mampu, walaupun memang agak maksa he..he.. Koneksi speaker di paralel saja semua, biar enteng. Kalau bisa tr final pakai sanken, biar ngangkat. Kalau sudah terlanjur pakai jengkolan, ya gak masalah, coba saja mas, masih mampu.

      Delete
  48. Mau tanya Mas,gmana sambungan yg baik utk 3 spkr woofer dalam satu box,impdnsi spkr 8 ohm semua,impdnsi PA min 4 ohm.kalau bisa kasi gambar tw coretan Mas.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena jumlah speaker cuma 3 dalam satu box, maka lebih baik diparalel semua saja mas, biar imbang. Kalau nanti diseri, hasil impedansi terlalu besar, jika dibagi dua, juga tidak mungkin, lah wong speakernya cuma 3. Kalau speaker ada 4 dalam satu box, mungkin bisa dibagi dua-dua. Untuk koneksi diparalel biasa, semua kutub plus speaker dijadikan satu, kemudian kutub negatif speaker dijadikan satu, kemudian plus dan negatif dari gabungan tadi konek ke plus dan negatif ampli. Usahakan kutub jangan sampai terbalik antar speaker.

      Delete
    2. Ya Mas,tp jumlah impedensi speakernya jd sedikit Mas(8:3= 2,6 ohm).sementara rekomdsi PA min 4 ohm

      Delete
    3. Atau saya ganti, 2 woofer dan 1 subwofer dalam satu box,tanpa sekat antara wofer dan subwofer.kira2 boleh dan aman gak Mas

      Delete
    4. Ya gak masalah mas, tapi ya tetap saja impedansi total jadi 2,6 ohm.

      Delete
  49. Ok mas,trima kasih banyak masukannya

    ReplyDelete
  50. misi mas mau tanya
    Saya ada radio tape sharp simba, di spesifikasi tertulis memiliki daya keluaran PMPO 1500W, RMS 40W (20W+20W), dan Speaker 6 Ohm [Amplifier]
    serta spek speaker daya max 40W, rata" 20W, dan impedansi 6 Ohms
    Nah kan dibagian belakang tape tsb ada lubang utk menyambungkan speaker 4bh (kiri 2(+-) dan kanan 2(+-))(merah-hitam)
    dan kebetulan saya jg ada bekas speaker mobil nganggur (kiri-kanan), setelah saya ukur dgn multimeter, memiliki impedansi sekitar 8-10 Ohm

    Nah kira" kuat dan/atau bakal ada masalah ga yaa jika saya menggabungkan speaker bawaan dgn speaker mobil tsb (jadi 4 colokan yg buat speaker itu dimasukkan kiri+ 2, kiri- 2, kanan+2, kanan-2, jadi masing" dimasukkan 2 kabel dari speaker)
    atau hanya berasa kurang power/suara yg dihasilkan nanti bila digabung seperti itu yaa?

    Trims

    maaf klo agak kepanjangan dan bahasanya aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah mas, masih mampu. Yang terpenting adalah penyambungan plus dan minus semua speaker benar dan tidak terbalik polaritasnya. Jadi plus ketemu plus dan negatif ketemu negatif.

      Delete
  51. mas bahar,kalau 4 ohm kalau di kasih kapasitor filter buat nada trebel itu bisa gak ya,dan aman gak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, aman. Tapi Buat apa dikasih kapasitor filter, kecuali untuk tweater he..he..

      Delete
  52. Sya mau tanya nih mas.kbtlan saya ada yg ngajakin masang sound sistem di gedung dengan jumlah 34 unit spiker . itu bagus nya di sambung pararel apa gimana ya biar suara nya sama di setiap ruangan..trima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diparalel mas. Yang terpenting adalah penyambungan plus dan negatif nya jangan sampai ada yang terbalik, meskipun hanya ada satu terbalik, suara akan jadi lain/berkurang. Kalau pemasangan sudah benar, speaker akan bunyi sama. Usahakan pakai kabel koneksi speaker yang bagus. Jika kabel kurang bagus, maka speaker yang berada paling jauh suaranya akan kecil.

      Delete
  53. Selamat malam om, saya punya power blazer 300w mono dan 2 box speaker yg isinya masing2 1 buah seaker 300w dan 1 tweeter. Cara penggabungan kedua box biar aman utk speaker dan PA bagaimana ya, mohon pencerahan. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi 1 buah power mono dengan 2 box speaker. Jika anda ingin suaranya lebih keras, maka silahkan dihubung diparalel, maka anda bermain di impedansi 4 ohm, ini masih aman. Jika anda ingin suara lebih kalem dan soft, maka silahkan dihubung seri, maka anda bermain di impedansi 16 ohm, lebih aman bagi speaker, gak gampang jebol. Tapi kalau untuk keperluan rumahan, dihubung paralel atau seri, gak masalah, masih aman. Tergantung selera.

      Delete
    2. Ya sama-sama mas. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  54. ka..mau tnya saya ga ngerti sound sma sx..
    tapi sya pnya spkr 15" 300 watt mau di gabung sma spkr 15" 250 watt itu mau smbung k power nya gmna ya...??
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika powernya mono, maka disambung paralel saja.

      Delete
  55. Mas Bahar,
    Kasus saya begini Mas:
    Saya mau menyambung satu sumber suara (HP misalnya) dengan 2 set speaker aktif (masing2 ada 2 speaker LR).
    Menurut Mas Bahar memungkinkan tidak? Kalau memang bisa, apa saja yang diperlukan?
    Terimakasih sebelumnya Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Bisa mas. Alat yang dibutuhkan cuma paralel jack RCA inputnya, yaitu paralel jack RCA dan kabel RCA untuk sambungan ke speaker satunya. Jadi intinya cukup diparalel saja input speaker aktifnya.

      Delete
  56. mas q punya mixer speakerx ada 10,yg 15" ada4 buah yg 12" ada 6 buah tpi ada boks yg doble speakr, yg bgus smbungx mas pararel atau seri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus yang box dobel, dalamnya dihubung seri. Untuk yang lainnya diparalel saja.

      Delete
  57. Misi mas ikut nimbrung nh...sy mau nanya bagaimana baiknya jika saya mau buat pa untuk 20 ruang kelas tiap ruang menggunakan speaker acr 10 inc full range,..berapa besar power yg harus saya gunakan mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perlunya untuk satu kontrol saja, maksudnya 20 ruang tersebut bunyi bersama dengan level suara yang sama, maka hanya dibutuhkan satu power mono. Power minimal safari 400w dengan 2 set tr final, trafo 10A dengan tegangan 32vct, elco 4x 10000uf/50v, penguat mic mixer tergantung kebutuhan mau berapa channel? Dengan koneksi semua speaker dihubung paralel. Jadi anda tinggal tarik kabel sepajang yang dibutuhkan 20 kelas tersebut, kemudian speaker tiap kelas tinggal sambung paralel dengan kabel tersebut.

      Delete
    2. pernah sy pake pa stereo masing2 200w per chanel L dan R, untuk L sy kasih 10 speaker R begitu juga, sy hubung paralel smakin jauh speaker na suara na kuk smakin kecil..akhir na sy seri baru suara na sama tpi suara gag bs maksimal mungkin pengaruh impedansi yg smakin besar...

      Delete
    3. Iya betul mas. Kalau suara kurang keras, bisa di naikkan pakai master. Pasang sebelum input power.

      Sebenarnya problem suara semakin jauh semakin kecil, pada sambungan paralel, itu disebabkan pemakaian kabel koneksi yang kurang bagus, sehingga transfer suara pada ujung yang paling jauh semakin lemah. Gunakan kabel kualitas bagus dengan diameter kabel besar, minimal besar kabel diameter 1,5mm. Jangan pakai kabel listrik untuk koneksi speakernya, pasti jelek hasilnya. Kecuali kalau memang pokoknya bunyi he..he..

      Delete
  58. klo sya smbung seri mas bisa kah,,apakah mixer dan parametrix tda trlalu beban klo sya smbung seri smua,,mksh sblmx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh yang disambung seri itu yang box speaker isi 2, itu penyambungan 2 speaker didalam box isi 2 disambung seri. Untuk koneksi dengan speaker lainnya yang satu box isi satu diparalel saja. Kalau power stereo, maka jumlah speaker bisa dibagi 2. Masing-masing channel dikoneksi paralel semua. Kalau dihubung seri semua, maka impedansi akan menjadi besar, menyebabkan suara menjadi pelan dan lemah. Tidak ada pengaruh sama sekali terhadap power amplifier.

      Delete
  59. rencanax sya smbung yg doble speaker itu mas satux di L satux di R, atau bagai mana yg bgusx mas n bgaimana klo sya smbung seri pararel mas bisa gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sudah betul seperti itu mas. Sambung seri paralel gak masalah.

      Delete
  60. ms power saya sanken stereo 300 watt.klo pengen di buat mono input yg mana ya yg di gabung R dan L bkan. out put speker msh pakai groun tdk.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma ingin dibuat mono biasa, dengan satu input, maka tinggal kita gabung saja input L dan R nya, kemudian out speakernya 2 channel R L dan masih pakai ground. Tapi jika yang dimaksud di BTL, maka ada caranya. Silahkan baca disini.
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/07/cara-btl-power-amplifier.html?m=1

      Delete