TV SHARP 21R-SC MATI TOTAL TEGANGAN B+ DROP BERDENYUT

Kemarin lagi dapat kerjaan tv sharp model lama tipe 21R-SC mati total tegangan B+ drop dan berdenyut disertai bunyi ceek..ceek...ceek...ceek pada trafo regulator. Sempat bikin pusing hampir seminggu tv ini tidak kunjung selesai. Akhirnya terganggu aktivitas lainnya salah satunya adalah berbagi informasi lewat media blog ini. Baiklah bagaimana pertarungan melawan tv sharp ini? Simak lebih lanjut.

Pengecekan awal adalah dimulai di blok regulator terlihat ada transistor regulator D1884 dalam keadaan sehat. Lanjut pengecekan selanjutnya ada beberapa resistor kapur bernilai satuan ohm saya lupa nilainya, dalam kondisi putus. Resistor kapur ini berada di jalur penyearah diode sebelum masuk elco besar 400 volt, sehingga jelas tegangan pasti terhenti disini. Karena persediaan resistor kapur pengganti tidak ada, saya juga lagi males keluar untuk beli komponen, akhirnya terpaksa saya jumper menggunakan kabel. Karena biasanya pada mesin tv lainnya gak ada resistor kapur ini.

Setelah dilakukan penjumperan menggunakan kabel, cek lagi komponen lainnya seperti resistor kecil, kapasitor mungkin kering, diode dan zener mungkin short atau putus. Setelah dilakukan pengecekan semua komponen tidak ditemukan kerusakan. Setelah dipastikan komponen baik, saatnya dicoba. Setelah tegangan listrik masuk, cek tegangan pada elco besar sudah ada 300VDC berarti tegangan sudah masuk. Kemudian cek tegangan B+ lah kok drop berdenyut dan ada suara ciik...ciik...ciik...ciik pada trafo regulator. Mungkin ada beban berat menurutku. Akhirnya coba lepas B+ flyback hasilnya masih tetap sama tegangan drop berdenyut. Cek flyback juga masih dalam kondisi baik tidak short.

Pertempuran terus berlanjut. Pengecekan kembali ke bagian regulator, setelah semua komponen dalam kondisi baik, tinggal satu komponen ic osc TEA2261 yang belum saya coba ganti. Akhirnya coba saya ganti hasilnya masih tetap sama tegangan drop. Setelah beberapa hari tidak menemukan solusi, akhirnya terpaksa saya coba pakai Gacun untuk mengganti rangkaian regulator. Anda tahu hasilnya seperti apa? Jawabnya masih tetap sama tegangan drop disertai bunyi ciikk....ciikk...cik. 

Karena sudah mentok akhirnya trafo regulator saya cabut, karena saya beranggapan trafo ini rusak. Kemudian trafo saya coba lagi sambung menggunakan Gacun menggunakan kabel diluar PCB. Hasilnya ternyata normal dan bunyi cik..cikk hilang. Anehnya jika dipasang di pcb kondisi kembali seperti awal. Padahal pengecekan semua output regulator mulai dari jalur tegangan B+ dan tegangan ic chroma dan audio tidak ada yang konslet.

Semua cara sudah saya lakukan tidak ada hasil. Istirahat sejenak sambil memandangi mesin tv, apanya lagi ya yang rusak? Akhirnya jurus tebak-tebakan dimulai. Dimulai dari mengganti elco B+ 100uf/160v, saya cek menggunakan kapasitor meter normal, tapi coba saya ganti saja elco ini. Hasilnya cikk..ciikk hilang tegangan B+ sudah keluar lampu indikator sudah menyala merah. Coba saya on-kan tetap tidak bisa, berarti masih protek atau mungkin masih ada beban di regulator. Coba lepas ic audio TDA7056, kemudian nyalakan. Hasilnya tv langsung menyala indikator berubah warna hijau. Ternyata ic TDA7056 rusak. Anehnya jika di cek menggunakan avometer ic ini tidak konslet.

Setelah melakukan penggantian elco B+ 100uf/160v dan ic audio TDA7056 tv sharp ini sudah bisa menyala normal. Jadi kesimpulannya adalah terapkan prinsip uji coba dulu. Karena kadang kerusakan disebabkan kerusakan komponen yang kadang di cek masih dalam kondisi baik, tapi rusak. Contohnya elco B+ 100uf/160v dan ic audio TDA7056 yang saya ganti. Pada saat saya test tidak terdeteksi kerusakan, tapi setelah elco dan ic saya ganti, tegangan bisa kembali normal. Akhirnya selesai juga pekerjaan ini. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "TV SHARP 21R-SC MATI TOTAL TEGANGAN B+ DROP BERDENYUT"

  1. Numpang tanya boss...ane ada servisan tv sharp picollo 21efmk3 persis sama bunyi cik cik dipsu..tapi kalo beban dibuka b+ normal 115v..ada yang bilang FBT rusak, udah coba FBT laen tetp aja...IC audio, Vertikal udah dituksar masih juga gitu..elco udah dibabat semua masih sama...moohn solusinya barang kali pernah ngalamin..otak udah puyeng 19 keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr horisontal sudah di cek belum mas? Tegangan B+ drop, berarti ada beban berat di jalur itu, komponen yang dicurigai adalah, diode B+, elco 160v, tr hor, fbt, capasitor damper, diode damper, def yoke. Jadi harus di cek semua pada jalur B+ tersebut. Kemungkinan terakhir adalah, memang dari regulator bermasalah.

      Delete