Saturday, March 26, 2016

CARA MENENTUKAN KAKI B,C,E TRANSISTOR JENGKOL 2N3055 DAN MJ2955

Berikut cara menentukan kaki B, C, E transistor jengkol 2N3055 dan MJ2955. Banyak tipe tr jengkol yang lain misal MJ15004 dan MJ15003 dan tipe jengkol yang lain yang kaki B, C, E sama. Cara ini untuk memudahkan menemukan kaki transistor jengkol sehingga anda tidak keliru dalam memasang kaki B, C, E pada PCB driver power amplifier.

Kaki pada transistor jengkol sebenarnya sama dengan kaki transistor pada umumnya. Perbedaannya hanya pada posisi kaki transistornya saja. Transistor biasa kaki b,c,e nya berjejer dengan 3 kaki, kalau transistor jengkol kaki b,c,e nya berada di bawah dengan jumlah kaki hanya 2 Basis dan Emitor, kaki Colektor ada pada bodynya. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah ini.


Pada gambar terlihat tr jengkol dalam posisi menghadap dari bawah. Kaki posisi paling kiri adalah kaki Basis dan kaki posisi paling kanan adalah kaki Emitor. Perlu diperhatikan posisi yang benar untuk melihat kaki b,c,e nya adalah kaki yang sejajar paling dekat dengan lubang baut berada diatas. Silahkan lihat gambar dengan seksama. Berlaku baik untuk tr 2N3055 maupun MJ2955 sama posisi kakinya.

Dengan mengetahui kaki B, C, E transistor jengkol yang benar, maka diharapkan anda tidak keliru lagi dalam pemasangan kaki tr jengkol baik dalam posisi diparalel atau langsung dipasang pada pcb driver power amplifier baik menggunakan kabel atau tidak. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment