Tuesday, March 15, 2016

CARA CEK STR F6653 MENGGUNAKAN AVOMETER

Berikut adalah cara mengecek komponen str f6653 menggunakan avometer. Komponen ini adalah komponen utama pada rangkaian regulator tv. Problem yang muncul yang disebabkan kerusakan komponen ini adalah mati total, konslet ditandai fuse sekering putus dan beberapa komponen diode dan zener short. Sebelum mengganti komponen str f6653 ini pastikan semua komponen pendukung dalam kondisi sudah normal semua. Jika masih ada beberapa komponen yang masih rusak dikawatirkan str dapat rusak kembali.

STR f6653 bisa diganti menggunakan tipe STR F6654 dengan daya watt lebih besar. Mengingat harga komponen ini sedikit agak mahal, maka pengecekan komponen secara seksama dan teliti harus dilakukan. Karena jika tidak maka dapat menyebabkan komponen str langsung rusak dan pastinya anda akan bepikir dua kali untuk membeli str lagi karena harganya lumayan mahal.

Cara ini adalah hanya membandingkan hasil pengukuran kaki masing-masing str rusak dan str normal menggunakan avometer. Sehingga didapat hasil pengukuran yang berbeda dan hasil inilah yang akan kita jadikan acuan dalam pengecekan str lainnya. Tentunya cara ini tidak bisa diterapkan pada komponen str dengan tipe yang lain, karena perbedaan kaki dan fungsi masing-masing str.

Langkah pertama set avometer pada skala IK atau 10X. Lebih baik menggunakan skala 1K agar hasil pengukuran lebih terlihat jelas.

Pertama kita lakukan pengukuran pada komponen str rusak.

 Step 1 : Tempelkan probe hitam avometer pada kaki nomer 5, kemudian probe merah tempelkan pada kaki nomer 4. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjukkan angka 2 Kohm.

Step 2 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 3. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjukkan angka 6 Kohm.

Step 3 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 2. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 2,7 Kohm.

Step 4 : Tempelkan probe hitam pada kaki nomer 5, kemudian probe merah pada kaki nomer 1. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 3 Kohm.

Berikutnya adalah pengukuran komponen str dalam kondisi normal atau baru.

Step 1 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 4. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 2 Kohm.

Step 2 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 3. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak sama sekali.

Step 3 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 2. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak sama sekali.

Step 4 : Tempelkan probe hitam pada kaki no 5, kemudian probe merah pada kaki no 1. Hasilnya jarum avometer menunjukkan angka 3 Kohm.

Dari hasil pengukuran diatas didapat dua poin perbedaan pada poin 2 dan poin 3. Yang mana pada str yang masih normal jarum tidak bergerak sama sekali. Kemudian pada str yang rusak pada poin 2 dan 3 jarum avometer bergerak menunjukkan resistansi atau kebocoran. Tidak menutup kemungkinan hasil pengukuran bisa berbeda. Bisa didapat hasil pengukuran short semua atau sebagian pada kaki str. Jika anda menemukan kondisi str seperti diatas, anda tidak ragu lagi untuk membeli str baru. Jika setelah penggantian str baru, tv masih belum bisa menyala berarti masih ada problem atau kerusakan baik pada bagian sekunder trafo regulator ataupun pada bagian primer trafo regulator. Semoga bermanfaat.

7 comments:

  1. Mau tanga bang, tv politron mati total tapi aku buka mesinnya udah diganti sama tukang servis,
    Aku cek tr hornya juga putus,
    Lha aku liat fbtnya dikasih lilitan banyak sekali sampe full lilitan difbt..
    Kira kira fbtnya pa yg lain bang.
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang rusak masudnya bang soalnya cek fbt kn gk tau.

      Delete
    2. Coba ganti fbtnya mas. Kalau dilihat ada lilitan di fbt, itu berarti fbt tidak sesuai dengan aslinya. Usahakan cari fbt sesuai dengan mesin itu mas.

      Delete
  2. Ok bang tnks maknyus aq gnti fbtnya..

    ReplyDelete
  3. bang mo nanya nih, tv ane Lg flat 21" matot, tegangan 300 v di elco 400/220 ada, cuma kok ga keluar ya tegangan yang lain, str w6554a sdh di ganti dan komponen pendukung dah di cek bagus, kira2 masalahnya apa ya bang, mohon petunjuknya bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang konslet pak pada bagian sekunder regulator. Tr horisontal sudah di cek belum? Fbt normal gak? Kalau perlu lepas tr hor can fbt, kemudian cek lagi tegangannya. STR jenis itu jika ada yang konslet gak mau keluar tegangannya.

      Delete