Cara cek Triac Menggunakan Avometer

Next posting kali ini adalah bagaimana mengecek triac menggunakan avometer. Apa itu triac? Triac atau Triode for Alternating Current (Trioda untuk arus bolak-balik) adalah komponen elektronik yang hampir sama dengan dua SCR yang disambungkan antiparalel dan kaki gerbangnya disambungkan bersama.

Triac berfungsi seperti sakelar dwiarah yang dapat mengalirkan arus listrik ke dua arah ketika dipicu (dihidupkan) dan dapat dipicu dengan tegangan positif ataupun negatif pada elektrode gerbangnya. Kebanyakan pengujian komponen triac ini menggunakan sebuah rangkaian sakelar on-off untuk menyalakan sebuah lampu. Kali ini saya mencoba untuk menguji triac ini menggunakan avometer.

Banyak yang membahas masalah ini, tapi penjelasannya agak sedikit rumit. Metode yang saya gunakan adalah membandingkan dua komponen triac yang mana satu triac dalam kondisi baik atau normal dan yang satu triac dalam kondisi rusak. Pengujian ini bertujuan untuk membandingkan hasil dari avometer dari kedua triac tersebut. Memang metode ini bukan satu-satunya cara untuk mengetahui kondisi triac, tapi minimal kita dapat mengetahui kondisi triac yang masih normal atau sudah rusak menggunakan avometer.

Langkah pertama adalah anda set dahulu avometer pada skala 1K. Ada beberapa tahap pengetesan yaitu pengetesan pertama pada komponen triac yang masih normal dengan tipe BT131. Dan kedua pada komponen triac yang sudah rusak dengan tipe Z0607. Kedua triac tersebut mempunyai karakter sama dan banyak di jumpai pada kipas angin yang menggunakan remote. Kebetulan kemarin lagi dapat kerjaan kipas angin remote rusak komponen triacnya dengan tipe Z0607. Tidak ketemu pengganti triac Z0607 akhirnya saya ganti menggunakan triac BT131 hasilnya berhasil berfungsi normal.

Pengecekan triac BT131 yang masih normal (posisi tulisan BT131 ada di bawah).

Tempatkan konektor hitam avometer pada pin 3 triac. Kemudian konektor merah pada pin 2. Hasilnya jarum avometer menunjuk angka 2 Kohm.

Tempatkan konektor hitam pada pin 3. Kemudian konektor merah pada pin 1. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak.

Tempatkan konektor hitam pada pin 2. Kemudian konektor merah pada pin 1. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak.

Tempatkan konektor merah pada pin 3. kemudian konektor hitam pada pin 2. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjuk angka 2 Kohm.

Tempatkan konektor merah pada pin 3. kemudian konektor hitam pada pin 1. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak.

Tempatkan konektor merah pada pin 2. Kemudian konektor hitam pada pin 1. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak.

Pengecekan triac Z0607 kondisi sudah rusak (tulisan Z0607 ada di bawah) (hasil bisa berbeda).

Tempatkan konektor hitam pada pin 3. Kemudian konektor merah pada pin 2. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjuk angka 1 Kohm.

Tempatkan konektor hitam pada pin 3. Kemudian konektor merah pada pin 1. Hasilnya jarum avometer bergerak sedikit menunjuk angka 50 Kohm (normalnya harusnya jarum tidak bergerak).

Tempatkan konektor hitam pada pin 2. Kemudian konektor merah pada pin 1. Hasilnya jarum avometer bergerak sedikit menunjuk angka 50 Kohm (normalnya harusnya jarum tidak bergerak).

Tempatkan konektor merah pada pin 3. Kemudian konektor hitam pada pin 2. Hasilnya jarum avometer bergerak menunjuk angka 1 Kohm.

Tempatkan konektor merah pada pin 3. Kemudian konektor hitam pada pin 1. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak.

Tempatkan konektor merah pada pin 2. Kemudian konektor hitam pada pin 1. Hasilnya jarum avometer tidak bergerak.

Dari hasil pengecekan triac menggunakan avometer diatas, ada dua poin yang terlihat berbeda yaitu pada poin nomer 2 dan 3. Yang mana pada triac yang rusak terlihat ada sedikit kebocoran resistansi. Contoh pengujian triac yang rusak diatas hanya salah satu contoh kondisi triac yang rusak. Ada banyak kondisi triac yang rusak contohnya bisa saja terjadi semua pin kaki triac dalam kondisi short, baik short sebagian atau semuanya. Bisa saja terjadi semua pin putus tidak konek sama sekali. Contoh diatas bisa kita bandingkan dengan kondisi triac yang masih normal. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Numpang tanya mz.. Klo ngecek bt136 gmn cara nya ya mas mhon pnjeasanya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru bisa balas. Alhamdulilah sudah saya buatkan tutorial cek triac bt136. Silahkan lihat di channel youtube saya Bahar Electronic disini.

      https://youtu.be/6W3rYUv6Xyo

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led