Thursday, September 10, 2015

TV DETRON TEGANGAN B+ NAIK

Beberapa waktu lalu dapat kerjaan tv detron model lama dengan kerusakan tegangan b+ melonjak naik dari normal yang biasanya hanya 115 volt menjadi naik sekitar 180 volt. Jelas terlihat elco b+ meletus karena over voltage.

Sebenarnya kerjaan ini sama yang punya tv hanya sebagai pilihan kedua setelah tv yang pertama sudah selesai. Jadi kerjain tv yang pertama dulu baru bisa kerjain tv yang kedua. Alhamdulilah rejeki dobel. Ok kerjaan tv pertama selesai waktunya bongkar tv yang kedua Detron. Setelah buka casing terlihat tumpukan debu sangat tebal sekali. Bersihkan dulu dengan kuas supaya terlihat komponen dan jalur pcbnya.

Pengecekan secara visual terlihat elco b+ meletus. Disini sudah bisa dipastikan kemungkinan penyebab elco meletus karena tegangan b+ melonjak naik. Cek TR horisontal ok. Cek flyback ok. Giliran cek tegangan b+. Lepas dulu TR horisontal, kemudian lepas beban tegangan b+. Cek dengan avometer keluar tegangan 180 volt. Saya lihat tidak ada pengaturan tegangan B+ nya. Jadi kemungkinan kerusakan pada bagian primer regulatornya.

Komponen yang wajib dicek adalah elco atau kapasitor. Ada beberapa elco diantaranya elco 47uf/50v kering dekat TR regulator. Elco ini berfungsi sebagai couple input TR D2498 pada Regulator. Jika elco ini kering atau berubah nilai menyebabkan tegangan b+ naik. Pada saat penggantian elco tersebut ada baiknya anda coba beberapa elco yang sama ukurannya untuk melihat perubahan tegangan b+ yang paling rendah. Karena saya sendiri mengalami mengganti elco ini dengan baru namun tegangan b+ masih tinggi sekitar 150 volt yang harusnya 115 volt. Coba ganti dengan elco baru yang lain tegangan baru pas 115 volt. Jadi pastikan dulu tegangan sudah pas 115 volt baru diberi beban.

Setelah elco 47uf/50v diganti. Tegangan b+ juga sudah 115 volt waktunya diberi beban dan dicoba. Akhirnya TV Detron bisa menyala kembali. Berikut beberapa kerusakan TV Detron yang mungkin bisa membantu anda :

Tegangan B+ naik
Disebabkan ELCO 47uf/50v (couple input TR D2498 pada Regulator) kering atau berubah nilai kapasitansinya sehinga C160V47UF/100UF sering gembung bahkan meletus dan bisa menyebabkan TR Horizontal jebol dan juga kadang bisa merusak IC suara.

POWER SUPLY tidak hidup
Cek TR, ELCO semua bagus. Ganti R 2X 120K / R330K Bias + BASIS TR D2498 dari 300V.

TV tetap STANDBY 
Walau sudah ditekan POWER ON atau TV tidak bisa STANDBY. Kerusakan sering pada rangkaian  B+ SWICTH. Cek TR C1815, A1013 dan BUT 11 dan juga komponen pendukung R100K.

TV selalu pada posisi AV
Pada saat pertama menghidupkan TV selalu pada posisi AV, Ganti IC MEMORY TC89101P.

Gambar sering bergeser
Karena Coil GAMBAR dan AFT tidak TUNE lagi karena Capasitor didalamnya sudah berubah nilainya dan bisa diganti dengan  C keramic 56pf / 68pf. Kerusakan seperti ini juga bisa terjadi karena rusak TUNER.

Gambar gelap 
R 10K 1/2w keluaran ABL sering hangus sehingga gambar jadi gelap. Ganti R dengan yang lebih besar wattnya. Bila diganti tetap hangus berarti flyback rusak.

FLYBACK rusak
Hati - hati dalam membeli FBT ini karena pernah saya dapatkan bermasalah pada PIN 1 untuk tegangan IC VERTIKAL dengan keluaran tegangan 40V. IC VERTIKAL langsung mati. Tapi bisa diatasi dengan memberikan tahanan R 5W 82 - 100 ohm.

No comments:

Post a Comment