Blogspot.com Sekarang Jadi Blogspot.co.id

Sedikit rehat sejenak dari kesibukan nyata, sambil sesekali melihat perkembangan dan perubahan yang dilakukan oleh google selaku yang punya blogger. Saya tidak membahas secara mendalam masalah ini, hanya sekedar berbagi cerita saja. Apa yang beberapa hari ini yang terjadi pada blogger tercinta ini. Yaitu perubahan blogspot.com menjadi blogspot.co.id. Yang berubah hanya pada saat anda membuka blog akan masuk ke namablog.blogspot.co.id untuk Indonesia. Tapi pada hasil penulusuran google, masih tetap namablog.blogspot.com. Jadi mungkin akan menyesuaikan negara mana akan membuka blog kita.

Kalau kita ingat beberapa waktu lalu. Kalau tidak salah sekitar tanggal 3 september juga terjadi perubahan blogspot.com menjadi blogspot.co.id tapi ada problem iklan adsensenya tidak muncul pada akun hosted. Saya sendiri waktu itu juga sempat bingung ada apa dengan akun adsense saya kok tidak muncul iklannya. Tapi tidak ada peringatan sama sekali dari google adsense. Cuma memang pendapatan waktu itu menjadi nol karena disebabkan iklan adsense tidak muncul. Sampai ada peringatan bahwa pendapatan adsense anda menurun 100% di dasbor adsense.

Akhirnya cari informasi sana-sini. Banyak yang menyarankan untuk memasang kode script agar iklan adsense bisa tampil kembali dengan cara redirect ke blogspot.com. Sempat ingin juga menerapkan cara ini. Tapi saya kurang berani untuk mengotak-atik kode script karena takut salah malah jadi rusak blog saya nantinya. Maklum bukan ahlinya di bidang otak-atik blog, jadi bisanya tinggal pakai saja apa yang ada dari blogger. Lalu saya baca juga dari blog lain yang memilih menunggu apapun perubahan dari blogger. Dengan alasan bahwa google pasti sudah memperhitungkan apa yang terjadi kedepannya.

Akhirnya pilihan kedua saya pilih. Karena saya sendiri belum bisa otak-atik blog jadi ikuti saja perubahan yang ada. Selang beberapa hari menunggu kok tidak ada perubahan dari google. Iklan saya pun juga belum muncul. Akhirnya tanggal 7 september 2015 siang hari sempat ingin coba cara pertama menerapkan kode script. Tapi alhamdulilah sebelum saya coba malam harinya iklan adsense sudah muncul kembali. Kemudian saya lihat alamat url saya juga sudah kembali ke blogspot.com.

Setelah berjalan beberapa hari. Saya lihat kok ada perubahan lagi. Waktu saya menjawab komentar di blog saya, alamat url nya jadi blogspot.co.id lagi. Tapi kali ini iklan adsensenya masih muncul normal. Jadi aman saya tidak kuatir lagi iklan adsensenya hilang kembali. Coba anda cek sekarang alamat url anda pasti sudah berubah menjadi blogspot.co.id. Tapi jangan kuatir iklan adsensenya masih tampil kok. Dengan beralihnya blogspot.com menjadi blogspot.co.id menjadi suatu kebanggaan menjadi blogger indonesia.

Kesimpulan dari cerita saya tadi adalah jangan terburu-buru melakukan perubahan pada blog kita. Jika memang perubahan itu memang dari yang punya domain blogspot yaitu google.  Selama kita tidak melakukan pelanggaran saya yakin google tidak akan menutup akun adsense anda. Masak yang punya blogger akan melakukan perubahan kita lawan. Tapi yang jelas perubahan ini tidak lepas dari usaha para blogger lainnya yang ahli, yang sudah memberikan masukan atau koreksi kepada google sehingga problem yang terjadi selama ini bisa teratasi.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led