IC OP AMP SEBAGAI PENGUAT BUFFER AUDIO

Op-amp adalah singkatan dari operational amplifier. Op-amp adalah salah satu jenis penguat elektronika yang memiliki faktor penguatan yang sangat besar dengan dua masukan input dan satu keluaran output. Berbentuk sirkuit terpadu yang sangat efisien dan serba guna. Merupakan pengembangan dari transistor.

Banyak sekali penggunaan ic ini, tapi saya fokuskan untuk penguat audio saja. Yang mana kehadiran penguat op-amp ini sangat berguna sekali sebagai penguat power amplifier apapun jenisnya. Berbagai macam ic op-amp juga tersedia dengan berbagai macam karakternya yang membuat para penggila audio semakin penasaran untuk mencobanya.

Tidak bisa dipungkiri setiap audio amplifier apapun jenisnya mulai dari kelas low end sampai high end tidak lepas dari penggunaan penguat ini. Penguat disini bertujuan untuk meningkatkan sinyal audio yang masuk sebelum dimasukkan ke input power amplifier. Para penggemar audio kelas atas atau lebih dikenal Audiophile juga menerapkan teknik ini untuk memperkuat sinyal input atau yang biasa disebut pre-amp.

Disini saya tidak menjelaskan secara terperinci dan detail penggunaan ic op-amp tapi lebih kepada penggunaannya atau prakteknya secara sederhana. Rangkaian penguat op-amp dibagi menjadi dua jenis rangkaian yaitu rangkaian op-amp inverting dan op-amp non inverting.

Kenapa hanya dua rangkaian? Karena dua rangkaian ini yang paling sering digunakan sebagai rangkaian penguat amplifier. Mari kita lihat perbedaan dari kedua jenis rangkaian ini dan kita bisa melakukan percobaan kecil-kecilan untuk mengetahui mana diantara kedua jenis rangkaian ini yang hasilnya lebih baik. Tentu saja sesuai dengan selera anda.

Penguat Op-Amp inverting

Adalah rangkaian penguat pembalik yang tegangan keluarannya berbanding terbalik dengan tegangan masuknya. Sinyal masuk op-amp inverting melalui input inverting dan menghasilkan keluaran dengan sudut fase yang berkebalikan dengan sudut fase tegangan masukan. Besarnya penguatan tergantung pada faktor penguatan (gain) yang dirumuskan sebagai berikut :

Vout = -(Rf/Rin)Vin

Penguat Op-Amp non-inverting

Adalah rangkaian penguat non-pembalik yang menghasilkan tegangan keluaran sebanding dengan tegangan masuknya. Sinyal masuk op-amp non-inverting melalui input non-inverting dan menghasilkan keluaran dengan sudut fase sama dengan sudut fase tegangan input. Besarnya penguatan tergantung pada faktor penguatan (gain) yang dirumuskan sebagai berikut :

Vout = Vin { (R1+R2)/R1 }

Atau

Vout = Vin { 1+(R2/R1) }

Nah dengan mengetahui rangkaian diatas kita bisa mensetting sendiri penguat audio kita dengan merubah nilai resistor yang ada untuk mendapatkan penguatan yang sesuai dengan selera kita. Perlu dipahami bahwa penguat audio yang sesuai adalah penguat yang sesuai dengan selera kita. Belum tentu selera kita terbaik buat orang lain. Jadi buatlah rangkaian penguat sesuai dengan selera kita sendiri.

0 Response to "IC OP AMP SEBAGAI PENGUAT BUFFER AUDIO"

Post a Comment