Thursday, January 8, 2015

SPEAKER SIMBADDA CST 5000N MATI TOTAL

Speaker simbadda cst 5000n dalam kondisi mati total. Tidak ada tanda-tanda kehidupan. Indikator led juga mati. Cek tegangan juga tidak ada sama sekali.

Setelah dibuka terlihat elco 1000uf/16v melembung langsung ganti baru. Cek trafo. Cek lilitan sekunder masih normal. Cek lilitan primer ternyata putus. Ternyata kerusakan disebabkan karena lilitan primer trafo putus.

Bisa anda coba bongkar dulu trafo pada bagian konektornya. biasanya kawat tembaga ada yang putus. Bisa disambung kembali. Jika tidak terlihat ada yang putus, kemungkinan kawat tembaga yang putus ada pada bagian dalam lilitan trafo. Bisa anda gulung ulang lilitannya atau silahkan ganti trafo dengan yang baru.

Jika kesulitan mencari trafo yang sama. Bisa diganti dengan trafo biasa 1 amper yang ada tegangan 9 voltnya. Karena tegangan yang dipakai adalah 9 volt. Cek juga saklar dan kabel biasanya sering putus. Setelah trafo diganti speaker simbadda bisa nyala kembali.

Kadang kerusakan disebabkan oleh hal-hal yang sepele yang biasanya terlewat. Silahkan teliti kembali pasti kerusakan bisa ditemukan.

No comments:

Post a Comment