Friday, January 9, 2015

MEMPERBAIKI MAGIC COM NASI BERAIR DAN BERBAU

Problem kerusakan pada magic com atau magic jar salah satunya adalah nasi menjadi berair, lembek, berbau dan cepat basi. Apa penyebabnya? Simak lebih lanjut.

Magic com atau magic jar sebenarnya prinsip kerjanya sama yaitu untuk mengolah nasi. Cuma beda diprosesnya saja. Magic com bisa menanak nasi sekaligus menghangatkan sedangkan magic jar hanya untuk menghangatkan nasi saja. Kesamaan fungsi kerja adalah pada saat proses menghangatkan. Sama-sama bisa untuk menghangatkan nasi.

Nah disinilah problem sering muncul diantaranya nasi berair dan cepat basi. Jika ini terjadi jangan buang dulu magic com anda karena masih bisa diperbaiki. Sebenarnya sebagus apapun merek dan mahalnya magic com problem kerusakan seperti ini biasanya terjadi. Nah dengan sedikit langkah mudah berikut anda bisa memperbaikinya sendiri.

Siapkan beberapa alat obeng plus dan minus untuk membuka dan mencongkel tutup bagian atas magic com. Karena penyebab nasi berair biasanya kerena uap air kembali turun ke nasi disebabkan element bagian atas tidak berfungsi. Penyebab element atas tidak berfungsi bisa dikarenakan kabel penghubung putus atau element pemanas sendiri yang putus/rusak.

Silahkan buka tutup bagian atas dengan mencongkel menggunakan obeng minus. Lepas juga tutup samping pada bagian engsel penutup atas. Nah setelah terbuka silahkan coba tarik pelan-pelan kabel penghubung element atas yang kebawah satu persatu. Jika kabel ada yang putus maka kabel akan tertarik keatas. Nah disitulah letak kerusakan silahkan sambung kembali atau ganti dengan kabel baru.

Jika kabel tidak ada yang putus berarti kerusakan pada element pemanasnya. Tapi jangan keburu diganti. Silahkan cek menggunakan avometer. Jika jarum avometer bergerak kekanan berarti element masih baik. Jika tidak bergerak sama sekali berarti element putus silahkan ganti baru.

Thermostat juga perlu dicek jika problem masih belum teratasi. Kerusakan thermosat juga bisa menyebabkan nasi berair dan berbau karena temperatur panas tidak stabil. Jadi bisa anda coba untuk menggantinya. Semoga problem kerusakan bisa diatasi.

5 comments:

  1. Blok yang sangat berguna dan bermanfaat sekali...semoga tetap sehat dan semangat untuk mas Bahar

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Kang magic com ku yo ngunu probleme tp rung tak coba buka, cpt basi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek element atas mas, biasanya rusak tidak bisa panas. Atau bisa juga dari thermostatnya. Atau beli baru he..he..

      Delete