Thursday, December 25, 2014

TV LG ULTRA SLIM 21FU2AD PROTEK

TV LG ultra slim 21FU2AD problem mati protek. Gejalanya adalah jika tv dinyalakan hidup sebentar kemudian mati lagi protek. Belum sempat nyala layarnya tv sudah mati. TV ini menggunakan IC utama LV762xxx, vertikal LA78141, STR w6554. 

Ketika pertama kali kita mendapati kasus seperti di atas langkah pertama yaitu membersihkan mainboardnya terlebih dahulu kemudian melakukan soder ulang karena sering kali solderan menjadi penyebab tv bisa protek. Langkah kedua mengecek tegangan apakah ada yang korup atau drop.

Berikutnya untuk melumpuhkan teg proteksi yaitu dengan cara meng open kaki tengah (colektor) pada Q16. Namun apabila sudah di open kaki tengah Q16 tv tetap gak mau nyala bisa jadi playback rusak. Biasanya kalau fbt rusak tv hanya mau start beberapa detik saja tidak sempat membuka layar. Akan tetapi apabila layar sempat kelihatan beberapa detik dengan melepas kaki colektor Q16 tv langsung dapat menyala.

Setelah melepas kolektor Q16 tv bisa nyala, hanya saja cuma garis horisontal. Dari indikasi ini kerusakan bisa disebabkan ic vertikal rusak. Akhirnya ganti ic vertikal LA78141 dengan yang baru. Hidupkan tv layar sudah membuka. Solder kembali kolektor Q16. Kemudian coba nyalakan lagi tv bisa hidup normal tidak protek lagi.

Kesimpulan : kerusakan disebabkan ic vertikal rusak sehingga menyebabkan protek. Dari pengalaman yang sering saya temukan pada kasus seperti ini bisa juga disebabkan karena tidak berfungsinya Q 403=BF421 yang terukur putus. Bisa juga bisa disebabkan resistor pembatas tegangan B+ ke fbt putus.

72 comments:

  1. Mas bro ,, saya punya probelem dgn tv LG slim ,, tv awalnya hidup tapi hanya muncul gari putih di tengah horisontal ,, setelh di buka ternya solderan pada kaki uc vertilal retak semua,,lalu saya sedot timah lama dan di kasi timah baru na setelah di tv di hidupkan tapi tv gak mau nyala lagi..matot..setelah di cek elco 400v nya nyimpan tegangan tinggi...apakah yg terjadi,, tv ini memeiliki ic StR w 6554, vertikal La78141,,ic panjang nya LV76211....mohon bantuan nya trims,, maaf masih amatiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yus. Itu kerusakan bagian vertikal. Bisa coba anda ganti ic vertikalnya. Kenapa kok malah matot? Karena protek vertikal aktif disebabkan bagian vertikal bermasalah. Jadi harus diperbaiki dulu bagian vertikalnya. Kenapa elco tinggi 400 volt nyimpan tegangan tinggi? Ya memang fungsinya nyimpan tegangan. Karena tv dalam kondisi mati, maka elco masih menyimpan muatannya.

      Delete
  2. Mas bro aq pnya problem tv lg ssah star..star 2dtik stby lagi pas nyala tengah cuma garis putih sama krusakanya dngan yus paini bdanya ssudah star 2 dtik aq cbul kbel colokan lyar seakan mau melar pyik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas yadi. Cek bagian pcb RGB posisinya pcb kecil nempel di belakang tabung crt.

      Delete
  3. Mf mas slh model..yg bnr lg ULTRA SLIM 21FU4RD awaal gjla kna petir lgsung protek kna petir keadaan di matikan...biasa pnyakit protek g spayah ini mas...lco dah gnti smua yg berhbungan dngan ic vertikal ttap cma jdi gris putih tengah trang 1cm tnpa logo av...mf mas ada email yg bs saya hubungi soalnya disini konek lelet banget..hadiyono pone 082371127372

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Hadi yono. Silahkan bertanya atau komentar melalui media blog ini saja mas. Insyaalloh akan saya balas. Kembali ke topik, apakah ic vertikal sudah diganti mas? Dan tegangan ic vertikalnya apakah sudah di cek apa belum mas? Pastikan dulu tegangan ic vertikal normal.

      Delete
  4. Assalamua' laikum
    Malam bang bahar..
    Bg tolong bantuan nya bg masih masalah tv lg slimy bg...
    Tv yang sayang bongkar ini kerusakan nya pada pengetsan power di star pertama saya mengecek tegangan pada pin B+ pada flayback saya mendapat kan tegangan yang keluar sebesar 180 v ada tetapi tegangan tersebut menurun hinga menuju angka nol, ketika di cek pada bagian pawer suply di elco 400 v tegangan masih tersimpan tetapi keluaran dari trafo hilang.....
    Bg butuh bantuan nya bg. Sudah hampir 2 minggu mengecek masalh ini bg,, butuh solusi nya buat pemula sperti saya ini bg .
    Terimaksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk irsyad. Sepertinya problem ada di regulator mas. Coba cek semua kapasitor area regulator. Kemudian lepas semua beban regulator. Dan cek tegangan regulator dalam kondisi tanpa beban. Jika tegangan regulator tidak keluar, coba ganti ic regulator.

      Delete
  5. Misi mas,,,sy mw tanya tv lg 21"pearl black dinyalakan blm sampek buka layar kembali mati,,,,,kira2 dmn titk kerusakan nya mohon bantuanya terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fendy. Mungkin ada solderan yang kendor mas. Silahkan di solder ulang dulu semua area pcb tv.

      Delete
  6. Misi mas, mau tanya tv LG 21"ulta slim tekan tombol power lampu indikator nya nyala merah terang terus redup pelan 2 dan mati,layar tdk hidup, mohon bantuannya terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk louis. Mungkin ada elco bagian regulator yang kering mas. Khususnya bagian sekundernya.

      Delete
  7. Saya sudah lakukan solder ulang masih blm sukses mas,,,,,apa ada komponen yg hrs diganti mohon bantuanya terimaksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda ganti elco bagian regulator baik bagian primer dan sekundernya. Sebelumnya anda cek dulu tegangan output regulator normal apa tidak? Terutama tegangan B+ flyback. Hati-hati untuk cek area ini, bisa kesetrum terutama bagian primer regulator.

      Delete
  8. mas,tegangan basis driver horizontal ada tp tegangan basis horizontal out gak ada(0 volt).transistor h-out sdh dilepas masih saja tegangan basis 0 volt. trafo driver kondisi baik. ini kasus tv lg ultra slim 21". mohon solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk burhaya aya. Apakah sudah anda pastikan tv dalam kondidi on??? Bukan stanby loh ya. Jika stanby maka basis tr hor akan nol volt, maka harus di on kan dulu. Cek flyback apakah tidak short? Tv lg jenis ini jika tr hor dilepas akan protek dan stanby, maka harus anda cari dulu titik proteknya, kemudian lumpuhkan dulu untuk sementara waktu agar tv bisa dipaksa on. Untuk titik proteknya silahkan anda cari di google.

      Delete
    2. Darimana anda bisa tahu kalau kondisi trafo driver horisontal dalam kondisi baik??? Bagaimana ngeceknya??

      Delete
  9. Tlng mas bro, kasus dan tipe sama dg yg pean terangkan diatas fbt dan tr hot tak cek kelihatannya tdk ada masalah cuman b+ koq drop jd 88volt. Dmn mas kira" kerusakannya. Trims sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk aldila. Apakah sudah di cek elco B+ nya normal apa tidak? Apakah tegangan drop terjadi di semua output regulator? Silahkan di cek dulu.

      Delete
  10. mksh mas, artikelnya sangat membantu, mklum masih pemula. salam kenal dari sumut.

    ReplyDelete
  11. Assalamu Alaikum..mau nanya Om, tv LG sy awal nya tiba2 mati, setelah sy periksa ternyata, ternyata fuse nya putus. setelah sy ganti fuse yg baru masi tetap saj putus lagi.kira di bagian mana ya ada yg korslet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek diode regulator pada bagian primer

      Delete
  12. Mau tanya tanya lg mas,, ,,sebelumnya sy mw ber terimakasi solusi yg sebelumya sangat membantu,, ,,yg mw sy tanyakan tv tg pearl black yang tadinya protek sudah OK tp ada masalah di layar melengkung ke dalam bagian atas bawah tampak besar sampai logo tv hanya terlihat 1huruf saja,, ,,mohon solusinya mas,,,,,,terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sepertinya problem EW nya mas. Coba cek L mungkin ada yang putus. Cek semua komponen bagian EW mungkin ada yang problem

      Delete
  13. mas lg slim.. asalnya ic vertikal pecah... sudah saya ganti tapi hanya garis mendatar aja dan trus protek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek dulu tegangan ic vertikal sudah ada apa belum? Jika ada, cek diode sekitar ic vertikal. Kemungkinan terakhir bisa dari def yoke rusak.

      Delete
  14. salam kenal gan...ane pemula ps ngebenerin tv tv LG 21f1ag kasusnya matitotal setelah ane ubek ubek bgn primer n sekunder hsilnya semua tegangan kembali normal cuma skrng klo dstart sw utama semua tegangan cuma bertahan 10 detik kmudian led meredup terus mati...ni kira kira ap mohon pencerahaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk christian. Maaf baru balas. Sepertinya problem ada di bagian sekunder mas. Tapi agak susah juga ngeceknya. Biasanya ada elco yang kering mas. Coba ganti saja semua elco pada bagian sekundernya.

      Delete
  15. salam kenal mas, mo nanya mas, saya punya tv lg 21fs4rg,di on kan 2 detik langsung stanby,n di pencet tombol chanelnya hidup 2 detik stanby lg pencet lg stanby lg, tapi lama klamaan gmbar mau timbul tapi cuma 2 detik,stanby lg n seterusnya mas stanby trus, mohon solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk agus tina. Maaf baru balas. Coba cek elco sekitar ic vertikal biasanya ada yang kering. Kalau perlu ganti semua elconya.

      Delete
  16. Ok ...mksh bgt gan skrng ane ck lg sekundernya..

    ReplyDelete
  17. Pagi gan..tx atas saranya skrng tv sudah normal teganganya, muncul kasus baru gan gambar kabur disertai garis horizontal aksial tv bisa hidup 1-2 menit trus protec....kira kira aplg ya ni gan yg error..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tegangan 180v dari flyback. Coba anda setel ulang potensio screen flyback, garis horisontal tanda screen terlalu besar, coba turunkan, bagaimana hasilnya? Untuk Gambar kabur coba setel ulang fokus flyback.

      Delete
  18. Mas mau nanyak tv lg 14fu7ab pin protek utama dman mas trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ic control dan ic chromanya tipe berapa? Beda ic, beda titik proteknya.

      Delete
  19. Mau tnya mas.lg super slim 21 inchi hor tt2190..kerusakan hor jebol terus bagian horizontal smua sdh tak ganti cuma tt2190 saya cari ditoko sulit tak ganti persamaanya tp tetep jebol Teg b+ cuma 102v gmn solusinya dan berapa persamaan yg pas untk tt2190 trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda normalkan dulu tegangan B+ nya. Jangan di pasang tr hor dulu kalau tegangan b+ belum normal. Cari penyebab dropnya tegangan b+. Sampai habis tr hor berapun akan jebol terus mas, kalau tegangan b+ belum normal.

      Delete
  20. Mau nanya mas bahar..
    Saya punya tv LG plasma hidup mati terus. GAK sempat terbuka layarnya.
    Mohon pencerahannya mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kapasitor regulator, mungkin ada yg rusak.

      Delete
  21. Malam Gan... Mohon pencerahan LG CA20A95 jadul gambar normal muncul gris gris putuh horz bersmaan muncul garis timbul suara bret bret kira kira ap ya gan.... Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem tegangan 180v. Ganti elco 10uf/250v jalur tegangan RGB 180v.

      Delete
  22. Wiiik seeeeep gan mntapppp infonya mnjur....... Jd gk enk tanya mlulu hehehe ane modal nekad gan kuduk bisa tx bgt...

    ReplyDelete
  23. Replies
    1. Problem protek memang bikin pusing mas he..he..

      Delete
  24. Ngapunten mas tnya lagi.tv lg super slim ic tunggal LV76211 3c hor TT2190 vert LA78141 stanby hasil pengukuran trafo switching b+109v..in78R09 8,6v..audio 20v..dan out vert fbt 0v..mohon pencerahanya mas..nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas ic vertikal, cek lagi tegangannya apakah sudah keluar. Cek juga resistor dan diode jalur tegangan vertikal.

      Delete
  25. ic vertical sdh dilepas dioda sdh diganti tp teg dari fbt tetap 0v mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah itu tvnya mungkin masih standby mas, jadi tegangan gak keluar. Di ON kan dulu tvnya. Jika protek, buka dulu titik proteknya.

      Delete
  26. Tv sdh start mas tp teg dari fbt ke vert tetap 0v..untuk teg yg lain b+ 110v untuk in 78r09 8,7v dan audio 20v pencerahanya mas bahar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu yg aneh mas. Mengapa tegangan vertikal tetap 0v? Coba telusuri lagi mas jalur fbt ke vertikal. Harusnya tegangan itu ada, tapi kok 0v. Problemnya gak jauh dari situ mas. Jalur fbt ke vertikal.

      Delete
  27. Mau tanya mas. Tv LG playback belum sempat start sudah mati total atau drop. Jika dilepas TR horizontalnya tegangan ada, apabila dipasang tegangannya drop. Mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  28. Siang gan...mau nanya ap bisa mesin LG 21" di ganti mesin LG 14" ...klo bisa prameter ap saja yg perlu d seting kembali..TX

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mesin tv 14" dipasang di tabung 21" masih bisa mas. Paling yang perlu disetting hanya vertikal size dan horisontal size.

      Delete
  29. Yg 21" Flat, yg 14" cembung...krna klo meliht kode mesin ad tv 21" yg jg menggunkan kode yg sama...tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin 14" dipasang di tabung 21" masih bisa mas. Masalah tabung crt cembung atau flat gak masalah, yang penting defleksi yoke tabungnya masih aslinya atau bawaannya, bukan gantian.

      Delete
  30. Mas mau tanya, tv LG ultra slim saya tuh sebelumnya normal, lalu ketika saya ingin menyalahkannya tiba2 adik saya iseng, lalu di matikan nya lewat tombol power, pas saya nyalahkan kembali tv saya hanya muncul garis ditengah lalu mati kembali dan begitu seterusnya, itu kerusakannya apa iya mas ? Soalnya saya juga gak ahli dlm bidang service tv, saya hanya ingin tau kerusakannya, lalu saya bawa ke tukang service nanti, mohon bantuannya iya mas, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rusak bagian vertikal mas. Kalau dilihat problemnya, mungkin solderan jalur ic vertikal kendor.

      Delete
    2. Oh jadi tinggal di solder aja iya mas ?

      Delete
    3. Ya coba disolder ulang dulu bagian vertikal.

      Delete
  31. Numpang tanya mas.tv lg ultra slim.gambar melipat ditengah layar.bagian bawah nolmal.tp bagian atas sisi kanan melengkung.gambar kepala orang memanjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti semua elco bagian vertikal.

      Delete
  32. maaf master mau nanya neh.. tv lg ultra slim ukuran 29 inchi saya pada saat di hidupkan normal,gambar ok suara ok,tapi beberapa menit yang berbeda selalu mati standby.bila dihidupkan kembali normal.tapi tetap hitungan menit mati standby lagi.
    mohon solusi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kapasitor kering mas, area regulator.

      Delete
  33. umumnya ukuran brapa tuh bg...mohon bimbingan nya.

    ReplyDelete