CARA MENGGANTI LAMPU PLC DENGAN NEON TL BIASA

Jika anda punya lampu hemat energi yang rusak merek apapun jangan buang dulu. Berikut cara mengakalinya supaya bisa dipakai kembali. Jika kerusakan pada lampu plcnya berikut trik cara mengganti lampu plc atau lampu hemat energi dengan lampu neon tl biasa.

Memang seharusnya diganti dengan lampu plc yang sama, tapi ini adalah alternatif dengan menggunakan lampu neon tl yang banyak dipasaran dan hasilnya juga lebih awet. Prinsip dasarnya sama lampu plc dengan lampu neon tl biasa. Jadi memungkinkan jika rangkaian elektronik pada lampu plc juga bisa dipakai untuk menyalakan lampu tl biasa. 

Yang terpenting adalah sesuaikan dulu watt pada lampu plc dengan neon tlnya. Jika lampu plcnya 11 watt bisa diganti dengan neon 10 watt. Jika lampu plcnya 13 watt -14 watt bisa diganti dengan neon 15 watt. begitupun dengan plc 18 watt-20 watt bisa diganti dengan neon 20 watt. Sebelum dipasang pastikan dulu rangkaian elektronik pada lampu plc dalam kondsisi baik.


Siapkan lampu plc. Buka penutup dengan melepas bagian lampu plc. Lepaskan kawat konektor pada lampu plc yang tersambung pada rangkaian. Tandai konektornya yang akan disambung pada lampu neon tlnya.


Siapkan kabel secukupnya untuk menyambung pada konektor lampu neonnya.


Kemudian sambung pada lampu neon tlnya. Jangan sampai terbalik penyambungan kabelnya. Lampu neon siap dicoba. 

4 Responses to "CARA MENGGANTI LAMPU PLC DENGAN NEON TL BIASA"

  1. trims gan atas semua infonya/bantuannya, salam sukses Salim K Bontang KALTIM

    ReplyDelete
  2. Salam sukses juga buat pak Salim. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Klo 30 watt diganti dengan lampu yang 10 watt ga bisa ya gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ahmad. Bisa diganti dengan lampu 10 watt. Resikonya lampu akan lebih cepat mati.

      Delete