Tuesday, November 18, 2014

TIP MOSPEC VS JENGKOL ST MALAYSIA

Mungkin diantara kita pernah merakit power amplifier 150watt jaman dulu yang masih menggunakan tr final jengkolan waktu itu bermerek PECOR, TOSHIBA, ST MALAYSIA dan TIP MOSPEC. Waktu itu saya dan mungkin anda pikirannya hanya merakit saja dan setelah bunyi selesai sudah. Tak kepikiran apa sih bedanya menggunakan jengkolan atau tip mospec.

Akhirnya saya melakukan percobaan kecil untuk membedakan kualitas suara jengkolan dan tip mospec. Bagaimana hasilnya? Yuk kita simak bersama. Ini adalah hasil percobaan saya mungkin hasilnya bisa sedikit berbeda dengan percobaan anda.

Test pertama kit power 150watt dipasang tr final jengkolan st malaysia 2N3055 sama pasangannya MJ2955. Test suara dengan setingan audio flat tanpa tone control. Jadi input langsung dari output DVD player atau mp3. Tujuannya agar didapat suara aslinya. Hasilnya suara lantang lebih midle dan bass agak atos jeduk2.

Test kedua coba pakai tr final sepasang tip mospec tipe tip3055 sama pasangannya tip2955. Saya coba test dengan tegangan yang sama. Lagu yang sama. Dan kit power amplifier yang sama. Hasilnya suara lebih soft agak low dengan karakter bass agak gembuk atau lembut. Coba test dengan lagu house music hasilnya ok banget respon bass lembut di frekuensi rendah. Ini belum pakai tone control loh sob. Hasilnya sudah kelihatan.

Yah itu hasil percobaan saya sob. Dan hanya untuk membandingkan tr jengkol dan tip mospec. Untuk transistor tipe lain mungkin hasilnya berbeda. Untuk sebagai acuan kedua jenis transistor final ini tidak bisa untuk tegangan diatas 32volt. Jika dipaksa dapat dipastikan tr final tidak awet dan gampang jebol. Usahakan pakai tegangan sekitar 25volt - 30volt.

Ambil tegangan dari trafo yang 25volt. Dengan cara ini transistor final bisa lebih awet sob. Bagaimana mau pilih yang mana jengkolan atau tip mospec. Jawabnya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo saya pribadi lebih suka pakai jengkolan karena karakter suaranya midle jadi respon suara vokal lebih ok. Tapi itu semua tergantung selera anda. Silahkan dikoreksi jika ada kekurangan.

2 comments:

  1. Pengalaman saya kalau pakai jengkol suaranya lebih lantang di banding pakai tip yang agak "terpendam". tapi soal suhu yang di hasilkan jengkol lebih panas daripada tip.

    ReplyDelete
  2. saya dulu juga pernah experimen dengan jengkolan ,memang karakter suarannya kayak gitu cocok untuk luar ruangan

    ReplyDelete