Monday, March 3, 2014

TV SAMSUNG ULTRA SLIMFIT 29" GAMBAR MENYEMPIT BAGIAN ATAS

TV Samsung Ultra SlimFit problem gambar menyempit bagian atas. Kalau dilihat sekilas mirip kerusakan defleksi yoke. Tapi sebelumnya saya pastikan dulu bagian vertikal normal. Karena kerusakan seperti ini juga bisa disebabkan bagian vertikal bermasalah.

Tv samsung ini sudah menggunakan jenis tabung crt slim. Jadi lebih tipis dari tabung crt biasa. Defleksi yokenya juga berbeda ada setelan tambahan berupa vr dan kumparan lilitan untuk setelan pincushion mengatur kelengkungan gambar. Beda dengan defleksi yoke tabung crt biasa tidak membutuhkan setelan tambahan.

Problem gambar menyempit mirip dengan kerusakan defleksi yoke. Maka pastikan dulu bagian vertikal normal. Setelah melakukan pengecekan bagian vertikal ditemukan diode IN4004 dalam kondisi setengah mati. Diode ini mensupply tegangan ic vertikal LA78045 yang menuju sebuah kapasitor. Sehingga ic vertikal tidak mendapat supply tegangan berakibat gambar menyempit.

Setelah diode diganti baru. Coba nyalakan tv. Gambar sudah full atas bawah. Ternyata kerusakan hanya karena diode rusak. Defleksi yoke masih aman-aman saja. Jadi problem kerusakan tv gambar menyempit tidak selalu disebabkan ic vertikal rusak. Juga tidak selalu karena def yoke rusak. Komponen pendukung lainnya yang kadang rusak. Seperti elco, diode, zener, resistor rusak atau molor kadang menyebabkan hal yang sama. Jadi hati-hati terkecoh silahkan cek lebih teliti komponen pendukung kadang luput dari pengamatan. Justru letak kerusakan ada disana. 

No comments:

Post a Comment