Monday, February 24, 2014

TV SHARP NEW GAMMA 21" FLAT 30 MENIT MATI SENDIRI

TV Sharp New Gamma problem mati sendiri setelah 15 menit sampai 30 menit. Dan tidak bisa dinyalakan lagi kecuali saklar power di off kan terlebih dahulu beberapa saat. Baru tv bisa dinyalakan lagi. Setelah itu tv mati lagi selang 30 menit berikutnya begitu seterusnya.

Langsung buka casing tv. Terlihat tidak ada komponen rusak yang mencurigakan. Cek solderan ada beberapa titik memang perlu disolder ulang. Setelah disolder ulang. Saya coba nyalakan tv. Hasilnya tv masih mati sendiri selang waktu 35 menit.

Cek lagi beberapa komponen elco dan transistor horisontal kondisinya masih baik. Coba ganti elco dekat tr regulator 1uf/50v yang nilainya agak menurun. Setelah ganti elco area regulator. Coba nyalakan tv. Hasilnya masih tetap sama tv masih mati sendiri.

Akhirnya kecurigaan muncul pada ic regulator sudah tidak normal. Langsung coba ganti saja ic regulator tipe STR W6754 dengan yang baru. Setelah penggantian komponen. Saatnya tv dicoba dan hasilnya 30 menit berlalu tv menyala. Test terus sampai 2 jam tv masih menyala. Akhirnya ketemu juga karena ic regulator STR W6754 dalam kondisi lemah. Mungkin juga karena pendingin kurang besar. Sehingga ic regulator cepat rusak.

No comments:

Post a Comment