Monday, January 6, 2014

TV LG GOLDEN EYE 21" MATI PROTEK

TV LG Golden Eye Chasis MC-84A problem mati protek. Kerusakan ditandai dengan indikator led berkedip. Menandakan sensor protek bekerja. Cek tegangan regulator normal, kecuali tegangan keluaran dari ic KA78R08 yang menuju ic chroma berdenyut mengikuti kedipan led. Cek tegangan SDA SCL berdenyut juga. Semua komponen dicek normal.

Lanjut penggantian beberapa komponen sudah dilakukan. Dari penggantian ic chroma, ic ka78r08, ic 24c16, tidak ada hasil. Akhirnya ketemu juga ada di komponen AR01. Komponen berbentuk pipih tipis kaki 9 ada tulisan R472J8, dekat ic micom, yang ternyata sebuah resistor berderet bernilai 4K7.

Komponen ini ada 2 buah, AR02 untuk fungsi tombol, dan AR01 untuk pemberi tegangan jalur SDA SCL. Jika anda tidak menemukan komponen ini, bisa pakai resistor 4K7 sebanyak 2 buah, salah satu kaki resistor digabungkan, cari tegangan out regulator yang 8volt, sambung disitu, kaki resistor yang terpisah, sambung di SDA, dan di SCL ic memori. Atau lebih mudahnya, beri tegangan 5volt pada kaki SDA SCL ic memori. Nyalakan tv, sudah tidak protek lagi.

Disebabkan karena terputusnya suplay tegangan  5 volt yang menuju pin SDA dan SCL karena kerusakan resistor berbentuk tipis bertuliskan R472J8 putus. Kesulitannya karena pada tv umumnya resistor suplay SDA SCL menggunakan resistor biasa dan jarang terjadi kerusakan. Pada tv lg golden eye ini menggunakan resistor yang berbeda.

Yaitu resistor tipis kaki sembilan bertuliskan  R472J8 yang awalnya saya kira kapasitor keramik ternyata adalah resistor berderet dengan nilai 4K7. Karena saya kesulitan mencari komponen tersebut. Akhirnya saya ganti menggunakan dua resistor biasa dengan nilai 4K7.

No comments:

Post a Comment