Thursday, October 17, 2013

TIPS MENCEGAH TRANSISTOR HORISONTAL RUSAK LAGI

Kadang kita menemui kerusakan transistor horisontal yang rusak terus. Bagaimana cara mencegah atau mengatasi masalah seperti ini agar transistor horisontal tidak jebol lagi. Karena problem masalah seperti ini jika tidak ditemukan penyebab kerusakan secara tuntas akan berakibat transistor rusak terus dan short lagi.

Perlu dipahami cara ini hanya untuk mencegah agar transistor tidak jebol atau short sementara. Supaya kita bisa melacak kerusakan yang menyebabkan transistor rusak. Dan harus dikembalikan seperti semula setelah penyebab kerusakan ditemukan.

Tanda kerusakan diantaranya adalah transistor horisontal short kaki colector dan emitor. Jika diukur menggunakan avometer skala X10 jarum akan mentok tanpa ada hambatan. Dan ketika transistor horisontal diganti baru lalu coba kita nyalakan  tv. Transistor rusak lagi. Berikut cara untuk menghindari kerusakan atau short transistor horisontal berulang.

Langkah pertama gunakan lampu dop 60 watt atau 100 watt yang dipasang seri dengan kaki colector transistor sebelum menuju ke pcb. Untuk kaki basis dan emitor tetap ada di pcb. Caranya adalah lepas dahulu transistor horisontal. Kemudian pasang transistor di balik pcb supaya lebih mudah penyolderannya. Solder kaki basis dan emitor pada pcb. Untuk kaki colector dipasang dulu lampu dop 100 watt sebelum menuju colector di pcb.

Hati-hati terbalik pemasangan kaki-kaki transistornya. Coba nyalakan tv, ukur tegangan heater biasanya keluar tegangan kecil sekitar 1 volt AC. Kemudian ukur tegangan screen biasanya keluar tegangan sekitar 100 volt tergantung posisi VR screen flyback. Kemudian jika tegangan tidak keluar sama sekali dapat dipastikan flyback rusak. Pada posisi ini jika lampu menyala sangat terang berarti ada yang short. Bisa flyback short atau transistor horisontal short. Bisa juga dari kapasitor resonant yang short atau dioda dumper pada tv slim flat yang short.

Langkah kedua jika dengan cara pertama tadi keluar tegangan maka dapat dilanjutkan pengecekan selanjutnya. Lepas lampu dop. Sebagai gantinya pasang dengan sebuah resistor 33 ohm 20 watt. Coba nyalakan tv. Tunggu beberapa saat. Cek apakah transistor horisontal tidak panas? Dalam proses ini gambar raster akan menyala tapi horisontal menyempit. Jika transistor normal. Coba pasang resistor lagi dengan nilai sama secara paralel. Cek transistor. Jika normal dan tidak terlalu panas. Silahkan sambung langsung kaki colector di PCB.

Jika pada saat menggunakan resistor.Transistor horisontal panas berlebih. Berarti menunjukkan adanya problem lain yang menyebabkan nantinya transistor horisontal dapat rusak lagi. Silahkan dicari penyebab kerusakan. Pasang terus resistor sampai kerusakan sudah ditemukan.

No comments:

Post a Comment