Thursday, October 17, 2013

TIPS MENCEGAH TRANSISTOR HORISONTAL RUSAK LAGI

Kadang kita menemui kerusakan transistor horisontal yang rusak terus. Bagaimana cara mencegah atau mengatasi masalah seperti ini agar transistor horisontal tidak jebol lagi. Karena problem masalah seperti ini jika tidak ditemukan penyebab kerusakan secara tuntas akan berakibat transistor rusak terus dan short lagi.

Perlu dipahami cara ini hanya untuk mencegah agar transistor tidak jebol atau short sementara. Supaya kita bisa melacak kerusakan yang menyebabkan transistor rusak. Dan harus dikembalikan seperti semula setelah penyebab kerusakan ditemukan.

Tanda kerusakan diantaranya adalah transistor horisontal short kaki colector dan emitor. Jika diukur menggunakan avometer skala X10 jarum akan mentok tanpa ada hambatan. Dan ketika transistor horisontal diganti baru lalu coba kita nyalakan  tv. Transistor rusak lagi. Berikut cara untuk menghindari kerusakan atau short transistor horisontal berulang.

Langkah pertama gunakan lampu dop 60 watt atau 100 watt yang dipasang seri dengan kaki colector transistor sebelum menuju ke pcb. Untuk kaki basis dan emitor tetap ada di pcb. Caranya adalah lepas dahulu transistor horisontal. Kemudian pasang transistor di balik pcb supaya lebih mudah penyolderannya. Solder kaki basis dan emitor pada pcb. Untuk kaki colector dipasang dulu lampu dop 100 watt sebelum menuju colector di pcb.

Hati-hati terbalik pemasangan kaki-kaki transistornya. Coba nyalakan tv, ukur tegangan heater biasanya keluar tegangan kecil sekitar 1 volt AC. Kemudian ukur tegangan screen biasanya keluar tegangan sekitar 100 volt tergantung posisi VR screen flyback. Kemudian jika tegangan tidak keluar sama sekali dapat dipastikan flyback rusak. Pada posisi ini jika lampu menyala sangat terang berarti ada yang short. Bisa flyback short atau transistor horisontal short. Bisa juga dari kapasitor resonant yang short atau dioda dumper pada tv slim flat yang short.

Langkah kedua jika dengan cara pertama tadi keluar tegangan maka dapat dilanjutkan pengecekan selanjutnya. Lepas lampu dop. Sebagai gantinya pasang dengan sebuah resistor 33 ohm 20 watt. Coba nyalakan tv. Tunggu beberapa saat. Cek apakah transistor horisontal tidak panas? Dalam proses ini gambar raster akan menyala tapi horisontal menyempit. Jika transistor normal. Coba pasang resistor lagi dengan nilai sama secara paralel. Cek transistor. Jika normal dan tidak terlalu panas. Silahkan sambung langsung kaki colector di PCB.

Jika pada saat menggunakan resistor.Transistor horisontal panas berlebih. Berarti menunjukkan adanya problem lain yang menyebabkan nantinya transistor horisontal dapat rusak lagi. Silahkan dicari penyebab kerusakan. Pasang terus resistor sampai kerusakan sudah ditemukan.

15 comments:

  1. gan mau nanya kalau colektor coba dipasang lampu dop tapi tegangan screen. hanya keluar 5 volt walu vr diputar itu gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampunya nyala gak? Terang apa redup? Lampu pakai dop 100w. Kelihatannya jika masih keluar tegangan, masih normal flybacknya.

      Delete
  2. pakai dop 100 w gan nyala lampu agak terang tapi saya cek teg normal cuma di input ic vertikal hanya 8v tv lg black pearl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sudah normal itu mas. Coba di konek langsung tanpa dop. Memangnya problemnya apa tvnya?

      Delete
  3. tr hot jebol dah diganti damper tapi masih jebol mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa penyebab mas, tr horisontal jebol terus. Diantaranya yang sering, kapasitor milar resonant/damper dengan volt 1600v/1,6kv kering, diode damper, jika tv flat, biasanya rusak di rangkaian driver EW tr TIP31/41 rusak, flyback short antara jalur HOT dan b+, harus dicek menggunakan fbt tester atau ESR meter. Memang susah juga jika problem sudah seperti itu, mau diperbaiki, tr hor jebol terus. Saya pernah mengalaminya. Tapi yaitu harus dicek satu-satu terutama fbt, pastikan fbt tidak short, maka perlu alat untuk mengeceknya. Tidak bisa dicek menggunakan avometer biasa. Jika sudah dipastikan fbt normal, baru dilakukan pengecekan komponen lainnya.

      Delete
  4. bener banget mas mana harga tr hot mahal gak punya alat ukur fbt susah mau perbaiki maaf newbie terima kasih mas masukannya sukses selalu

    ReplyDelete
  5. mas tanya pengganti tr fet k2961 apa ya soal.nya susah dapat part.nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fet K2961 sama dengan 2SK2961 adalah jenis N CHANNEL MOSFET dengan Vdss=60V. Persamaannya adalah 2SK975 tipe sama N Channel Mosfet dengan Vdss=60V.

      Delete
  6. tolong mas tv lg masih belum ketemu penyebab tr hot jebol terus .dulu penyebab nya sebenarnya ada cicak dijalur input ic vertikal yang terhubung tr k2961 driver ew mungkin benar kata mas bisa dari driver ew tapi setelah saya cek tr k2:961 masih bagus apa mungkin yoke jadi sebabnya lalu saat pengukuran input vertikal 8v tapi saat saya cabut yoke teg jadi 28v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Cek semua kapasitor milar di area horisontal dan EW, semuanya baik milar 1,6kv dll. Test dengan cara dilepas milarnya, kemudian test menggunakan kapasitor meter, tidak bisa pakai avometer. Mungkin ada salah satu kapasitor milar di jalur horisontal atau EW bermasalah. Sudah dicek belum diode damper? Diode damper ada 2, cek keduanya.

      Delete
  7. dan dulu kata pemiliknya tv nya masih sempat nyala mati stanby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mati stanby, tr horisontal langsung jebol he..he..

      Delete
  8. Mas kalo pakai lampu dop yg 15 watt boleh gk.. Ini saya coba pakai yg 15 watt ,trus setelah tv dinyalakan tegangannya malah ngedrop tpi nyala lampunya redup.. Itu kenapa ya mas?? Apa gara lampu dopnya kekecilan ato ada yg gk beres..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya karena lampu dopnya kekecilan mas. Minimal pakai lampu 100w atau 75w.

      Delete