Sunday, June 2, 2013

Kali ini dapat perbaikan tv sukira 21" gambar menyempit bagian bawah. Kerusakan bisa disebabkan komponen bagian vertikal yang rusak. Terutama ic vertikal yang biasa langganan keok alias KO. Bisa juga disebabkan karena elco atau kapasitor kering/rusak di bagian vertikal (kadang tidak bisa dideteksi dengan avometer).
Lakukan uji coba penggantian kapasitor/elco yang menurut anda mencurigakan di bagian vertikal. Cek semua kapasitor di rangkaian vertikal ok. Hati-hati dalam pengecekan kapasitor kadang hasilnya menipu. Jadi harus lebih anda teliti. Karena kerusakan elco  atau kapasitor kering kadang tidak bisa dideteksi menggunakan avometer. Cek komponen jalur pin out ic vertikal LA7840. Jadi semua komponen yang melalui jalur kaki ic vertikal ini dicek. Berikut data pin outnya :


Pin 1 : GND
Pin 2 : Vertikal output
Pin 3 : Output stage Vcc
Pin 4 : Non inv input
Pin 5 : Inverting input
Pin 6 : VCC
Pin 7 : Pump up out

Cek jalur inverting input di kaki nomer 5 ic vertikal ok (out dari ic chroma LA76818). Saya cek lagi kapasitor di bagian inverting input vertikal, ada kapasitor 2,2uf/50v yang tadinya saya cek dengan avo meter sepertinya masih hidup dan memang ada sentakan jarum avo, menunjukkan kapasitor masih bisa dipakai. Coba lepas kapasitor ini, nyalakan tv, gambar tidak ada perubahan. Kemudian saya pasang kembali elco 2,2uf/50v. Tv saya coba nyalakan lagi juga tidak ada perubahan. Timbul pertanyaan. Kenapa dipasang elco dengan tidak dipasang elco hasilnya sama? Kecurigaan muncul disini. Apakah elconya kering? Coba saya ganti kapasitor 2,2uf/50v dengan 4,7uf/50v, nyalakan tv, gambar langsung normal, penuh atas bawah, dan sudah tidak zoom lagi. Ternyata kerusakan disebabkan elco 2,2uf/50v kering di jalur inverting input ic vertikal. Karena tidak membawa cadangan elco 2,2uf/50v. Akhirnya saya ganti pakai elco 4,7uf/50v. Setelah diganti dengan elco 4,7uf/50v gambar normal kembali.

Kesimpulan : Penyebab tv sukira 21" gambar menyempit bagian bawah ini, gampang-gampang susah, kenapa saya katakan demikian? hanya karena elco kering saja sudah bisa menimbulkan masalah, dan pengukuran menggunakan multi meter atau avo meter terkadang tidak bisa mendeteksi kerusakan pada elco kering. Solusinya adalah kita terapkan prinsip coba dulu, karena kerusakan kadang disebabkan oleh kerusakan komponen yang sepele contohnya elco kering, harus lebih anda teliti karena kerusakan elko/kapasitor bisa menipu, dicek menggunakan avo meter  seperti normal, padahal rusak. Lebih baik pakai capasitance meter untuk mengukur kapasitor, akan terlihat pada display nilai kapasitor yang akan kita ukur, sesuai atau ada penurunan nilai kapasitor? kalau anda belum punya alat ukurnya, ganti saja semua kapasitor di bagian vertikal. Memang pengukuran menggunakan capasitance meter kadang juga tidak bisa mengukur nilai tahanan atau resistansi, karena pengukuran tersebut hanya bisa menggunakan alat yang namanya ESR meter, fungsi dari alat ini adalah untuk mengukur nilai tahanan kapasitor. karena setiap kapasitor mempunyai nilai tahanan kapasitor berbeda-beda. Jadi bagi anda yang belum mempunyai semua alat ini, langsung coba ganti saja elco yang menurut anda mencurigakan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment