Saturday, June 1, 2013

Perbaikan tv sharp piccolo 21" garis horisontal. Kerusakan garis horisontal pada tv bisa disebabkan kerusakan komponen bagian vertikal terutama ic vertikal atau kerusakan defleksi yoke. Cek ic vertikal dengan cara mengganti baru tetap tidak ada hasil.
Cek kapasitor daerah vertikal dengan mengganti total seluruh kapasitor tetap tidak ada hasil. Lakukan juga pengecekan diode zener juga resistor. Jika dengan cara ini tetap tidak ada hasil, lakukan test uji coba penggantian defleksi yoke, untuk memastikan defleksi yoke normal. Karena kerusakan defleksi yoke juga bisa menyebabkan garis horisontal dan sulit di deteksi selain mencoba untuk menggantinya dulu. Jika diganti def yoke gambar bisa membuka berarti kerusakan pada defleksi yokenya. Silahkan diganti baru, tentunya dengan tipe yang sama. Setelah melakukan pengecekan total ternyata kerusakan ada di bagian defleksi yoke. Komponen ini berada tepat dibelakang tabung berbentuk seperti konde. Kerusakan defleksi yoke disebabkan air karena lembab, bisa juga karena lapisan email kawat yoke sudak lapuk, sehingga terjadi short antar kawat email. Jika short kawat email tidak terlalu parah, bisa kita perbaiki dengan melapisi kawat email yang terbuka dengan lem atau pernish. Tapi jika sudah parah, kita harus menggantinya dengan yang baru, tentunya dengan tipe yang sama. Tapi lebih baik ganti baru saja jika tipe yang sama ada. Karena sebagian tipe def yoke yang ada di toko elektronik bisa dipakai asalkan sama jenisnya. Perlu diingat defleksi yoke untuk tabung flat dan slim berbeda dengan defleksi yoke tabung cembung biasa, jika kita paksakan defleksi yoke tabung cembung biasa kita pasangkan pada tabung flat atau slim akan berakibat gambar terlihat cekung, begitupun sebaliknya defleksi yoke tabung flat atau slim kita pasangkan pada tabung cembung biasa. Jika kita kesulitan menemukan defleksi yoke yang sama persis, tidak mengapa, kita cari saja defleksi yang sesuai jenis tabung gambar, untuk tabung flat atau untuk tabung cembung, misalkan untuk tabung flat kita beli saja defleksi yoke untuk tabung flat apapun jenisnya yang penting untuk tabung flat, memang nanti resikonya lebar gambar tidak sesuai horisontal dan vertikalnya, biasanya kurang lebar atau terlalu lebar, yang penting gambar tidak tampak cekung. Masalah lebar gambar horisontal bisa diatasi dengan merubah nilai kapasitor resonant transistor horisontal. Merubah nilai kapasitor lebih kecil jika gambar kurang lebar samping kiri dan samping kanan. Merubah nilai kapasitor lebih besar jika gambar terlalu lebar kanan kiri. Untuk penyetelan lebar gambar vertikal bisa disetel lewat service mode. Dengan merubah nilai vertikal size lebih kecil atau lebih besar.

defleksi  yoke yang akan diganti, setelah melakukan pengukuran gulungan def yoke, hasil pengukuran gulungan vertikal 25ohm, standartnya sekitar 15-20ohm, gulungan horisontal 4-8ohm normal. Lansung aja ganti def yoke baru. Hati-hati dalam melepas def yoke ini, usahakan tidak merubah convergen magnet purity, yang akan menyebabkan gambar belang pelangi. Jika ini terjadi kita harus seting ulang, untuk mendapatkan gambar yang bersih dan hasilnnya pun tidak 100% lagi, karena setelan lama pakai setelan pabrik. Saat mencari def yoke baru ternyata barang yang asli tidak ada. Akhirnya terpaksa beli yang biasa. Kendala tidak sesuainya lebar gambar bisa diatasi dengan merubah nilai kapasitor resonant. Untuk mengatur lebar gambar horisontal kanan-kiri. Masuk servis mode untuk penyetelan lebar gambar vertikal atas-bawah dengan merubah nilai vertikal size nya.

Kesimpulan : Penyebab gambar garis horisontal pada tv sharp piccolo ini disebabkan defleksi yoke rusak/bocor (tidak bisa dideteksi dengan avometer). Lakukan uji coba penggantian yoke untuk memastikan defleksi yoke normal. Setelah defleksi yoke diganti baru, gambar sudah normal kembali. Semoga bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment