Saturday, June 1, 2013

TV SHARP 14" GAMBAR TIDAK FOKUS

Perbaikan tv sharp 14" gambar tidak fokus. Model CATV. Masalah seperti ini bukan disebabkan tabung crt rusak. Kerusakan tabung jarang terjadi. Memang gejala tabung crt rusak juga bisa menyebabkan gambar blur tidak fokus. Sebelum kita vonis tabung crt rusak, lebih baik cek dulu beberapa penyebab tv gambar blur atau tidak fokus.
Penyebab bisa dari socket tabung crt kotor atau berkarat. Anda bisa menggantinya dulu. Bisa juga dari penyetelan fokus flyback yang kurang pas. Kacaunya penyetelan magnet konvergen purity pada leher tabung juga bisa jadi penyebab, ditandai penggabungan warna RGB tidak fokus dan timbul bayangan warna. Maka perlu dilihat dulu gambar tidak fokusnya seperti apa? tidak fokusnya ngeblur, mblawur boso jowone atau warna RGB nya yang tidak fokus. Jika tampilan gambar hanya blur tidak fokus tapi warna RGB fokus, ini disebabkan socket crt aus atau fokus flyback bermasalah. Jika tampilan gambar tampak fokus tapi penggabungan warna RGB tidak fokus, sehingga tampak warna RGB gambar tidak fokus dan ada bayangan warna, bukan blur,  ini disebabkan penyetelan magnet konvergen purity pada leher tabung kurang pas. Untuk kasus yang kedua ini bisa anda setel magnet konvergen nya. Posisinya dibelakang defleksi yoke berbentuk seperti cincin. Dalam kasus saya ini, penyebab kerusakan hanya karena penyetelan fokus flyback berubah. Berubahnya penyetelan fokus flyback bisa dikarenakan penyetelan manual yang kurang pas. Bisa juga karena potensio fokus flyback rusak karena jangka waktu pemakaian yang lama. Dikatakan potensio fokus flyback rusak adalah gambar tetap tidak bisa fokus meskipun sudah melakukan penyetelan fokus. Jika fokus flyback masih bisa disetel, berarti flyback masih bisa digunakan, hanya butuh penyetelan ulang saja. Jika sudah tidak bisa disetel lagi, flyback harus diganti. Meskipun memang ada cara yaitu dengan mencangkok flyback. Tapi alangkah lebih baik jika flyback diganti baru saja, dan harganya pun tidak terlalu mahal, dari pada kita mencangkok flyback. Kalau memang flyback yang kita cari tidak ada atau kita kesulitan mencari tipe yang sama, barulah kita mencangkok flyback. Asalkan flyback yang lama tidak rusak atau short, dan hanya mengalami kerusakan pada potensio fokusnya saja. Jika sudah anda ganti socket crt baru dan sudah anda setel fokus flyback gambar sudah bisa fokus tapi penggabungan warna RGB tidak fokus sehingga terlihat ada bayangan warna. Maka yang perlu disetel ulang adalah magnet konvergen purity nya. Hati-hati dalam melakukan penyetelan magnet konvergen. Salah menyetel mengakibatkan ketiga warna RGB tidak bisa ketemu titik fokusnya. Jadi harus disetel satu persatu cincin magnet konvergennya, warna apa yang tidak fokus.

Flyback ada dua penyetelan atas dan bawah. Yang atas untuk penyetelan fokus, fungsinya untuk mengatur fokus gambar, bisa anda setel disini. Di bagian bawah untuk penyetelan screen, fungsinya untuk mengatur kecerahan gambar. Dalam kasus saya ini, saya  hanya setel fokusnya  saja, tv pun sudah bisa fokus lagi. Jika anda sudah melakukan penyetelan fokus flyback, dan tidak membuahkan hasil, harus ganti flyback baru, tentunya dengan nomer seri yang sama.

Kesimpulan : Penyebab gambar tidak fokus pada tv sharp ini disebabkan setelan potensio fokus flyback kurang pas atau mengalami perubahan nilai. Karena pemakaian yang sudah lama. Dengan melakukan penyetelan ulang potensio fokus fbt, gambar sudah bisa fokus kembali. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment