Saturday, June 22, 2013

TV AKARI 14" GAMBAR GELAP

Dapat perbaikan kerusakan tv akari 14" gambar gelap. Ditandai gambar gelap dan osd tidak nampak. Kerusakan seperti ini penyebabnya bisa dari ic chroma rusak. Bisa juga dari putusnya jalur abl dari flyback ke ic chroma dan kerusakan yang lain misalnya kapasitor atau resistor yang nilainya melemah. Bahkan kerusakan flyback pun bisa terjadi.
Setelah melakukan pengecekan ic chroma masih dalam kondisi baik. Ditandai tegangan output RGB ic chroma normal seimbang. Tegangan B+ 5V ic chroma normal. Lanjut pengecekan jalur abl tidak ada yang putus. Resistor abl masih baik-baik saja. Lanjut pengecekan kapasitor screen di pcb RGB masih ok tidak short dan semua komponen sudah di cek masih dalam kondisi baik. Akhirnya saya coba untuk setel ulang potensio screen flyback. Saya amati ternyata ada perubahan setelah saya putar. Gambar bisa terang kembali. Ternyata kerusakan karena potensio screen flyback mengalami perubahan nilai resistor menjadi lebih besar, sehingga mengakibatkan gambar gelap. Setelah saya coba putar potensio screen sedikit membuka. Gambar sudah bisa terang kembali.

Kesimpulan : Dalam kasus saya ini ternyata kerusakan hanya karena berubahnya nilai resistor potensio screen flyback menjadi lebih besar atau mengalami perubahan. Menyebabkan gambar dan osd gelap. Mungkin karena umur pemakaian yang sudah lama. Jika dengan cara memutar potensio screen tidak ada perubahan. Dicurigai potensio screen flyback rusak. Mungkin tidak rusak total, tapi rusak pada bagian potensionya saja. Gejalanya jika diputar potensio screen flyback gambar tidak ada perubahan tetap gelap. Solusinya harus ganti flyback baru dengan nomor tipe yang sama, atau ganti dengan persamaannya yang mempunyai kesamaan fungsi kaki dan tegangan outputnya. Atau menggunakan cara yang kedua yaitu membuat tegangan screen alternative. akan saya bahas di posting berikutnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment