KIPAS ANGIN DINDING PANALUX MATI TOTAL

Problem kipas angin dinding panalux mati total. Keluhannya tiba-tiba kipas anginnya mati. Bila anda menemukan kerusakan seperti ini hati-hati karena mirip kerusakan gulungan. Sebelum anda mengganti gulungan anda cek terlebih dahulu termostat yang ada di dalam gulungan karena sering putus atau lemah.

Jadi kipas ini mati bukan karena kerusakan atau putusnya gulungan, tapi disebabkan rusaknya termostat. Termostat adalah alat pengaman jika kipas terjadi panas berlebih semacam sekering akan mati/putus sebelum gulungannya terbakar karena beban panas berlebih pada lilitan, tapi anda harus membongkar gulungannya dulu untuk mengganti komponen ini karena posisinya didalam gulungan tepatnya didalam antara sambungan kabel dan lilitan. 

Bongkarlah pada jalur kabel saja, tidak perlu semuanya dibongkar. Pada kasus saya ini termostat saya ambil, langsung saya sambung pakai kabel, tanpa termostat, ikat kembali gulungan, cek  jalur ground sudah konek, tancapkan kabel, kipas sudah bisa berhembus lagi. 

Untuk lebih amannya memang kita harus memasang termostat sebagai pengaman. Tapi kendalanya, termostat ini gampang rusak, jadi bongkar pasang gulungan terus untuk mengganti termostat. Cara praktisnya dengan mengambil termostat dan menyambungnya langsung, ini lebih awet. Tapi resikonya apabila terjadi panas berlebih di gulungannya bisa menyebabkan kerusakan. 

Jadi bersihkan kipas dan beri pelumas secara berkala. Jika anda memasang termostatnya kembali dengan yang baru kendalanya termostat akan putus kembali jika temperatur dinamo kipas over atau berlebih. Melebihi batas kemampuan termostat itu sendiri. Kadang juga bisa mengakibatkan putaran kipas menjadi pelan karena termostat lemah. Memang gejalanya tidak langsung, tapi suatu saat pasti termostat mengalami kerusakan lagi bisa putus atau melemah.

0 Response to "KIPAS ANGIN DINDING PANALUX MATI TOTAL"

Post a Comment