Thursday, June 6, 2013

KIPAS ANGIN DINDING MASPION MATI TOTAL

Siang hari yang panas dapat perbaikan kipas dari tetangga dengan problem mati total. Tidak semua problem mati total disebabkan gulungan rusak. Bisa juga karena macet atau disebabkan kerusakan pada termostatnya.

Penyebabnya panas berlebih. Akibatnya putaran kipas menjadi pelan bahkan berhenti macet. Karena beban berat disebabkan pelumas sudah kering. Jika panas berlebih berlangsung terus-menerus termostat pasti akan rusak juga.

Ternyata jalur ground putus disebabkan termostat rusak. Buka sambungan dari kabel ke lilitan. Cek termostat pakai avometer ternyata putus. Akhirnya saya sambung saja langsung tanpa termostat. Bungkus kembali yang rapi. Gunakan pembungkus kabel yang tahan panas, ikat kembali lilitan dengan kabel tie. Jangan lupa lumasi as depan dan belakang. Tutup kembali dinamo. Coba kipas sudah bisa berputar lagi. 

Jika mau lebih aman silahkan pasang kembali termostat baru. Jika sudah dipasang baru jangan lupa bersihkan secara rutin agar lebih awet. Jika ada gejala putaran kipas mulai melemah atau macet dan diteruskan. Termostat akan rusak kembali. Jika tidak dipasang termostat lilitan akan rusak jika panas berlebih. Supaya lilitan/gulungan tidak terbakar atau rusak maka dipasanglah termostat sebagai pengaman.

No comments:

Post a Comment