Thursday, June 20, 2013

CIRI TABUNG CRT YANG MASIH BAGUS

Untuk mengetahui bagus tidaknya tabung crt bisa kita lihat dari penampilan visual yaitu hasil gambar yang dihasilkan dan mengetahui nilai resistansi ketiga katoda RGB terhadap G1. Penjelasan ini adalah menurut pengalaman saya secara sederhana dalam mengecek tabung crt yang kadang kita dalam melakukan perbaikan tv menemui hal-hal yang berhubungan dengan gangguan gambar tabung crt.

Meskipun penyebabnya bisa dari kerusakan komponen pada rangkaian RGB. IC chroma rusak dan komponen yang lainnya. Contohnya warna tidak seimbang atau warna pudar dan lemah dan sebagainya. Cara ini fungsinya untuk memastikan bahwa kondisi tabung crt masih bagus dan tidak lemah atau rusak. Sehingga tidak menimbulkan kesalahan dan memperlambat proses perbaikan.

Pertama dari penampilan visual atau hasil gambar. Jelas tabung crt yang masih bagus menghasilkan perpaduan warna gambar yang seimbang. Warna RGB keluar dengan seimbang tanpa ada warna yang terlihat lebih dominan. 

Kedua adalah dengan mengetahui resistansi ketiga katoda RGB terhadap G1. Jika resistansi lemah, berarti tabung kondisinya sudah lemah dan kadang bisa disembuhkan meskipun tidak 100% dengan crt restorer. Bisa juga terjadi resistansi ketiga katoda RGB lemah semuanya atau lemah salah satunya. Bisa dilihat warna yang terlihat lemah semuanya atau lemah salah satu warnanya.

Jika nilai resistansi terlampau jauh menandakan katoda bermasalah. Semakin besar nilai resistansi katoda RGB terhadap G1. Semakin lemah kualitas tabung CRT. Menurunnya nilai resistansi disebabkan kotoran partikel yang menempel pada katoda gun. Untuk membersihkannya menggunakan alat crt restorer. Ingat tidak semua tabung crt bisa di restorer dan jangan dicoba pada tabung crt yang masih bagus.

No comments:

Post a Comment